Begini Pendapat Medis Mengenai Larangan Mengkonsumsi Sate Bagi Ibu Hamil

0
27

Siapa sih yang tidak kenal dengan sate? Sate merupakan jenis makanan bakar yang banyak disukai oleh semua orang tidak terkecuali para ibu hamil. Namun sayangnya sebagian besar masyarakat beranggapan jika ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan lezat ini, meskipun sebagian lainnya berpendapat jika ibu hamil boleh mengkonsumsi sate.
Sebenarnya pendapat mana yang benar? Jadi, faktanya bolehkah atau tidak seorang ibu hamil mengonsumsi sate? Nah, daripada bingung, yuk langsung saja simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini, terkait sate dan dampaknya pada ibu hamil.
larangan makan sate saat hamil

Bolehkan wanita hamil konsumsi sate?

Kehamilan memang menjadi salah satu momen yang ditunggu – tunggu oleh para wanita. Pada saat masa kehamilan, calon ibu harus benar – benar menjaga kesehatan janin di dalam kandungannya. Salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan sehari – hari.

Calon ibu tidak boleh mengonsumsi makanan yang sembarangan yang mana bisa membahayakan diri sendiri dan janin. Dan terkait makanan sate yang menjadi makanan favorit kebanyakan orang, memang berita yang santer berkembang di masyarakat adalah, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sate. Karena bisa membahayakan kandungan. Hal ini disebabkan karena di dalam sate mengandung kandungan lemak jenuh dan zat berbahaya lainya yang akan mengancam kesehatan janin.
Bagaimana pendapat medis mengenai hal ini?

Mendengar berbagai pemberitaan yang menyeruak di masyarakat mengenai sate dan ibu hamil, pihak medis atau para ahli kesehatan melakukan berbagai macam riset untuk membuktikan kebenarannya. Dan dari berbagai penelitian yang dilakukan, kesimpulannya adalah berikut ini:

  • Pada dasarnya, mengonsumsi sate pada saat kehamilan boleh – boleh saja asalkan tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, riset ini juga mendapatkan suatu fakta, bila salah satu faktor yang membahayakan kehamilan bukan dari satenya, melainkan dari bagaimana cara pengolahan makanan ini. Jika diolah dengan baik, maka sate tetap aman untuk dikonsumsi saat masa kehamilan.
  • Sate akan berubah menjadi berbahaya bagi para wanita hamil apabila cara pengolahannya kurang benar, misalnya saja kurang matang. Daging sebagai bahan utama sate jika di masak kurang matang biasanya akan mengandung toksoplasma dan bakteri yang bisa menghambat tumbuh kembang calon janin. Jika sudah begitu, janin akan terinfeksi dan juga bisa menyebabkan keguguran dan kerusakan pada kandungan.

Untuk lebih memahaminya, berikut ada beberapa kriteria sate yang tidak boleh dikonsumsi oleh para wanita hamil, yaitu :
a. Sate yang terbuat dari daging yang kualitasnya buruk
Hal pertama yang sangat perlu diperhatikan oleh para wanita hamil saat mengonsumsi sate adalah kualitas dari bahan dasarnya. Sate yang tidak aman untuk dikonsumsi adalah sate yang terbuat dari daging yang sudah busuk. Dalam daging busuk terdapat banyak sekali kandungan bakteri yang bisa membahayakan kandungan. Untuk mengetahui baik buruknya kualitas daging, anda bisa melihat dari penampilannya. Usahakan daging masih segar pada saat digunakan untuk mengolah sate.

b. Proses pemanggangan sate yang tidak matang
Jika membeli sate di luar biasanya para penjualnya tidak terlalu memperhatikan cara pengolahannya. Terkadang mereka tidak menyadari bahwa sate yang mereka panggang belum matang sempurna. Padahal sate yang tidak matang berbahaya bagi kandungan.

Oleh karena itu, supaya lebih aman sebaiknya anda membuat sate sendiri saja di rumah karena dengan begitu anda bisa memastikan sendiri sate benar – benar matang sempurna

c. Bumbu campuran sate
Selain metode pemanggangan yang benar, campuran dari bumbu sate juga harus anda perhatikan. Bahan bumbu sate yang tidak baik adalah yang menggunakan banyak MSG, pengawet dan garam . Bahan – bahan tersebut sangat dilarang untuk dikonsumsi selama kehamilan karena bisa berdampak buruk bagi kandungan.

Nah sekarang sudah terjawab bukan mengenai boleh tidaknya mengonsumsi sate selama kehamilan? Dari penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa konsumsi sate saat hamil diperbolehkan asalkan cara pengolahannya dilakukan dengan benar dan tidak menggunakan zat – zat campuran yang berbahaya. Jadi, mulai sekarang jangan takut mengkonsumsi sate saat hamil, namun tetap jaga porsinya, jangan berlebihan.

Ajukan Pertanyaan