Berikut Adalah Sejuta Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil, Apa Saja?

0
72

Sebagaimana yang kita tahu, ibu hamil atau bumil, dituntut untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi. Sebab, ini berdampak pada kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Dan asupan makanan sehat bergizi yang sangat dianjurkan, salah satunya adalah kacang hijau.

Dalam kacang hijau diyakini ada banyak manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Nah, untuk lebih jelasnya terkait manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, berikut uraian lengkapnya.

Manfaat Besar Kacang Hijau untuk Ibu Hamil yang Penting Diketahui

1. Pertumbuhan Jabang Bayi Menjadi Optimal
Kacang hijau mengandung asam folat yang bagus untuk pertumbuhan janin. Rajin mengonsumsi makanan ini akan membuat bayi dalam kandungan sehat sehingga bayi bisa lahir normal. Sebab kondisi janin sangat bergantung dengan asupan atau gizi yang dimakan oleh ibunya.

2. Bumil Tidak Mudah Lelah
Ibu hamil membawa beban berlebih pada bagian perut. Hal ini membuat wanita hamil akan mudah merasa lelah. Sehingga diperlukan ekstra energi untuk memberikan ekstra energi pada ibu hamil.

Agar tak cepat lelah, Anda bisa mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Efeknya bagus untuk ibu hamil. Sebab, ia jadi tak mudah lelah dan bisa beraktivitas seperti biasanya.

Kacang hijau ini bisa memperkuat imun ibu hamil. Tubuh akan jauh lebih berenergi saat mengonsumsi makanan ini. Maka dari itu, masukkan kacang hijau sebagai daftar makanan yang wajib Anda konsumsi ketika hamil.

3. Bermanfaat Dalam Mencegah Cacat
Pastinya, semua bumil tak ada yang mau anaknya lahir cacat. Dan perlu diketahui, cara paling praktis untuk menghindari cacat pada bayi adalah dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur. Kenapa dengan kacang hijau?
Kacang hijau mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh bumil. Jika wanita hamil kekurangan zat ini, ada kemungkinan bayi lahir cacat atau mengalami kelainan paha fisiknya. Kelainan tersebut bermacam-macam dan dapat menyerang otak, wajah, maupun organ dalam seperti jantung.

4. Bisa Mencerdaskan Janin
Siapa yang ingin bayinya pintar? Tentunya semua orang tua menginginkan anaknya bisa cerdas dan sehat. Selain menyehatkan tubuh, kacang hijau ini dipercaya mampu mencerdaskan si jabang bayi. Ini disebabkan kandungan asam folatnya bisa membuat otak lebih cerdas. Oleh karena itu, jika ingin bayi Anda lahir cerdas dan berbakat, perbanyak konsumsi kacang hijau.

5. Bermanfaat Melancarkan Pencernaan
Ibu hamil rawan mengalami sembelit. Sembelit atau susah buang air besar ini akan menggangu kesehatan ibu hamil. Untuk menghindarinya sebaiknya Anda banyak mengonsumsi kacang hijau. Jika rajin makan kacang hijau, sistem pencernaan akan semakin lancar sehingga Anda akan terhindar dari yang namanya sembelit.

6. Bermanfaat Melebatkan rambut bayi
Memang tebal dan tipis rambut bayi paling banyak dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, asupan gizi ada ibu hamil pun memiliki peranan penting. Penelitian membuktikan bahwa ibu hamil yang rajin makan kacang hijau selama mengandung akan lebih lebih berpeluang mendapatkan rambut bayi yang tebal dan sehat. Lebatnya rambut bayi ini tentu akan membuat bayi nampak sehat dan menawan.

7. Kacang Hijau Merupakan Makanan Rendah Lemak
Ibu hamil diharuskan menjaga asupan makanannya. Kacang hijau kaya akan protein dan rendah dan lemak. Bahan makanan ini bisa jadi pilihan yang terbaik untuk ibu hamil. Memang, ibu hamil harus makan banyak protein. Namun, makan protein hewani berlebih bisa berakibat buruk bagi kesehatan ibu hamil. Sementara itu, kacang hijau kaya akan protein nabati jadi relatif aman dikonsumsi secara rutin. Anda pun tak perlu takut berat badan berlebih jika mengonsumsi kacang hijau.

Terbukti bahwa kacang hijau memiliki banyak manfaat baik ibu hamil serta sang janin. Ibu hamil yang sering makan kacang hijau secara rutin akan lebih sehat dan bugar. Terlebih lagi, sang jabang bayi pun bisa lebih cerdas sehingga baik untuk masa depannya.

Nah, itulah hal-hal yang perlu diketahui oleh bumil, terkait manfaat kacang hijau. Jadi, mulai sekarang, perbanyak mengkonsumsi olahan ini (kacang hijau), bisa dijadikan kolak, kue, atau hidangan lain, sesuai kesukaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here