Cara Aman Mengatasi Bayi Sungsang Tanpa Harus Menggunakan Bantuan Tim Medis

0
31

Kondisi bayi sungsang memang menjadi momok, terutama bagi bumil yang usia kandungannya mendekati masa-masa kelahiran. Karena sebagaimana yang kita tahu, kondisi bayi sunsang ini sangat berbahaya, mengingat posisinya yang terbalik dari posisi normalnya. Dan fakta lainnya yang perlu diketahui, posisi bayi sungsang ini mempebesar kemungkinan bayi harus dilahirkan dengan cara operasi/caesar.
Cara mengatasi bayi sungsang
Namun anda jangan panik, untuk mengatasi bayi sunsang ada beberapa cara jitu yang bisa dicoba, yang jelas cara ini tidak memerlukan bantuan medis. Penasararan?

Cara mengatasi bayi sungsang tanpa harus menggunakan bantuan medis

• Tidur dengan posisi telentang
Tidurlah dengan posisi telentang di lantai dengan beralaskan karpet atau matras. Jangan lupa untuk meletakkan bantal di bawah pinggul agar posisi perut bunda lebih tinggi dari kepala. Jika merasa kurang nyaman bunda dapat menaruh sebuah bantal di atas kepala namun dengan catatan posisi perut juga masih harus lebih tinggi dari kepala. Pastikan tubuh dalam keadaan relax sebelum melakukan terapi ini, jika dirasa sudah cukup nyaman ambil nafas secara perlahan dan berulang. Bunda dapat melakukan terapi semacam ini dalam tiga kali sehari dengan durasi sekitar 15 menit. Untuk hasil optimal pastikan bayi sedang dalam keadaan aktif bergerak dan perut belum terisi makanan.

• Terapi musik
Saat kandungan sudah memasuki usia 20 minggu, si kecil rupanya sudah dapat mendengar suara baik itu detak jantung, nafas bahkan suara pencernaan sang ibu. ia bahkan juga sudah mampu untuk mendengarkan suara dari luar seperti suara sang ibu, ayah bahkan juga suara musik.

Musik merupakan komponen penting yang memiliki manfaat positif bagi janin sebelum dan sesudah ia dilahirkan. Kebiasaan mendengarkan musik saat masih dalam kandungan terbukti dapat meningkatkan kecerdasan belajar dan perilaku bayi setelah ia lahir. Musik mampu merangsang struktur pertumbuhan otak, meningkatkan potensi refleks ketika ia baru saja lahir dan juga mampu meningkatkan indra pendengaran bayi.

Untuk mengatasi bayi sungsang tanpa bantuan medis musik juga bisa di jadikan pilihan tepat. Bunda hanya perlu memutar jenis musik klasik dengan menggunakan earphone dan taruh di bawah perut. Stimulasi ini bertujuan agar bayi bisa terangsang untuk bergerak ke posisi yang semestinya.

• Olahraga renang
Bagi bunda yang mengalami kondisi bayi sungsang berenang dapat dijadikan alternatif lanjutan. Berenang juga bisa dilakukan sejak awal masa kehamilan karena mampu menstimulasi kekuatan otot panggul sehingga mempermudah proses kelahiran. Bagi janin yang berada dalam posisi sungsang berenang dapat merubah posisi nya tanpa harus mengandalkan bantuan medis. Namun cara ini harus dengan pengawasan ahli ya bun, bunda bisa mempraktikkan terapi ini di tempat renang khusus untuk ibu hamil agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

• Yoga
Di antara banyaknya pilihan untuk bunda yang mengalami kondisi janin sungsang. Yoga kneechest dapat dijadikan terapi pilihan untuk merubah posisi bayi kembali normal. Cara melakukannya pun cukup mudah, bunda hanya perlu melakukan gerakan sujud seperti orang yang sedang sholat lalu tahan selama sekitar 5 hingga 10 menit. Hentikan gerakan jika bunda sudah merasa pusing atau lelah. Lakukan terapi semacam sedikitnya 1 hingga 2 kali dalam sehari. Ada banyak pilihan terapi yoga yang bisa bunda praktekkan seperti yoga viparita karini, yoga downward dan yoga pelvil liftst. Perlu diingat, sebelum melakukan yoga untuk bayi sungsang ada baiknya konsultasikan kepada ahli yoga atau dokter kandungan terlebih dahulu.

• Stimulasi hypnobirthing
Pernah mendengar terapi hypnobrithing? Hypnobrithing adalah terapi yang dilakukan antara sang ibu dengan janin dengan cara melakukan komunikasi baik secara lisan maupun gerakan halus. Bunda cukup melakukan usapan lembut sambil diikuti ucapan agar bayi kembali ke posisi yang seharusnya. Jika cara ini rutin dilakukan insyaallah bayi akan mendengar dan bisa kembali berada di posisi normal.

Demikian tadi beberapa cara untuk mengatasi posisi bayi sungsang tanpa bantuan medis, dan pastinya bisa bunda lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here