Cara yang Tepat Menghentikan Pendarahan Ketika Mengalami Keguguran

0
14

Keguguran memang menjadi momok menakutkan bagi para ibu hamil. Bagaimana tidak, impian memiliki keturunan tiba-tiba harus sirna dalam sekejap. Sehingga wajar, jika banyak ibu hamil yang stress setelah mengalami keguguran.

Nah, bicara mengenai keguguran, perlu diketahui jika kejadian ini bisa menyebabkan bahaya infeksi dalam tubuh, terlebih pada kondisi pendarahan yang tak kunjung berhenti.
cara mengatasi pendarahan saat keguguran
Untuk itu, silahkan simak hal-hal berikut ini, terkait cara menghentikan pendarahan yang tepat ketika keguguran.

Cara Menghentikan Pendarahan tanpa Pengobatan (Secara Alami)

1. Lakukan Olahraga Ringan
Olahraga ringan yang dapat dilakukan contohnya seperti jalan santai, streching, dan yoga. Selain dapat membuat tubuh lebih sehat dan pendarahan segera terhenti, olahraga ringan bisa membuat anda lebih rileks dan memacu anda untuk lebih bahagia sehingga terhindar dari stress. Selain olahraga, membersihkan rumah dan melakukan pekerjaan ringan lainnya, juga baik dilakukan, selama kegiatan tersebut membuat anda senang.

2. Berenang
Berenang adalah salah satu cara menghentikan pendarahan secara alami. Dengan berenang, peredaran darah akan lancar dan membuat pendarahan cepat berhenti. Selain itu, berenang membuat otot lebih rileks sehingga mengurangi rasa sakit ketika kontraksi rahim.

3. Memperbanyak Minum Air Putih
Air adalah cairan aling penting dalam tubuh. Wanita yang berada dalam masa pemulihan pasca keguguran, wajib sering mengkonsumsi air putih lebih banyak dari yang biasa dikonsumsi. Hal ini berfungsi untuk mengembalikan cairan yang terkuras semasa pendarahan dan juga mual muntah yang biasa dialami. Karena jika sampai dehidrasi dan kekurangan cairan, dapat mengakibatkan mudah lelah hingga pingsan.

4. Konsumsi Air Rebusan Daun sirih
Air rebusan daun sirih elah terbukti dapat menjadi antiseptik yang ampuh untuk membunuh bakteri dan kuman di area vagina. Dengan membasuhkan air rebusan daun sirih 2 hari sekali, akan membantu pendarahan cepat berhenti dan sekaligus membunuh kuman yang dibawa oleh darah.

5. Menggunakan Pembalut Herbal
Pembalut herbal memang banyak digunakan sebagai solusi area kewanitaan yang lebih sehat saat ini. Selain lebih nyaman digunakan, pembalut herbal dapat mengurangi bakteri dan kuman yang ada di vagina dan membuat pendarahan cepat selesai.

Cara Menghentikan Pendarahan dengan Cara Pengobatan Herbal

1. Narwastu
Mungkin pengobatan herbal ini sedikit asing di Indonesia, namun sangat lazim dilakukan di India. Narwastu sendiri merupakan obat herbal yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan dan meredakan nyeri rahim. Pengobatan herbal ini banyak di jumpai di klinik klinik pengobatan khas India.

2. Sambang Darah
Kasus Keguguran biasanya terjadi karena serangan virus dalam rahim sebelum janin mampu melawan virus yang masuk. Sambang darah adalah tanaman herbal yang diyakini mampu membasmi virus tersebut sekaligus memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga denganc epat menghentikan pendarahan. Biasanya tanaman herbal ini ditemui di toko jamu tradisional dan dimanfaatkan dengan cara direbus bagian akarnya dan diminum air rebusannya.

3. Jamu Asam Jawa
Asam Jawa banyak dimanfaatkan untuk membuat jamu karena memang sangat berkhasiat bagi kesehatan diantaranya adalah membersihkan rahim. Selain diminum pasca keguguran, banyak dokter yang menyarankan ibu pasca melahirkan untuk meminum jamu ini karena dapat mempercepat masa nifas. Cara membuatnya pun mudah, rebus asam jawa dan tambahkan sedikit garam. Saring lalu minum selagi hangat.

4. Jamu 40 Hari
Dulunya, jamu ini merupakan jamu kerajaan yang dihidangkan bagi permaisuri setelah melahirkan. Jamu ini terdiri dari berbagai bahan dan ramuan yang berkhasiat untuk membersihkan rahim, jalan lahir, serta orgam intim wanita. Jamu ini juga dapat menambah kekebalan tubuh sehingga wanita yang habis keguguran tidak lemas dan dapat segera menjalani aktivitas. Dimana bisa mendapatkan jamu berkhasiat ini? Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko jamu tradisional di daerah anda.

Cara Menghentikan Pendarahan dengan Konsumsi Obat Medis

Dalam dunia medis juga sudah terdapat banyak obat obatan yang ampuh untuk menghentikan pendarahan, pasca keguguran. Diantaranya adalah Plasminex, Mefinal, Primolut N dan Norelut. Namun jika anda memutuskan menggunakan obat medis untuk menghentikan pendarahan, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena sebagian besar dari obat obatan tersebut, merupakan obat dosis tinggi yang memicu efek samping.

Nah itulah tadi ulasan mengenai cara menghentikan pendarahan ketika keguguran. Apapun pilihannya, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan ahlinya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here