GADO GADO ASIN – Setiap bumil pastinya sudah mengetahui kira-kira kapan si kecil akan lahir, sesuai prediksi dari dokter maupun bidan anda. Dan tentunya predikisi tanggal kelahiran tersebut, bisa saja tidak tepat, mungkin akan lebih lambat, atau malah lebih cepat.
Ini Bunda Beberapa Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Waktu Persalinan Tiba
Nah, untuk itu, guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan, dan agar proses melahirkan nantinya bisa lancar, sebaiknya bunda persiapkan beberapa hal berikut ini saat mendekati waktu persalinan.
Hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelum waktu persalinan tiba.

  1. Perbanyak istirahat
    Di saat-saat persalinan tiba, banyak sekali para ibu hamil yang merasa khawatir berlebihan sehingga waktu istirahat mereka berkurang. Sebaiknya, Bunda harus memperbanyak istirahat untuk persiapan persalinan nanti.

    Meskipun agak susah untuk tidur, setidaknya biarkan Bunda berbaring atau bersantai di sofa setiap siang hari. Bunda juga bisa coba untuk tidur malam lebih awal. Bunda akan merasa lebih berenergi dan fit ketika waktu persalinannya sudah tiba.

  2. Belanja keperluan rumah tangga
    Meskipun hal ini terdengar sepele, Bunda harus mempersiapkan semua kebutuhan pra dan pasca melahirkan. Termasuk juga segala kebutuhan rumah. Percaya deh, apabila Bunda tidak menyiapkan semua keperluan rumah tangga tersebut, Bunda dan pasangan akan keteteran mengurusnya. Mengurus bayi yang baru lahir akan menguras habis tenaga dan waktu.Jadi, saat kebutuhan rumah tangga sudah terpenuhi, maka Bunda dan pasangan bisa fokus dalam mengurus si kecil. baca juga: cara berhubungan intim saat hamil
  3. Menyiapkan stok makanan
    Ketika sedang berbelanja keperluan rumah tangga, jangan lupa juga untuk menyiapkan stok makanan. Bunda bisa menyetok makanan apa saja yang Bunda butuhkan. Namun disarankan Bunda hanya memilih makanan-makanan sehat ya Bun, bukan makanan yang tinggi kalori.

    Untuk menyiasatinya, Bunda bisa menyimpannya dalam kulkas. Contoh, Bunda bisa memasak ikan atau ayam yang telah diungkep dengan bumbu terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan dalam freezer. Jika sewaktu-waktu Bunda merasa lapar, tinggal ambil secukupnya ayam atau ikan itu, terus digoreng deh.

    Banyak sekali makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama seperti dark chocolate, biscuit, plain yoghurt, atau makanan kemasan lainnya yang mengandung nutrisi baik. Dengan begitu, Bunda tidak akan kehabisan makanan apabila si kecil sudah dilahirkan.

  4. Mulai bersih-bersih rumah
    Diusahakan dua minggu sebelum waktu persalinan tiba, Bunda harus memastikan bahwa rumah dalam keadaan bersih setiap harinya. Jangan sampai rumah berantakan saat melahirkan nanti.

    Biasanya, di minggu-minggu awal pasca melahirkan, barang-barang si kecil akan berserakan dimana-mana. Untuk itu, jika Bunda tidak menyewa pembantu untuk mengurus rumah, bersihkanlah sebelum melahirkan agar pasca melahirkan tinggal merapihkannya saja.
  5. Praktikkan teknik-teknik untuk melancarkan persalinan
    Ketika Bunda sedang hamil, sangat dianjurkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan untuk ibu hamil. Biasanya, Bunda akan diajarkan teknik untuk melancarkan persalinan. Apabila waktunya sudah tiba, Bunda tinggal mengulangi kembali teknik-teknik yang sudah dipelajari sebelumnya.
  6. Cari beberapa rute alternatif menuju ke rumah bersalin
    Apabila rumah bersalin dengan tempat tinggal Bunda terletak sangat jauh. Ada baiknya jika Bunda dan pasangan untuk mencari lebih dari satu jalan untuk ke rumah bersalin tersebut.

    Mengapa? Hal ini untuk mengantisipasi apabila saat melahirkan tiba, jalan menuju rumah sakit yang biasa dilalui sedang terkena macet, sedang diperbaiki, atau diperboden karena acara tertentu. Jadi, Bunda dan pasangan tidak perlu mencari jalan lainnya untuk sampai ke rumah sakit. Ikuti saja rute yang sudah disediakan di hari-hari sebelumnya.
  7. Siapkan tas beserta isinya
    Bunda harus menyiapkan tas untuk bersalin nantinya. Pastikan Bunda sudah memasukkan semua benda yang akan dibutuhkan saat proses dan pasca melahirkan nanti.

    Tak hanya keperluan pribadi saja, tetapi juga Bunda perlu membawa keperluan untuk bayi dan juga pasangan. Pilih dan pilah kembali barang apa saja yang perlu dibawa.
  8. Bersenang-senanglah
    Apabila semua barang-barang penting yang disebutkan diatas sudah disiapkan. Bunda hanya perlu menenangkan diri untuk proses melahirkan kelak. Manjakanlah diri dengan melakukan aktivitas yang akan membuat Bunda senang.

Nah, itu dia beberapa hal penting yang perlu Bunda siapkan sebelum waktu melahirkan tiba. Setelah semua disiapkan, Bunda bisa fokus untuk melahirkan si kecil dengan nyaman tanpa perlu memikirkan hal-hal yang tidak perlu. Jangan lupa like & share ya supaya Gado Gado Asin tetap dapat berkreasi dalam tulisan. Terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here