Ibu Hamil Dilarang Mengkonsumi Nanas, Jika Dilanggar Ini Hal Buruk Yang Akan Terjadi

0
20

Sebagaimana yang kita tahu, saat hamil, memang terdapat banyak pantangan yang harus dihindari. Salah satu pantangannya adalah makan buah nanas. Jika Anda nekat mengonsumsi buah ini, diyakini ada beberapa konsekuensi yang harus diterima baik itu penyakit atau bahkan terjadi kemungkinan terburuk (kehilangan buah hati Anda).
ibu hamil dilarang konsumsi nanas
Nah, penasaran ingin tahu lebih lanjut mengenai efek buruk buah nanas untuk kehamilan? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Efek Buruk Jika Ibu Hamil Mengonsumsi Nanas

1. Bisa Menaikkan Asam Lambung
Anda doyan makan nanas? Alangkah baiknya jika Anda menahan hasrat untuk makan buah ini selama kehamilan. Sebab, salah satu efek samping makan nanas ketika hamil adalah asam lambung Anda naik. Jika asam lambung naik, rasa mual dan ingin muntah akan dirasakan. Bahkan, tak jarang perut yang hamil terasa panas dan kram.

Buah-buahan yang mengandung asam memang memicu naiknya asam lambung sehingga buah nanas patut dihindari. Selain nanas, makanan olahan yang dibuat dari nanas pun dilarang untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, hindari makan buah nanas terutama nanas muda.

2. Memicu Diare
Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi buah ini karena dampaknya bisa menyebabkan sakit perut hingga diare. Jika nekat makan buah nanas, perut bisa bergejolak dan akhirnya Anda pun sakit diare.

Saat ibu hamil terserang diare, badan akan terasa lemas sehingga akan terhambat melakukan rutinitas. Diare memang bisa diobati, namun alangkah baiknya menghindari daripada mengobati. Maka dari itu, jauhi buah nanas selama mengandung.

3. Memicu Pendarahan
Buah nanas bisa mengakibatkan pendarahan. Saat mengalami pendarahan, ibu hamil akan kekurangan zat besi karena banyak darah yang keluar dari tubuh. Hal ini tentu berdampak pada kondisi tubuh ibu hamil tersebut sehingga Ibu hamil menjadi lemas. Gawatnya, pendarahan tak hanya satu kali. Pendarahan ini bisa terjadi beberapa kali dalam rentang waktu beberapa hari. Jadi, hindarilah makan nanas saat hamil.

4. Memicu Terjadinya Kontraksi
Buah nanas yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan memicu kontraksi pada kandungan. Sebab, saat buah nanas masuk ke dalam tubuh, sang janin yang berada dalam kandungan akan merasa kepanasan. Akibatnya, bayi pun banyak bergerak dan terjadilah kontraksi. Kontraksi ini akan membuat ibu merasa kurang nyaman.

5. Kemungkinan Bayi Lahir Prematur Lebih Tinggi
Ibu hamil dilarang makan nanas karena dapat berakibat buruk pada janin. Wanita hamil yang makan buah ini bisa menyebabkan bayi merasa kepanasan. Saat bayi merasa kepanasan, ia akan bergerak-gerak hingga kontraksi dan tak jarang mengakibatkan bayi akhirnya lahir prematur. Bayi yang lahir prematur ini disebabkan bagian rahim melunak dan kontraksi yang terjadi pada perut ibu mempercepat proses kelahiran si jabang bayi.

6. Berpotensi Mengalami Keguguran
Selain prematur, efek buruk dari nanas jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda adalah keguguran. Ini sangat membahayakan karena Anda bisa membunuh calon buah hati Anda. Perut yang mengonsumsi buah ini akan terasa panas dan akhirnya terjadi kontraksi. Dampak buruk dari kontraksi inilah yang bisa mengakibatkan keguguran.

Tak hanya wanita yang hamil muda, ibu yang sedang hamil tua pun dilarang mengonsumsi nanas. Ibu hamil yang makan nanas dalam jumlah banyak memiliki kemungkinan bayinya akan meninggal dalam perut. Maka dari itu, ibu hamil tidak dianjurkan makan buah nanas.

7. Mengalami Gatal-gatal
Ada lagi bahaya makan nanas untuk ibu hamil yaitu gatal-gatal. Rasa gatal ini kerap dirasakan pada bagian tenggorokan, rongga mulut dan lidah. Gatal yang dirasakan ini bisa terjadi apabila ibu hamil terlalu banyak makan buah nanas. Meskipun terlihat sepele, namun gatal-gatal ini sangat mengganggu. Tentu saja segala pekerjaan atau aktivitas sehari-hari akan terbengkalai.

Buah nanas memang kaya akan vitamin dan zat bergizi lainnya. Namun, buah ini membahayakan janin dan ibu hamil. Ada efek samping yang bisa didapat nilai dari diare, gatal-gatal hingga keguguran.

Nah, itu dia, ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai bahaya ibu hamil mengkonsumi buah nanas. Mulai sekarang, jauhi dulu buah ini selama kehamilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here