Ibu Hamil Sering Pusing? Jangan Panik, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini

0
45

Bunda, perliu diketahui masa kehamilan merupakan suatu keadaan di mana tubuh akan mengalami banyak perubahan dan keluhan. Dan keluhan pusing merupakan salah satu dari sekian banyak gangguan kesehatan yang sering di alami para wanita hamil. Jadi, saat mengalami hal ini, jangan panik bund.
Ibu hamil sering pusing

Penyebab pusing saat hamil

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab pusing saat hamil yang sebaiknya bunda ketahui:

• Morning sickness
Morning sickness adalah hal wajar yang di alami oleh wanita hamil yang menginjak usia trimester pertama. Hal ini di sebabkan oleh kondisi tubuh sang ibu yang belum bisa menyesuaikan dengan perubahan selama masa kehamilan. Morning sickness akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia kandungan.

• Kurang darah atau anemia
Anemia pada umumnya disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Kurangnya asupan zat besi mengakibatkan kurangnya oksigen yang dibawa sel darah merah menuju otak hingga menyebabkan pusing. Untuk ibu yang sedang hamil pemenuhan asupan zat besi penting diperhatikan sejak awal kehamilan. Bahkan jika perlu bunda dapat megkosumsi supelmen zat besi yang telah dikonsultasikan dengan dokter.

• Terlalu lama berbaring
Keluahan pusing karena terlalu lama berbaring biasaya terjadi ketika usia kandungan yang teleh menginjak trimester ke dua dan ke tiga. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang ada di belakang rahim terjepit janin sehingga jantung tidak bisa banyak memompa darah yang menyebabkan tekanan darah menjadi turun.

• Kurang cairan atau dehidrasi
Jika urine berwarna kuning gelap maka bisa dipastikan bunda sedang mengalami dehidrasi. Kondisi semacam ini juga dapat menyebabkan pusing hingga kekurangan cairan. Untuk menghindarinya pastikan kebutuhan cairan di dalam tubuh terpenuhi setiap harinya. Setidaknya ada 8 hingga 10 gelas air putih yang harus bunda minum dalam setiap harinya.

• Sedang lapar
Bisa jadi pusing yang sedang bunda alami di akibatkan oleh rasa lapar akibat telat makan atau sedang merasa lapar. Pada wanita hamil rasa lapar akan terjadi saat mereka tidak makan selama 1-2 jam . Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan energi selama menjalani masa kehamilan.

• Sering berpindah posisi terlalu cepat
Duduk dan kemudian berdiri secara tiba-tiba juga dapat membuat kepala menjadi pusing. Hal ini
Disebabkan oleh aliran darah dari kaki hingga ke jantung tidak terpenuhi dengan baik.

Cara mengatasi pusing saat hamil

Untuk mengatas beragam keluhan pusing saat hamil, bunda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini:
• Makan teratur
Selama hamil pastikan kebutuhan energy bunda terpenuhi. Bukan berarti bunda harus banyak makan, namun makan dengan porsi sedikit namun taratur. Hindari banyak mengkonsumsi makanan manis yang memicu naiknya kadar gula darah. Konsumsi makan-makanan ringan seperti kacang almond, biscuit,pisang untuk menunjang kebutuhan energi agar tetap stabil.

• Kebutuhan air putih terpenuhi
Cukupi tubuh dengan air putih paling sedikit 8-10 gelas dalam sehari. Hindari meminum minuman berkafein, minuman soda dan minuman dengan kadar gula tinggi.

• Kebutuhan zat besi tercukupi
Daging merah, daging ungga, kubis dan sejenis kacang-kacangan merupakan makanan penuh zat besi yang dapat mencegah penyakit anemia dan pusing pada ibu hamil.

• Rajin olahraga
Olahraga baik untuk kesehatan ibu dan janin yang sedang di kandung. Selain membuat tubuh sehat olahraga untuk ibu hamil dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh sehingga mengurangi resiko sakit kepala yang di sebabkan oleh anemia. Olahraga ringan seperti jalan-jalan kecil setiap pagi dapat menjadi alterantif pilihan. Selain jalan-jalan kecil senam yoga, pilates dan berenang juga bisa menjadi untuk bunda dalam menjaga ksehatan selama masa kehamilan.

• Jangan mandi menggunakan air panas
Saat hamil ada baiknya untuk tidak mandi dengan menggunakan air panas. Selain menimbulkan rasa pusing, mandi dengan air hangat dapat menyebabkan naiknya suhu dalam tubuh hingga membuat gangguan kesehatan pada ibu dan bayi di dalam kandungan.

Nah, itu dia bund informasi mengenai penyebab pusing saat hamil dan cara mengatasi yang tepat. Silahkan diterapkan bund.

Ajukan Pertanyaan