Ini Dia Bun, Gerakan Senam yang Sangat Ampuh Mengatasi Bayi Sungsang

0
87

Senam adalah salah satu, dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan posisi sungsang pada bayi yang akan lahir. Nah, lantas tahukah anda kira-kira jenis senam seperti apa, yang cocok untuk ibu hamil yang sedang mengalami kondisi bayi sungsang?
Senam untuk mengatasi bayi sungsang
Ingin tahu? Yuk langsung saja intip ulasan yang akan kami bagikan dibawah ini. Silahkan disimak.

Manfaat senam untuk ibu hamil

• Senam dapat mengecilkan risiko komplikasi pada masa kehamilan
Selama masa kehamilan beberapa jenis gangguan kesehatan tiba-tiba muncul hingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Morning sickness, anemia hingga geguguran merupakan jenis kompikasi yang rentan dialami oleh ibu hamil pada umunya. Untuk menanggulangi hal tersebut ada baiknya jika bunda mulai sering rajin senam paling sedikit tiga kali dalam satu minggu.

• Tidur akan terasa lebih nyenyak
Penting bagi ibu hamil untuk menjaga kualitas tidur yang cukup. Cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup adalah dengan rutin melakukan senam. Saat melakukan beberapa gerakan senam tubuh akan terasa lelah, nah jika sudah seperti ini maka dapat dipastiakan bunda akan tidur nyeyak di malam harinya

• Memperlancar proses kelahiran
Ibu hamil yang selama masa hamil terbiasa senam atau berolahraga memilki kesempatan untuk melahirkan secara normal. Kebanyakan dari mereka juga memilki kemungkinan kecil untuk mengalami kompilkasi kelahiran lantaran sudah terbiasa melakukan gerakan yang menguras banyak energi lewat olahraga.

• Mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan
Olahraga berarti melatih kekuatan otot dan ketahanan tubuh. Bagi ibu hamil rutin melakukan olaharaga selama hamil juga memilki fungsi untuk mempercepat pemulihan pasca melahirkan baik secara normal maupun Caesar.

Gerakan senam untuk ibu hamil dengan kondisi bayi sungsang

Setelah mengetahui tentang manfaat senam untuk ibu hamil, maka di bawah ini saya jelaskan mengenai gerakan senam untuk ibu hamil yang mengalami kondisi bayi sungsang.

• Senam dengan gerakan gerakan squat melahirkan
Senam debgan gerakan squat melahirkan terbukti dapat mengembalikan posisi susang janin dalam kandungan. Cara melakukanya cukup mudah, bunda hanya perlu berjongkok dengan kaki yang terbuka lebar melebihi lebar bahu. Kemudian letakkan tangan bunda tepat di depan dada dan gunakanlah siku untuk menopang kedua kaki bunda lalu tahan selama sekitar 30 detik. Lakukan gerakan ini setidaknya tiga kali dalam sehari.

• Senam dengan gerakan memiringkan panggul
Gerakan senam yang satu ini tak kalah mudah untuk dilakukan. Bunda hanya perlu berbaring dengan posisi panggul diangkat ke atas. Jangan lupa untuk menaruh bantal di bawah panggul kemudian tekuk lutut dan tahan sekitar 10 menit dengan durasi tiga kali dalam sehari.

• Senam dengan gerakan mengangkat panggul
Gerakan senam untuk bayi sungsang yang ketiga adalah senam dengan mgerakan mengangkat panggul. Cara ini bisa dipraktekkan dengan cara berbaring lalu tekuk ke dua lutut ke atas sementara ke dua tangan berada sejajar di samping tubuh bunda. Setelah itu ambil napas secara perlahan dan diiringi dengan mengangkat perut secara perlahan kemudian turunkan dan buang nafas. Lakukan gerakan semacam ini selama kurang lebih 10 menit dalam satu hari.

• Senam dengan gerakan posisi dada ke lutut
Untuk melakukan senam ini mulailah dengan gerakan berlutut di atas sebuah matras dengan pososi pantat terangkat ke atas di mana poisi kepala, bahu, dan dada masih menempel pada matras. Mulai buka kaki selebar mungkin dan usahakan untuk tidak menempelakan paha ke perut. Tahan gerakan ini selama sekitar 15 menit. Senam ini bertujuan agar janin yang dalam posisi sungsang dapat meluncur ke panggul dan dapat kembali ke posisi semula.

Selain gerakan-gerakan di atas, disarankan untuk menambahkan jenis olahraga lain seperti pilates, yoga, renang, ataupun jalan-jalan masih. Dan idealnya, selama berolahraga ada baiknya bunda selektif dalam memilih pakaian, agar saat berkeringat tetap terasa nyaman.

Dan jangan lupa, segera hentikan aktifitas senam sungsang jika dirasa tubuh bunda sudah merasa sangat lelah atau bahkan merasa lemas. Karena jika dipaksakan bisa membahayakan kondisi janin di dalam rahim.

Ajukan Pertanyaan