Begadang tiap malam karena aktivitas pekerjaan, atau karena hal lainnya, mungkin telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Namun, bagi Ibu hamil, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan hal tersebut. Karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu maupun janinnya. Nah, apa saja kira-kira bahayanya?
bahaya bergadang saat hamil

Bahaya Begadang bagi Ibu Hamil

  1. Terganggunya Fungsi Otak
    Bahaya begadang yang pertama adalah menyebabkan fungsi otak ibu hamil terganggu. Hal ini disebabkan karena aliran darah dan oksigen menuju ke otak tidak berjalan dengan normal, karena kurangnya istirahat. Jika kesehatan fungsi otak ibu hamil terganggu, maka akan mempengaruhi kesehatan janinnya pula.
  2. Berisiko Terkena Penyakit Jantung
    Begadang juga bisa menyebabkan risiko terkena penyakit jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidur di pagi hari memiliki risiko terkena penyakit jantung sekitar 38%. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya istirahat di malam hari, sehingga jantung tidak dapat menjalankan fungsinya secara optimal.
  3. Berisiko terhadap Penyakit Leukimia
    Bahaya selanjutnya bagi ibu hamil yang suka begadang adalah rentan terkena penyakit leukemia. Hal ini dikarenakan tidur di pagi hari akibat begadang, akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Dampaknya, jika tubuh memiliki terlalu banyak sel darah putih, maka akan mengalami leukemia (kanker darah). Peningkatan sel darah putih ini rentan bagi ibu hamil yang tidur sekitar pukul 6 – 12 siang.
  4. Peningkatan Cairan pada Ketuban
    Kebiasaan ibu hamil tidur di pagi hari karena begadang dapat meningkatkan cairan ketuban. Hal tersebut karena pagi hari yang seharusnya dimanfaatkan untuk melakukan gerak fisik dengan tujuan membuat cairan ketuban normal, justru digunakan untuk tidur. Jika cairan ketuban melampaui batas normal, maka berdampak pada janin di dalam kandungan. Proses persalinan normal pun akan sulit karena janin tidak masuk ke bagian panggul ibu, karena posisi janin yang berubah-ubah.
  5. Renta Terkena Diabetes
    Ibu hamil yang kurang beraktivitas di pagi hari, karena digunakan untuk tidur akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Hal ini dikarenakan kalori dan lemak dalam tubuh tidak dapat dibakar melalui aktivitas fisik, sehingga terjadi penumpukkan lemak dan kalori. Dampaknya, terjadi penumpukkan gula darah yang meningkat dan menyebabkan diabetes. Bagi ibu hamil yang terkena diabetes rentan terhadap komplikasi kehamilan dan proses mengeringnya jahitan pasca persalinan akan semakin lama.

Itulah kelima bahaya begadang bagi ibu hamil. Nah, jika Anda mengalami insomnia atau kesulitan tidur, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jangan lupa baca juga: cara berhubungan intim saat hamil

Cara Mendapatkan Waktu Tidur Berkualitas bagi Ibu Hamil

  1. Jadwalkan Waktu Tidur
    Ada baiknya Anda membuat jadwal tidur yang teratur. Misalnya, tidur pukul 09.00 malam. Maka sebelum pukul 09.00 malam, Anda harus menghentikan berbagai aktivitas Anda dan mempersiapkan diri untuk tidur.
  2. Hindari Makan Berat sebelum Tidur
    Pada masa kehamilan, seringkali ibu hamil mengalami lapar di waktu-waktu tertentu. Apabila Anda merasa lapar di malam hari sebelum jam tidur, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan berat, seperti nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Jika lapar, Anda bisa makan beberapa jenis buah saja.
  3. Jauhkan Gadget
    Jika sudah waktunya untuk tidur, jauhkan gadget dari tanga Anda. Jangan lagi bermain handphone atau komputer menjelang tidur. Hal ini akan membuat Anda tidak bisa tidur atau insomnia. Jika perlu, ketika Anda akan tidur matikan ponsel Anda agar Anda tidak tertarik untuk memainkannya.
  4. Padamkan Lampu sebelum Tidur
    Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, Anda bisa memadamkan lampu sebelum tidur. Tidur di tempat yang gelap akan menyebabkan Anda cepat terlelap. Selain itu, tidur di ruangan yang sangat terang justru berbahaya bagi kesehatan. Paparan sinar lampu dapat menimbulkan risiko penyakit kanker kulit.
  5. Pastikan Tempat Tidur Nyaman
    Sebelum tidur pastikan bahwa tempat tidur yang Anda tempati nyaman. Alas tidur dan perlengkapan tidur lainnya dalam keadaan bersih, agar tidak menimbulkan elergi bakteri atau kuman. Selain itu, pastikan kondisi lingkungan tempat tidur juga nyaman, misalnya suhu ruangan yang pas, tidak terlalu dingin atau panas, serta tidak pengap.

Nah, itulah beberapa macam bahaya begadang bagi ibu hami yang sebaiknya bunda ketahui. Semoga selalu sehat bun..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here