Anda penah mendengar kan. statement yang mengatakan jika hamil porsi makan wajib ditambah, sebab saat itu makan untuk 2 orang? Memang hal tersebut ada benarnya. Namun bukan berarti hanya asal makan banyak.
makanan sehat yang disarankan untuk ibu hamil
Karena jika asal makan dalam porsi banyak, justru hanya mengakibatkan perut begah karena kekenyangan. Jadi idealnya yang dimakan adalah makanan yang penuh nutirsi/gizi.

Daftar makanan sehat untuk ibu hamil

Sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan makanan yang harus ada pada daftar menu ibu hamil. Sayur dan buah sangat kaya akan vitamin, mineral dan asam folat yang bagus untuk perkembangan janin dalam rahim. Selain itu, sayur adan buah juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Nutrisi yang terkandung dalam sayuran antara lain seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi , kalium dan folat. Sayur berdaun hijau juga mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan.

Buah juga sangat baik untuk menukupi berbagai nutrisi yang diperlukan saat kehamilan. Buah yang baik untuk anda konsumsi seperti alpukat, mangga, anggur, jeruk, buah naga, leci, apel, beri dan pisang serta lemon.

Daging, ikan dan telur

Biasanya Ibu hamil disarankan untuk menambah asupan protein ketika kandungan memasuki trimester kedua. Protein bisa diperoleh dari daging, ikan serta telur..Di dalam daging terdapat kandungan zat besi sebagai mineral penting yang digunakan dalam pembentukan sel darah merah. sel darah merah memiliki peran penting untuk mendistribusikan oksigen ke semua sel di seluruh bagian tubuh.Telur merupakan makanan yang kaya akan zat kaolin yang berfungsi untuk membantu mengurangi resiko cacat tabung pada syaraf bayi.

Anda juga bisa mengkonsumsi ikan untuk memperoleh asupan protein masa kehamilan. Ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon karena selain protein, terdapat kandungan asam lemak omega 3 penting seperti EPA dan DHA yang sangat berguna untuk perkembangan otak dan mata janin dalam rahim serta memperbaiki mood ibu hamil. Salmon juga sumber alami vitamin D yang sangat baik untuk janin dan ibu hamil.

Tetapi anda harus mengkonsumsi ikan salmon dalam keadaan matang, bukan mentah seperti pada sushi dan sashimi karena daging yang belum matang memiliki resiko terkontaminasi bakteri yang bisa membahayakan pertumbuhan janin.

Kacang-kacangan

Ketika mengandung, beberapa ibu hamil seringkali mengalami keluhan seperti susah buang air besar atau wasir. Untuk menghindari hal tersebut, anda disarankan memperbanyak konsumsi kacang-kacangan.

Anda bisa mengkonsumsi jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, buncis dan kacang polong yang kaya akan asam folat, protein, serat, zat besi dan kalsium yang dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan. Kandungan asam folat, protein dan kalsium juga dapat mencegah resiko kondisi cacat lahir dan beberapa penyakit pada bayi saat lahir.

Air putih

Selain mencegah bayi lahir prematur, ibu hamil disarankan untuk memperbanyak minum air putih untuk mencegah kontipasi (susah buang air besar) dan infeksi saluran kemih. Tetapi jika anda tidak begitu suka meminum air putih, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air seperti semangka, melon, jeruk dan sebagainya.

Gandum atau nasi merah

Untuk melengkapi asupan kabohidrat, anda bisa mengkonsumsi gandum. gandum memiliki kandungan serat, vitamin E dan selenium yang berguna untuk membantu tumbuh kembang janin dalam perut. Jika tidak begitu suka gandum, anda bisa menggantinya dengan nasi merah.

Makanan dan minuman yang berbahan dasar susu.

Makanan sehat untuk ibu hamil yang lain adalah makanan dan minuman yang terbuat dari susu. Yoghurt merupakan pilihan yang tepat atau anda juga bisa mengknsumsi susu dan keju dengan rutin. Susu akan membantu anda dan janin untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium. Sedangkan yoghurt akan membantu mengurangi resiko komplikasi selama masa kehamilan.

Ubi

Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung vitamin A adalah ubi. Vitamin A berperan penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada janin.ketika hamil, anda akan disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin a sekitar 10-40 persen.

Tetapi asupan vitamin A juga tidak boleh berlebihan karena bisa mengakibatkan keracunan. Vitamin A yang terkandung dalam umbi-umbian serta sayuran sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel janin dalam rahim.
Itulah beragam jenis hidangan sehat yang baik ibu hamil. Jadi, jangan sembarangan ya bund makanan yang dikonsumsi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here