Inilah Jenis Olahraga yang Terbaik Bagi Ibu Hamil, Sesuai Usia Kehamilannya

0
40

Ketika hamil, banyak bumil (ibu hamil) merasakan keluhan seperti kelelahan, mudah sakit, pusing, sakit punggung, dan sebagainya. Nah, guna meminimalisir hal tersebut, sangat disarankan untuk melakukan olahraga ringan yang bisa membuat bumil lebih semangat dan berenergi.
Inilah Jenis Olahraga yang Terbaik Bagi Ibu Hamil, Sesuai Usia Kehamilannya
Ingin tahu apa saja jenis olahraga yang disarankan tersebut? Nah, langsung saja silahkan simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Olahraga terbaik bagi Ibu hamil

Saat usia kehamilan masih satu bulan

Olahraga yang bisa anda lakukan ketika kehamilan memasuki 1 bulan adalah senam hamil dengan olahraga ringan. Dengan cara,

  • Fokus pada latihan pernapasan karena ibu hamil membutuhkan oksigen 20 persen lebih banyak dibanding wanita yang tidak hamil.
  • Latih pernafasan anda dengan cara ambil nafas dari hidung kemudian tahan selama beberapa detik, lalu lepaskan secara perlahan.
  • Durasi yang bisa anda lakukan untuk melakukan senam hamil yakni antara 30-60 menit. Anda bisa melakukan olahraga ini 3-5 kali dalam seminggu.

Saat usia kehamilan dua bulan

Ketika hamil dua bulan, morning sickness pada ibu hamil sudah berkurang dan anda bisa berjalan-jalan pagi sambul melakukan latihan pernafasan. Anda bisa berjalan santai selama 30 menit. Anda juga bisa melakukan yoga pada saat kandungan anda memasuki usia 2 bulan karena anda untuk merelaksasi fikiran anda.

Saat usia kehamilan tiga bulan

Hamil tiga bulan masih tergolong hamil muda jadi anda tidak diperbolehkan melakukan olahraga berat karena rentan keguguran. Ketika kehamilan anda memasuki usia 3 bulan anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai dan senam pernafasan. Anda juga bisa berenang dengan durasi 30 menit.

Saat usia kehamilan empat bulan

Ketika usia perkembangan janin 4 bulan, anda bisa melakukan olahraga dengan jogging, berjalan santai dan berenang. Anda bisa melakukan lari kecil dengan tempo lambat. Pada bulan ke empat, rahim sudah mulai membesar dan terjadi pergeseran pusat gravitasi dalam perut ibu hamil. Anda akan sulit menjaga keseimbangan sehingga anda membutuhkan lokasi jogging yang datar.

Saat usia kehamilan lima bulan

Senam kehamilan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan membuat ibu hamil berenergi setiap hari. Anda akan kesulitan menjaga keseimbangan tubuh karena rahim anda semakin membesar. Olahraga yang bisa dilakukan ketika usia janin memasuki 5 bulan adalah latihan beban. Latihan beban dilakukan untuk menghindari rasa pusing serta cedera pada perut ibu hamil. Anda bisa melakukan latihan beban pada posisi duduk.

Anda juga bisa melakukan yoga yang bermanfaat untuk menyeimbangkan tubuh anda. Semakin besar kandungan semakin besar pula perubahan yang dialami sehingga anda perlu menyesuaikan diri anda dengan tubuh anda.

Saat usia kehamilan enam bulan

Memasuki usia 6 bulan, anda harus tetap berolahraga secara rutin. Ketika 6 bulan, janin sudah mulai berkembang dan hampir berbentuk sempurna. Pada masa ini, ibu hamil akan mudah lelah dan tidak bertenaga. Agar anda tetap bertenaga, anda bisa melakukan olahraga seperti latihan beban, jogging, berenang, yoga , dan berjalan.

Saat usia kehamilan tujuh bulan

Ketika memasuki usia tuju bulan, Janin sudah berbentuk sempurna namun organ belum terbentuk dengan sempurna. Anda perlu berhati-hati dengan gerakan anda karena pada usia ini kandungan sangat rentan sama halnya sepert hamil muda. Anda bisa melakukan olahraga jalan kaki, yoga dan jogging. Anda dilarang untuk melakukan angkat beban dan olahraga berat. Hindari juga olahraga dengan berbaring telentang karena pembuluh darah bisa tertekan.

Saat usia kehamilan delapan bulan

Anda bisa melakukan senam hamil ketika memasuki usia kehamilan 8 bulan. Gerakan senam hamil yang bisa anda lakukan yakni

  • Hand and back up train
    Dengan cara mengangkat lengan lurus diatas kepala dengan posisi telapak tangan saling beradapan. Tahan selama 20 detik. Cara lain yakni regangkan tangan anda selebar lungkini selama 20 detik. Ulangi selama 5x.
  • Mencium lantai
    Gerakan ini bermanfaat untuk memperbaiki posisi bayi agar tidak sungsang dan masuk kedalam panggul. Anda bisa memulai dengan dengan jongkok kemudian membungkuk lalu posisi mencium lantai. tahan selama 10 detik.

Saat usia kehamilan sembilan bulan

Usia 9 bulan merupakan usia mendekati persalinan. Lakukan gerakan untuk memudahkan anda dalam proses persalinan seperti,

  • Duduk bersila
    Dengan cara duduk bersila dan letakkan kedua tangan diatas paha. Posisi ini sama dengan melakukan yoga.
  • Merangkak
    Posisi ini juga bisa membantu melancarkan persalinan. Caranya adalah dengan merangkak dan mengempiskan perut kemudian mengkerutkan bagian dubur.
  • Kupu-kupu
    Dengan cara duduk dilantai kemudian pertemukan kedua telapak tangan di depan dada lalu dorong lutut hingga menempel dilantai.
  • Jalan kaki
    Anda disarankan untuk banyak berjalan terutama pada pagi hari karena sangat bermanfaat untuk membantu kelancaran persalinan anda.

Nah itu bunda, jenis olahraga yang terbaik bagi ibu hamil, sesuai usia kehamilannya. Jangan malas ya bund, demi kesehatan janin dan bunda sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here