Jangan Sampai Setres Saat Hamil Bun! Ini Bahayanya Untuk Janin Bunda

0
52

GADOGADOASIN.COM – Penting untuk diketaui, saat sedang hamil jangan sampai anda stress. Pastikan untuk menjauhkan segala pikiran dari hal-hal yang memicu terjadinya stres berkepanjangan. Sebab, saat anda mengalami stress, janin anda yang akan menerima imbasnya. Dan ini sangat berbahaya bunda.
Bahaya stress ketika hamil

Bahaya Stres untuk Kesehatan Janin

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa bahaya stress, yang bisa menimpa janin dalam kandungan.

  • Otak janin
    Ketika Bunda mengalami setres berat, hal ini akan berpengaruh terhadap proses pembentukan otak janin. Setres tersebut kemungkinan dapat memicu perilaku pada pertumbuhan bayi nantinya.

    Sayangnya, masih belum ada penelitian yang dapat mengonfirmasi hal ini. Tetap, Bunda jangan terlalu banyak memikirkan sesuatu hingga setres agar proses pembentukan otak dapat berjalan secara maksimal.

  • Tumbuh kembang bayi
    Setres pada ibu hamil akan berpengaruh pada menurunnya alirah darah ke rahim. Jika hal ini akan berlangsung secara terus menerus, janin yang terdapat dalam rahim tidak dapat tumbuh secara maksimal. Padahal, janin yang ada dalam rahim menerima nutrisi yang ikut dibawa oleh darah.
  • Kelahiran prematur
    Salah satu penyabab kelahiran prematur yaitu setres. Pada saat kehamilan di trimester pertama dan ibu hamil mengalami setres, plasenta akan meningkatkan produksi hormon CRH atau hormon pelepas kortikotropin.
  • Hormon tersebut bertugas untuk mengatur durasi kehamilan. Apabila kadar hormon tersebut sangat tinggi, Bunda memiliki resiko yang tinggi untuk lahir prematur.

  • Kurangnya pasokan oksigen
    Ibu hamil yang sedang mengalami setres, akan memicu produksi hormon setres yaitu norepinephrine dan epinephrine. Kedua hormon tersebut dapat mengecangkan pembulung darah serta mengurangi suplai oksigen ke rahim.
  • Cara Mengatasinya Stress Saat Hamil

    Sebenarnya, setres adalah hal normal yang sering dialami oleh ibu hamil. Dan tentunya, Bunda harus bisa mengolah stres tersebut agar tidak berkepanjangan dan menjadi lebih parah. Nah, berikut beberapa hal yang sebaiknya bunda lakukan.

  • Bicarakan dengan Pasangan
    Apabila Bunda memiliki perasaan atau pikiran yang membuat Bunda merasa tertekan, Bunda harus membicarakannya dengan pasangan. Ceritakan saja apa yang Bunda rasakan, sehingga beban yang ada dalam pikiran Bunda akan terasa lebih ringan.
  • Cukup istirahat
    Istirahat yang cukup baik untuk mengelola setres. Jika Bunda tidak mendapatkan waktu isitirahat yang cukup, setres yang dirasakan akan bertambah. Selama beristirahat, Bunda bisa mengajaknya berbicara atau melakukan interaksi lainnya.
  • Berolahraga
    Bunda harus melakukan olahraga ringan untuk memperbaiki suasana hati. Berolahraga dapat melepaskan hormon endorphin, hormon kebahagiaan. Bunda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan atau olahraga.
  • Buat daftar keperluan
    Masalah keuangan sering menjadi masalah oleh setiap keluarga. Untuk itu, jika Bunda memiliki masalah keunangan, Bunda bisa membuat daftar prioritas. Bunda bisa memilih perlengkapan bayi mana saja yang harus dibeli dan yang bisa dipinjam. Dengan begitu, Bunda tidak akan merasa cemas dengan masalah keuangan tersebut.
  • Mengatasi masalah perjalanan
    Apabila Bunda merupakan seorang wanita karir yang perlu bekerja, Bunda harus memastikan bahwa Bunda mendapatkan tempat duduk dan tidak berdesakan. Apabila diharuskan, Bunda bisa menanyakan kepada pihak manajemen untuk mengurangi waktu bekerja jika diperbolehkan.
  • Persiapkan diri untuk menjadi orang tua
    Tak sedikit ibu hamil yang setres karena mereka harus mendidik anak dan menjadi orang tua. Untuk masalah ini, Bunda bisa mencari tahu bagaimana cara mendidik anak yang baik agar Bunda tahu apa yang seharusnya dilakukan.
  • Pola makan
    Pola makan dan memakan makanan sehat dapat mempengaruhi kondisi fisik dan psikis. Upayakan untuk mengatur jadwal makan dan makanan sehat apa saja yang diperlukan. Pastikan Bunda mengonsumsi cukup mineral, vitamin, dan omega 3, serta air mineral,
  • Relaksasi
    Meditasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengelola setres. Memenuhi pikiran dengan hal-hal yang positif dapat membantu Bunda dalam mengelola setres dan mengambil solusi yang terbaik. Selain itu, berkumpul dengan teman, menonoton film lucu, atau aktivitas lainnya yang membuat Bunda rileks harus dilakukan setiap harinya.
    Pastinya, dengan mengatasi semua masalah yang ada dengan baik, perlahan-lahan setres akan berkurang. Apabila stress yang dialamai tidak berkurang, anda bisa segera menghubungi dokter.
  • Ajukan Pertanyaan