Agar Punya Energi yang Kuat Selama Persalinan, Sebaiknya Konsumsi Jenis Makan dan Minuman Ini

0
25

GadoGadoAsin.com – Melahirkan sang buah hati adalah proses yang berat dan membutuhkan banyak tenaga. Saat melahirkan bumil harus mengerahkan semua tenaga dan upayanya sampai bertaruh nyawa. Pada saat itu otot rahim, otot-otot disekitar punggung dan otot perut bekerja sangat keras selama proses melahirkan.

Oleh karena itu mommy harus memiliki kondisi lebih prima saat proses persalinan. Guna membentuk kondisi yang prima, mommy harus memperhatikan kesehatan serta asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi.
Makanan Penambah Energi Menjelang Persalinan

Selama proses persalinan berlangsung, ibu hamil hendaknya harus bisa mengkonsumsi makanan. Banyak diantara mommy yang tidak mau mengkonsumsinya dengan alasan takut mual dan muntah. Padahal menurut sebuah penelitian sangat dibolehkan makan dan minum selama proses persalinan bahkan dapat memperlancar persalinan. Nah, berikut beberapa jenis asupan yang disarankan untuk menambah energi saat menjelang persalinan.
1. Buah-buahan
buah buahan
Tenaga yang mommy butuhkan diperoleh dari kandungan karbhidrat, vitamin, dan mineral. Selain mengkonsumsi air yang cukup, sangat dianjurkan mommy mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang, strowberry dan hindari buah-buahan yang memiliki cita rasa asam seperti lemon, jeruk. dan anggur.

Mengapa mommy perlu mengkonsumsi buah pisang? Karena pada buah ini terkandung vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh mommy dan si kecil, jadi mommy tidak hanya mendapatkan rasa manisnya saja.

Selain pisang mommy juga dapat mengkonsumsi strowberry, mengapa? Karena didalam buah strowberry memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Stroberry juga rendah lemak dan mudah dicerna. Mommy dapat menjadikan buah ini pilihan sebagai cemilan.

2. Buncis
buncis
Biasanya sembelit akan menghampiri mommy yang hendak melahirkan. Nah, buncis ini dapat membuat sistem pencernaan mommy bekerja dengan baik dikarenakan serat yang dimiliki buncis sangat tinggi.

3. Sup atau Daging
sup daging
Untuk dapat melahirkan dengan lancar, mommy membutuhkan nutrisi. Daging merupakan sumber protein yang dapat membantu otot tetap kuat selama persalinan. Jadi daging maupun sup kaldu ayam adalah pilihan yang tepat yang harus ditambahkan menjelang persalinan.

4. Daun bawang
daun bawang
Daun bawang memiliki asam folat yang bermanfaat bagi ibu yang sedang mengandung. Asam folat dibutuhkan dalam proses pembentukan darah merah dan sumsum tulang. Kekurangan asam folat dapat meningkatkan resiko terkenanya anemia yang mudah membuat lelah dan letih sehingga akhirnya terjadi keguguran dan janin yang kekurangan asam folat juga beresiko mengalami kecacatan pada sumsum tulang belakang.

Daun bawang juga memiliki asupan kalsium yang cukup sehingga dapat membantu mommy menjadi lebih rileks saat menjalani persalinan.

5. Biskuit
biskuit
Pilihlah biskuit yang memang mommy suka. Jika bisa konsumsi biscuit tanpa rasa karena biskuit yang mengandung banyak krim dapat menyebabkan mommy akan merasa mual.

6. Aprikot
aprikot
Aprikot memiliki kalium yang tinggi yang dapat membantu cairan dalam tubuh tetap normal. Mengapa? Karena bisa saja pada tahap kontraksi mommy mengalami pembengkakan tubuh karena terjadi perpindahan cairan. Dengan mengkonsumsi aprikot ini cairan dalam tubuh mommy akan tetap terjaga.

Minuman Penambah Energi Menjelang Persalinan

Menjelang proses melahirkan mommy perlu jaga tubuh agar tidak kekurangan cairan. Dehidrasi akan menyebabkan tubuh mommy lemah dan dapat memperlambar proses persalinan. Pilihlah minuman isotonik atau yoghurt.
Yogurt dengan kadar lemak rendah cukup baik karena mengandung gula dan karbohidrat yang berguna untuk mendapatkan asupan energi yang efektif. Selain itu mommy juga dapat meminum teh manis, tapi ingat hindari gula yang berlebihan.

Dan yang paling penting adalah air putih. Mommy harus sering-sering minum air putih guna menghindari terjadinya dehidrasi. Proses persalinan akan memakan waktu yang panjang. Untuk itu mommy harus benar-benar mempersipkan stamina mommy sebelum persalinan dan ketika persalinan. Mommy harus menghindari minuman yang bersoda dan berasa asam karena dapat menyebabkan mual.

Yaps! Sekarang mommy sudah tahukan apa saja makanan dan minuman penambah energi menjelang melahirkan. Jadi sekarang mommy perlu memperhatikan makanan dan cemilan yang mommy konsumsi. Selain itu mommy juga perlu mengetahui seperti apa kebijakan rumah sakit ditempat mommy hendak melakukan persalinan, karena tidak semua rumah sakit menyediakan makanan ketika persalinan berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here