Beberapa Hal Unik yang Sering Dialami Selama Masa Kehamilan

0
55

Selama dalam masa kehamilan, tentu banyak hal yang Anda alami. Baik itu pengalaman yang menyenangkan maupun berbagai macam keluhan yang tidak mengenakkan. Dan tak jarang, banyak dari hal-hal tersebut cenderung unik karena tidak pernah dialami sebelumnya. Nah, ingin tahu apa saja hal-hal unik yang sering terjadi selama kehamilan? Langsung saja simak berikut ini.
hal unik yang dialami selama kehamilan

Hal Unik yang Sering Dialami Selama Kehamilan

Suami Bisa Mengalami Gejala Kehamilan (Ngidam)

suami ngidam
Berbahagialah jika Anda memiliki suami yang bisa mengalami gejala hamil seperti seperti morning sickness, kenaikan berat badan secara signifikan, ngidam akan sesuatu, dan gejala awal kehamilan lainnya.

Hal ini memang terdengar aneh, dan tidak dapat percaya. Akan tetapi hal ini benar adanya. Kondisi tersebut disebut dengan istilah kehamilan simpatik atau Couvade Syndrom (yang berasal dari kata couvee prancis yang bearti ‘menetas’), dimana suami Anda merasa empati, simpatik, dan prihatin terhadap gejala-gejala kehamilan yang Anda rasakan.

Suami yang demikian, menandakan suami yang sangat sayang dan perhatian kepada Anda. Karena ada ikatan batin yang kuat di antara Anda berdua.

Letak Atau Posisi Calon Bayi Usia 35 Minggu

posisi-bayi-usia-35-minggu
Letak atau posisi calon bayi Anda pada usia 35 minggu dari masa kehamilan biasanya dengan posisi berbaring vertikal, baik posisi kaki di bawah (sungsang) maupun kepala yang di bawah (cephalic).

Posisi ini merupakan letak calon bayi pada umumnya. Tapi bukan berarti berlaku bagi semua calon bayi. Karena selain 2 posisi tersebut, terkadang ada calon bayi yang mencapai usia kandungan 32 minggu ini dengan posisi horizontal (melintang) atau oblique (miring).

Meskipun calon bayi masih dapat berubah posisi nantinya. Akan tetapi, tetap saja hal ini membuat risau hati calon ibu, terutama yang baru pertama kali merasakan kehamilan. Karena kedua posisi tersebut (horizontal dan oblique), serta posis bayi sungsang dapat menyulitkan proses melahirkan yang normal.

Sedangkan data menyebutkan bahwa pada kehamilan yang mencapai usia hingga 40 minggu rata-rata posisi calon bayi 95% cephalic, posisi sungsang hanya 4%, dan horizontal maupun oblique kemungkinanya hanya 1% saja.

Wajah Wanita Hamil Menjadi Berseri-Seri

Pada saat Anda hamil, kulit Anda akan cenderung berseri-seri, terutama bagian pipi, meskipun Anda sendiri tidak menyadarinya. Tetapi, orang di sekitar Anda pasti mengakuinya. Hal ini bukanlah sebuah mitos belaka, tapi pada kenyataannya hal ini memang merupakan sebuah fakta unik dan menarik.

Kondisi tersebut disebabkan karena selama hamil terjadi peningkatan produksi darah hampir 50% yang mengalir pada seluruh bagian tubuh Anda, dan hormon yang mempengaruhi kelenjar minyak pun meningkat, sehingga produksi minyak aktif. Akibatnya, kulit Anda terlihat lebih lembut, mengkilap, dan berseri-seri.

Wanita Hamil Terlihat Lebih Menarik di Mata Pria

Berdasarkan penelitian, 60% pria menganggap wanita hamil tetaplah cantik dan menarik, bahkan sebanyak 27% pria justru menganggap wanita hamil terlihat lebih menarik dan lebih memikat dari sebelumnya.

Indra Penciuman Menjadi Lebih Sensitif

Indra penciuman seorang wanita hamil akan menjadi lebih sensitif dari biasanya. Sehingga pada kehamilan trimester pertama, hampir semua ibu hamil menjadi sensitif terhadap bau yang tajam maupun bau tertentu. Bahkan kondisi ini akan berlanjut hingga kehamilan trimester ketiga, walau tidak separah trimester pertama.

Peningkatan daya penciuman ini berguna untuk melindungi janin dari sesuatu yang dapat membahayakannya yang terlebih dahulu dideteksi oleh indra penciuman sang ibu, misalnya asap rokok, kopi, alkohol, dan sejenisnya.

Makan Ikan Selama Hamil Akan Membuat Anak Cerdas

Banyak sekali wanita hamil yang menghindari ikan dalam menu keseharian selama masa kehamilan dikarenakan bau ikan yang bisa menyebabkan mual dan muntah. Padahal, rajin mengkonsumsi ikan akan membuat anak lebih cerdas. Hal ini karena ikan mengandung omega-3 yang sangat baik untuk membantu pengembangan otak dan meningkatkan kinerja otak janin.

Sebuah penelitian yang meneliti 7000 anak dari ibu yang berbeda menyebutkan bahwa rata-rata anak yang terlahir dari wanita hamil yang rajin mengkonsumsi ikan, memiliki kemapuan motorik dan verbal yang lebih tinggi dengan kemajuan yang lebih pesat dibanding anak yang terlahir dari wanita yang tidak mengkonsumsi ikan.

Selain itu, anak tersebut memiliki kemampuan berbicara lebih cepat dan bagus serta mempercepat proses berjalan dibanding anak-anak lainnya yang ibunya menghindari ikan selama proses kehamilan. Dan tentu saja, Anda harus pintar dalam memilih ikan yang akan dikonsumsi. Hindari ikan yang mengandung zat merkuri tinggi.

Itulah beberapa fakta unik yang kerap terjadi selama kehamilan. Nah, hal-hal mana saja yang Anda alami saat ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here