Beragam Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Keguguran di Kehamilan Muda

0
56

GadoGadoAsin.com – Keguguran biasanya rentan terjadi pada kehamilan usia muda. Dan biasanya, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satu faktor penyebabnya ialah karena makanan. Nah, ingin tahu jenis makanan apa saja yang menyebabkan keguguran di kehamilan muda tersebut.

Makanan yang menyebabkan keguguran

Ada beberapa jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi untuk orang hamil, khususnya saat hamil muda. Karena jika dilanggar bisa memicu keguguran. Nah, berikut adalah makanan yang dimaksud.

• Pare
makanan yang bisa menyebabkan keguguran
Siapa saja pasti sudah tidak asing dengan pare? Sayuran satu ini biasanya paling enak dimasak dengan cara di tumis. Pare mempunyai rasa yang pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit, pare ternyata merupakan jenis sayuran yang mengadung banyak manfaat misalnya saja untuk menyermbuhkan diabetes dan membunuh sel kanker.

Namun di samping kelebihanya tersebut, pare ternyata tidak baik untuk dikonsumsi khususnya bagi para wanita yang sedang hamil. Mengapa? Sayuran satu ini bisa menyebabkan pendarahan selalm kehamilan dan juga kontraksi uterus. Akibatnya, akan terjadi keguguran.

• Nanas
ibu hamil dilarang konsumsi nanas
Jangan sekali – kali anda mengonsumsi buah nanas pada saat hamil. Nanas mengandung senyawa Bromelain yang bisa melunakkan leher rahim dan juga menyebabkan kontraksi pada wanita hamil. Jika dibiarkan, akan menyebabkan keguguran.

• Kepiting
kepiting
Meskipun kepiting kaya kandungan kalsium, jenis seafood ini ternyata juga banyak mengandung kolesterol yang tinggi.

Jika wanita hamil terlalu banyak makanan yang mengandung kolesterol tinggi akan menyebabkan penyusutan pada rahin yang bisa memicu pendaharan internal. Pendarahan internal ini bisa menyebabkan keguguran

• Pepaya
pepaya
Pepaya yang sudah matang atau masih hijau banyak mengandung kandungan serat yang sangat berguna bagi pencernaan. Tetapi, apabila terlalu banyak di makan oleh wanita hamil, maka menyebabkan kelahiran bayi premature dan juga keguguran.

Pepaya ini mengandung banyak enzim yang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim. Anda boleh saja mengosumsi pepaya asalkan jangan terlalu berlebihan.

• Apel liar
apel liar
Apel liar merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai rasa asam, manis dan pahit. Banyak orang yang beranggapan bahwa jenis apel ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Namun sebenarnya, apel liar adalah buah yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa apel liar dapat merangsang rahim dan juga membuat kontraksi pada uterus. Jika dibiarkan akan memicu keguguran dan juga kelahiran bayi secara premature.

• Buah kelengkeng
kelengkeng
Buah kelengkeng mengandung banyak kandungan alkohol. Jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan pendaahan pada vagina yang bisa memicu keguguran yang hebat.

Penyebab keguguran secara umum

Keguguran tentu menjadi salah satu momok yang paling ditakuti oleh para calon ibu yang sedang hamil muda. Dan biasanya, kejadian ini sering terjadi ketika kandungan masih berusia dibawah 22 minggu. Nah, selain faktor makanan, beberapa hal berikut ini juga menjadi pemicu keguguran.

a. Dinding rahim yang lemah
Di dalam rahim terdapat sebuah bagian yang disebut dengan dinding rahim. Pada bagian tersebut, embrio akan menempel. Ketika embrio semakin membesar, terkadang dinding rahim tidak kuat menopangnya. Keadaan seperti ini banyak dialami oleh ibu yang mempunyai rahim lemah.

Melemahnya dinding rahim ini bisa menyebabkan keguguran. Oleh karena itu wanita kandunganya berusia di bawah 22 minggu sangat disarankan untuk bedrest total.

b. Terlalu banyak melakukan aktivitas yang berat
Pada saat hamil sangat dilarang keras untuk melakukan aktivitas yang berat dan berlebihan. Selain itu, anda juga dilarang untuk terlalu banyak bergerak dan banyak berjalan. Hal ini akan membuat perut tergerak yang bisa menyebabkan rahim dan embrio juga ikut bergerak. Jika banyak berjalan, embrio akan jatuh dan akan menyebabkan keguguran.

c. Stress yang berlebihan
Ketika sedang hamil, usahakan pikiran anda tidak terlalu stress. Hal ini bisa merangsang hormon yang bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Anda juga tidak boleh terlalu sibuk, namun utamakan untuk beristirahat.

Itu dia beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan keguguran di kehamilan muda. Jadi, sebisa mungkin jauhi makanan tersebut, jika ingin kandungan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here