Hati-Hati Ibu Hamil Berpotensi Mengalami Ambeien, Lakukan Tips Berikut Untuk Mengatasinya

0
37

GadoGadoAsin.com – Susah BAB saat hamil memang sering terjadi. Ini biasanya karena perubahan hormon yang di alami oleh ibu hamil. Hal ini di sebabkan sistem pencernaan pada usus besar bekerja lebih lambat, akibatnya ibu hamil berpotensi mengalami ambeien.
ambeien saat hamil
Lalu, bagaimana cara yang tepat mengatasi ambeien pada ibu hamil? Nah, berikut beberapa tips yang dapat di lakukan untuk mengatasi ambeien tersebut.

Tips Jitu Mengatasi Ambein Bagi Ibu Hamil

1. Minum Air Putih
Bagi ibu hamil kekurangan kandungan air di dalam tubuh merupakan hal yang berbahaya. Selain terkena dehidrasi, ibu hamil juga akan terkena resiko susah buang air besar. Sehingga ibu hamil perlu minum air putih yang cukup untuk mencegah melambatnya sistem kerja usus besar, terutama ibu hamil harus menghindari jenis minuman mengandung kafein seperti teh atau kopi.

2. Banyak Mengkonsumsi Makanan Berserat
Saat sedang hamil penyakit ambeien mungkin sulit untuk di sembuhkan. Tetapi untuk mencegahnya ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti semangka, mangga, jeruk, brokoli dan jenis sayuran hijau lainnya sehingga feces akan menjadi lebih lembut. Maka dari itu ibu hamil tidak di perbolehkan mengkonsumsi daging secara berlebih agar sistem kerja usus tidak melambat.

3. Sering Melakukan Latihan Perineum
Ketika memasuki trimester ketiga, ibu hamil sangat di sarankan melakukan senam kaget karena senam ini dapat membantu persalinan secara normal. Selain itu senam kaget juga berguna sebagai pencegahan pelebaran pembuluh darah di area perineum yang sangat berbahaya, untuk itu ibu hamil perlu melakukan latihan ini dengan meminta bantuan instruktur berpengalaman.

4. Melakukan Posisi Tidur Berdasarkan Trimester Kehamilan
Untuk menghindari ambeien ibu hamil perlu menghindari posisi tidur bertumpu pada punggung, sehingga posisi tidur yang baik bagi ibu hamil adalah berbaring di sisi tubuh bahkan cara tidur seperti ini sudah harus di lakukan saat memasuki kehamilan trimester pertama. Serta hal ini sangat berguna untuk meringankan tekanan pembuluh darah di bagian anus.

5. Perbanyak Bergerak
Bagi ibu hamil yang terkena ambeien hindarilah posisi duduk terlalu lama, karena hal ini akan membuat ambeien semakin parah sebab tekanan pembuluh darah ketika duduk menjadi lebih besar sehingga menghalangi aliran darah pada bagian ambeien. Sehingga sangat di sarankan agar ibu hamil perbanyak bergerak seperti berjalan, selain menyehatkan tubuh namun juga baik bagi perkembangan janin.

6. Tidak Menunda Untuk BAB
Bagi ibu hamil penderita ambeien jangan malas untuk buang air besar, sebab menunda BAB membuat feces menjadi lebih kering dan keras. Akibatnya ibu hamil akan kesulitan BAB, sehingga terjadi pendarahan ketika buang air besar

7. Tidak Jongkok Terlalu Lama
Kebiasaan jongkok terlalu lama bagi ibu hamil dapat memicu terjadinya ambeien. Bagi penderita pertama kali mungkin anus masih bisa kembali secara alami. Namun, jika terlalu sering berjongkok ambeien akan menjadi lebih parah dan hal seperti inilah yang jarang di perhatikan bagi ibu hamil penderita ambeien.

8. Selalu Bersihkan Anus Menggunakan Air Hangat
Bagi ibu hamil penderita ambeien maka wajib membersihkan area anus menggunakan air hangat secara pelan – pelan. Namun, ibu juga harus memperhatikan suhu air agar tidak terlalu panas supaya ibu tetap aman dan nyaman saat membersihkan area tersebut.

9. Gunakan Bantal Donat Ketika Duduk
Ketika ibu hamil ingin duduk maka gunakanlah bantal donat sebagai alasnya. Selain melindungi bagian yang terkena ambeien namun juga dapat mengurangi tekanan pada ambeien sehingga pembuluh darah menjadi normal, lagipula cara ini sangat efektif di lakukan bagi ibu hamil penderita ambeien di tahap awal.

10. Oleskan Minyak Kelapa Di Bagian Ambeien
Langkah selanjutnya yang bisa di coba adalah mengoleskan minyak kelapa ke bagian ambeien, sebab minyak kelapa berguna sebagai pencegah bakteri ataupun jamur penyebab ambeien menjadi gatal dan sakit. Selain itu minyak kelapa juga bermanfaat sebagai mengatasi rasa sakit di bagian ambeien. Apalagi jika cara ini di lakukan di tahap awal, maka ambeien bisa sembuh secara alami.

11. Menggunakan Lidah Buaya
Gel lidah buaya biasanya di gunakan untuk mencegah peradangan dan infeksi pada bagian ambeien. Serta cara ini dapat membantu ambeien tidak semakin parah. Penggunaannya pun sangat mudah yaitu tinggal mengolesi gel lidah buaya ke bagian ambeien lalu bilas dengan air hangat secara perlahan dan tidak terlalu keras menekan pada bagian yang terkena ambeien.

12. Gunakan Obat Dulcolax, Doc ,Colace dan Correctol
Dulcolax, doc, colace dan correctol merupakan salah satu obat yang dapat melunakkan faces sehingga mengurangi ketegangan di area sekitar anus. Dosis bagi ibu hamil untuk menggunakan obat – obat tersebut sesuai dengan anjuran dokter antara 50 mg sampai 250 mg. Untuk penentuan dosis hanya bisa di lakukan oleh dokter serta pembelian obat tidak bisa di beli secara bebas. Terkadang dokter akan memberikan obat rektal sebesar 5 ml sekali waktu saja.

13. Gunakan Salep Lidocaine
Selanjutnya obat dokter yang bisa di gunakan adalah salep Lidocaine, sebab salep ini berguna untuk mengurangi rasa sakit akibat ambeien. Namun obat ini hanya bisa mengatasi rasa sakit di bagian ambein saja, sehingga ibu penderita ambeien tidak merasakan sakit secara berlebihan di bagian tersebut.

Nah, itulah diatas beberapa tips dalam mengatasi ambeien bagi ibu hamil. Pilihlah perawatan yang tepat sesuai kondisi ambeien dan tentunya dengan resep dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here