Ibu Hamil Jangan Dibiasakan Tidur Pagi Hari, Jika Tidak Ingin Mengalami Hal Buruk Ini

0
10

GadoGadoAsin.com – Sebagian wanita yang sedang hamil akan merasakan lemas saat mengalami morning sickness di pagi hari. Hal tersebut biasanya membuat wanita hamil memutuskan tidur untuk mengembalikan staminanya. Namun, tahukah anda, ternyata tidur saat pagi hari sangat tidak disarankan bagi wanita hamil. Karena bisa memicu hal buruk bagi kesehatan.
bahaya ibu hamil tidur dipagi hari
Menurut penelitian, tidur sebelum jam 12 siang bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi calon ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya. Nah, berikut ini adalah macam-macam keluhan yang akan dialami, jika ibu hamil membiasakan tidur di pagi hari.

Bahaya tidur pagi bagi wanita hamil

• Lesu
Bahaya pertama dari tidur pagi adalah lesu dan tidak bertenaga. Semakin lama Anda tidur saat pagi hari, maka semakin lesu pula tubuh Anda. Hal tersebut terjadi karena metabolisme tubuh Anda dirancang untuk tidur saat malam hari, bukan saat pagi hari.

• Sulit Konsentrasi
Selanjutnya, banyak tidur di pagi hari bisa membuat Anda kesulitan dalam hal konsentrasi. Hal tersebut menyebabkan aliran darah ke otak tidak lancar. Sebaiknya, setelah bangun dari tidur malam harinya, Anda bisa berolahraga kecil. Olahraga di pagi hari akan melancarkan aliran darah ke otak sehingga konsentrasi Anda tidak terganggu.

• Sakit Kepala
Anda yang banyak tidur di pagi hari akan memiliki penumpukan cairan serebrospinal. Cairan itu bisa bergerak ke otak dan menumpuk di otak. Hal tersebut akan menyebabkan sakit kepala. Jika sakit kepala ini tidak segera diobati, maka Anda bisa mengalami kebutaan permanen yang tidak bisa disembuhkan.

• Gangguan Pencernaan
Terlalu banyak tidur juga bisa membuat Anda mengalami gangguan pencernaan, seperti terkena sembelit, maag dan gangguan lambung.

• Anemia
Anda yang terlalu sering tidur di pagi hari, akan rentan terkena anemia. Pasalnya, asupan oksigen dan aliran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar. Memang jika Anda hamil tidak boleh kecapekan, namun tidak banyak melakukan aktivitas juga bisa membuat produksi sel darah merah Anda menjadi terganggu, sehingga jumlah sel darah merah menjadi sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan aktivitas, seperti jalan-jalan pagi dan aktivitas fisik ringan lainnya.

• Insomnia Akut
Jika Anda terlalu banyak tidur pagi, maka Anda bisa terkena insomnia akut. Insomnia akut akan menyebabkan Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Memiliki waktu tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan Anda dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

• Gangguan Metabolisme
Bahaya selanjutnya adalah gangguan metabolisme. Efek dari gangguan ini adalah Anda merasakan lapar dalam jangka waktu yang lama, sehingga membuat Anda banyak makan. Oleh karena itu, Anda akan mengalami peningkatan berat badan tubuh yang signifikan.

• Sel Darah Putih Meningkat
Bahaya tidur pagi hari selanjutnya adalah produksi sel darah putih akan meningkat. Produksi sel darah putih yang banyak ini terjadi karena metabolisme dalam tubuh Anda tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga Anda dan janin yang ada di kandungan akan rentan terkena kanker darah.

• Cairan Ketuban Banyak
Terlalu banyak tidur di pagi hari juga membuat penumpukan cairan ketuban di dalam rahim. Memiliki cairan ketuban yang banyak tidak menguntungkan bagi janin yang ada di dalam kandungan. Janin tersebut tidak bisa masuk ke panggul, sehingga proses persalinan normal sulit untuk Anda lakukan karena posisi janin yang berubah-ubah. Volume cairan ketuban akan normal jika Anda banyak bergerak dan beraktivitas.

• Diabetes
Jika Anda terlalu banyak tidur dan sedikit melakukan aktivitas, Anda pun tidak akan memiliki waktu untuk membakar lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh, sehingga terjadilah penumpukan lemak dan kalori di dalam tubuh. Hal tersebut bisa membuat penyerapan gula darah menjadi berkurang dan menyebabkan Anda terkena diabetes. Anda yang telah terkena diabetes pun rentan terkena komplikasi, terutama jika diabetes basah. Pasalnya, Anda akan kesulitan untuk mengeringkan jahitan yang ada di dalam tubuh pasca persalinan.

Nah, itulah diatas 10 bahaya tidur di pagi hari bagi Anda yang sedang hamil. Jika Anda dan janin yang Anda kandung ingin tetap sehat, sebaiknya Anda mulai mengubah pola tidur yang baik dan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here