Inilah Ciri Ciri Keguguran yang Belum Bersih dan Solusi Terbaik untuk Mengatasinya

0
8

Bicara mengenai keguguran, lazimnya kondisi ini dialami bumil atau ibu hamil di usia kehamilan muda (1-4 bulan awal). Namun tak sedikit juga, kejadian keguguran setelah menginjak usia diatas 4 bulan.
ciri ciri keguguran yang belum bersih
Ketika seorang ibu telah didiagnosa mengalami keguguran, maka dokter harus segera melakukan tindakan medis untuk membersihkan rahim. Namun kadang kala, proses pembersihan tersebut belum sempurna (belum bersih), dan tentunya hal tersebut bisa berdampak buruk pada bumil kedepannya.

Nah, terkait hal tersebut, kira-kira adakah tanda tanda yang bisa dirasakan bumil, jika sisa-sisa keguguran yang telah terjadi belum bersih? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Ciri Ciri Keguguran yang Belum Bersih

Terdapat beberapa tanda-tanda yang bisa dirasakan bumil jika sisa kegugurannya belum bersih. Nah berikut ini beberapa diantaranya:
1. Sering Terjadi Pendarahan
ciri ciri keguguran 1 pendarahan
Jika setelah keguguran calon ibu masih sering mengalami pendarahan maka dapat dipastikan jika embrio dalam rahim belum benar benar luruh. Darah yang keluar umumnya mirip dengan darah keguguran itu sendiri. Biasanya berwarna coklat kemerahan dengan jumlah yang cukup banyak dan disertai gumpalan gumpalan darah.

2. Kontraksi Bagian Perut dan Pinggang
ciri ciri keguguran 2 kontraksi perut dan pinggang
Bersamaan dengan terjadinya pendarahan, wanita biasanya akan merasakan nyeri hebat di bagian perut dan pinggang. Kontraksi tersebut disebabkan karena rahim hendah meluruhkan sisa – sisa janin yang masih menempel di dinding rahim. Nyeri ini biasa disertai dengan badan yang merasa panas dingin, menggigil bahkan hingga pingsan.

3. Merasa Pusing
ciri ciri keguguran 3 merasa pusing
Seseorang yang kekurangan darah dalam tubuhnya tentunya akan merasa pusing. Begitu pula dengan keguguran yang belum bersih. Karena darah masih terus keluar dengan jumlah yang tidak sedikit, pasti wanita yang belum bersih rahimnya akan mudah pusing.

4. Mual dan Muntah
ciri ciri keguguran 4 mual dan muntah
Bukan hanya ketika hamil muda, wanita yang belum rahimnya belum bersih dari keguguran juga sering merasa mual dan muntah. Hal ini karena kondisi rahim yang terus berkontraksi sehingga membuat tubuh lemas dan mengacaukan sistem pencernaan. Ditambah jika wanita tersebut stress karena keguguran, biasanya akan kehilangan selera makan dan terus merasa mual serta muntah berlebihan.

5. Mentruasi tidak teratur
ciri ciri keguguran 5 menstruasi tidak teratur
Ciri lain dari keguguran yang belum bersih selanjutnya yaitu kacaunya siklus menstruasi. Hal ini karena rahim masih menyimpan janin yang belum luruh sehingga darah mentsruasi tidak dapat keluar. Biasanya, wanita yang mengalami keguguran membutuhkan waktu lama untuk mentruasi kembali.

Cara Mengatasi Keguguran yang Belum Bersih

Pada dasarnya, sisa jaringan janin dalam rahim harus dikeluarkan sampai bersih karena dapat menyebabkan infeksi jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Pengeluaran sisa jaringan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan obat dan cara mekanik. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut :

1. Konsumsi Obat
Obat obatan yang digunakan biasanya mengandung misoprostol (diantaranya jenis cytotec). Penggunaannyapun harus dengan resep dokter. Biasanya dimulai denan pemberian dosis permulaan sebesar 400mcg (2 tablet), dan dilanjutkan dengan penambahan dosis tertentu. Misoprostol dpat memicu kontraksi rahim sehingga sisa jaringan janin dapat terlepas dan luruh. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, biasanya dilihat dari hasil USG apakah masih terdapat jaringan sisa dalam rahim. Jika dalam 3-7 hari tidak terjadi kontraksi rahim dan pengeluaran jaringan rahim, sebaiknya anda berkonsultasi dengn dokter.

2. Tindakan Mekanik
– Kuret, tindakan yang sering dianggap menyramkan karena cara ini menggunakan alat keruk (sendok kuret) yang dimaksukkan ke jalan lahir hingga menuju rahim untuk memaksa jaringan janin luruh. Biasanya tindakan ini dilakukan saat penggunaan obat tetap tidak bisa meluruhkan janin. Selain itu, pada kasus wanita yang terus mengalami pendarahan hebat juga sering dilakukan kuret agar nyawanya tidak terancam akibat mengeluarkan banyak darah.

– AVM (Aspirasi Vakum Manual), cara ini sebenarnya sama dengan kuret, yakni memasukkan alat kedalam rahim melalui vagina. Namun alat yang digunakan bukanlah sendok kuret dan tidak dikeruk melainkan di sedot / dihisap dengan alat vakum.

– Kedua cara ini tidak dapat dipilih sendiri oleh pasien. Biasanya dokter yang merekomendasikannya dengan melihat berbagai pertimbangan diantaranya usia kehamilan dan juga pembukaan leher rahim ketika keguguran.

Nah, itulah tadi ulasan lengkap mengenai ciri ciri keguguran yang belum bersih dan cara mengatasinya. Jika anda mengalami keguguran, hal paling penting adalah segera periksakan diri ke dokter agar dokter dapat melakukan tindakan tepat dan terbaik bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here