Ketahui Beragam Aktivitas Berbahaya yang Bisa Menyebabkan Ibu Hamil Keguguran

0
21

Seorang ibu pasti menginginkan apapun yang terbaik bagi anaknya. Untuk itu, tak jarang karena hal tersebut, para ibu hamil mempercayai mitos-mitos tentang kehamilan yang banyak diyakini masyarakat. Padahal nyatanya, semua mitos tersebut belum tentu benar, dan bahkan tidak sesuai dengan fakta/penelitian ilmiah.

Nah, bicara mengenai ibu hamil, tahukah anda bila ada beberapa hal yang berbahaya dan bisa memicu keguguran? Ingin tahu apa saja hal-hal yang dimaksud? Berikut penjelasan lengkapnya.

Aktivitas Berbahaya Bagi Ibu Hamil

1. Merokok dan Menghirup Asap Rokok
merokok saat hamil
Seperti yang diketahui, rokok terbukti mengandung berbagai zat berbahaya tidak hanya bagi ibu hamil tapi untuk orang pada umumnya. Kandungan nikotin didalamnya, dapat masuk dalam paru baru dan diserap kedalam darah. Hal tersebut dapat menyebabkan air ketuban pecah terlalu dini hingga keguguran. Lebih dari itu, jika ibu hamil tetap merokok maka janin yang akan dikandungnya memiliki resiko tinggi terkena meningitis.

2. Diet
diet saat hamil
Perempuan memang rawan dengan yang namanya kegendutan. Biasanya mereka akan segera melakukan diet agar tubuhnya kembali langsing. Namun untuk anda yang sedang hamil, diet adalah hal yang dilarang. Diet akan menyebabkan anda membatasi makanan yang masuk ke tubuh. Hal ini tentunya berakibat buruk bagi janin karena dapat menyebabkan kekurangan gizi, mineral, dan nutrisi. Hal ini dapat menyebabkan janin menjadi lemah dan rentan keguguran.

3. Mengecat Rambut
mengecat rambut saat hamil
Cat rambut (semir) mengandung berbagai zat kimia yang akan terserap kedalam tubuh melalui kulit kepala. Dan jika cat kepala tersebut terserap oleh plasenta, kondisi janin juga akan terancam. Apalagi jika kehamilan masih berada di trisemester pertama (1-3 bulan). Kondisi janin dapat melemah karena zat kimia dan menyebabkan keguguran.

4. Olahraga Berat
olahraga berat saat hamil
Beberapa dari jenis olahraga yang tdiakk dianjurkan untuk dilakkan ibu hamil adalah bola basket, tenis, sepak bola, voli, berkuda, angkat beban dan masih banyak lainnya. Aktivitas ini beresiko besar membuat ibu kelelahan dan menyebabkan keguguran. Apalagai jika janin masih muda dan kendungan belum kuat. Namun tidak melakukan olahraga juga tidak baik bagi kehamilan. Sebaiknya, ibu hamil melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, yoga, dan berenang dalam skala ringan.

5. Menggunakan High Hells Terlalu Lama
high heel saat hamil
Memakai sepatu hak tinggi memang sering dilakukan wanita untuk menambah tingga badan atau menunjang kepercayaan diri. Namun jika anda sedang hamil, hindari menggunakan high hells lebih dari 2 jam. Sepatu ini membuat tubuh ibu tidak stabil dan sleuruh berat tubuh terbebankan kepada jari kaki. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan rentan untuk jatuh. Kondisi ini tentu berbahaya bagi janin karena meningkatkan resiko keguguran.

6. Terlalu Banyak Membungkuk
terlalu banyak membungkuk saat hamil
Apabila ibu hamil terlalu sering membungkuk, janin akan sering tertekan ke dalam perut. Hal ini dapat menyebabkan janin tidak merasa nyaman dan juga kekurangan oksigen. Sikap ini juga akan membuat ibu hamil merasakan nyeri dibagian punggung dan panggul. Selain terlalu banyak membungkuk, duduk terlalu lama dan menekuk juga menyebabkan janin tidak nyaman sehingga menyebabkan keguguran. Sebgaiknya ibu hamil sering duduk tegak, tidur, dan berjalan jalan.

7. Menyelam
menyelam saat hamil
Menyelam dengan jangka waktu yang lama (lebih dari 15 menit) dapat menyebabkan sirkulasi udara dalam tubuh menjadi kacau. Dan ibu hamil yang tetap melakukan aktifitas menyelam, membuat janin terkena resiko kekurangan oksigen bagi bayi. Hal tersebut dapat berkibat kematian janin dan keguguran.

8. Operasi Kecantikan
operasi kecantikan
Sebenarnya, bukan hanya operasi kecantikan yang tidak boleh. Segala jenis bentuk operas (kecuali operasi sesar) tidak dianjurkan dilakukan saat sedan mengandung kecuali dalam keadaan mendesak. Mengapa begitu ? tindakan operasi pasti menggunakan obat obatan yang dimasukkan kedalam tubuh. Denan begitu janin sedikit banyak pasti turut merasakan efek samping dari obat obatan tersebut. Apalagi operasi kecantikan, tidak hanya obat obatan yang di masukkan dalam tubuh namun juga bahan bahan kosmetik lain yang mungkin dapat membahayakan janin. Dan apabila janin tidak kuat, dapat menyebabkan keguguran.

Nah itulah tadi beberapa aktivitas yang bisa menyebabkan ibu hamil keguguran. Aktivitas – aktivitas diatas tentunya wajib dihindari demi kebaikan bumil maupun bayi yang dikandungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here