Ketahui Penyebab Terjadinya Bayi Sungsang dan Tips Pencegahannya

0
8

GadoGadoAsin.com – Perlu diketahui, bayi sungsang adalah kondisi yang lazim dialami oleh setiap ibu hamil. Kejadian semacam ini biasa terjadi ketika sudah mendekati masa kelahiran. Meskipun merupakan hal wajar, namun juga harus diperhatikan secara serius, karena kondisi bayi sungsang ini bisa memicu kelahiran abnormal, hingga harus ditangani dengan operasi Caesar.
penyebab terjadinya bayi sungsang

Penyebab bayi sungsang secara umum

• Ibu dengan bentuk rahim kurang sempurna
Bentuk rahim tidak sempurna bisa menjadi faktor utama penyebab bayi sungsang. Kasus ini ini biasa terjadi pada mereka yang memiliki pinggul sempit, riwayat cedera, trauma hingga riwayat kecelakaan yang pernah dialami ibu.

• Faktor usia
Faktor usia ibu hamil juga mempengaruhi terjadinya posisi bayi sungsang. Semakin tua usia si ibu maka potensi terjadinya bayi sungsang pun akan semakin besar. Namun bukan berarti hamil usia muda aman dari resiko bayi sungsang. Hamil usia muda justru memiliki resiko besar terhadap terjadinya posisi bayi sungsang dan masalah kehamilan lainnya, hal ini disebabkan karena keadaan rahim sang ibu yang belum siap.

• Pecah ketuban dini
Pecah ketuban dini hingga bayi berada pada posisi sungsang. Volume air ketuban juga berpengaruh pada keadaan janin di dalam rahim. Jika air ketuban yang dimilki ibu sedikit maka bayi akan merasa lebih sulit bergerak namun jika terlalu banyak akan membuat bayi banyak bergerak dan menyebabkan ia berada pada posisi sungsang.

• Bayi memilki ukuran tali pusat yang pendek
Tali pusat pendek beresiko membuat bayi sulit untuk bergerak kearah panggul. Kondisi semacam ini dapat membuat bayi terlahir secara preamtur. Selain memiliki tali pusat pendek kondisi plasenta yang berada pada menyebabkan bayi berputar aktif di dalam perut. Keadaan ini akan membuat bayi semakin gelisah dan bergerak tak terarah posisi tidak tepat juga meningkatkan resiko posisi bayi sungsang.

• Ibu terlalu banyak duduk hingga kondisi psikolog tidak stabil (sters)
Terlalu banyak duduk rupanya dapat membuat bayi berada pada posisi sungsang. Jenis kursi berbahan kayu tanpa sofa bisa jadi penyebab utama kondisi ini. Duduk dengan kursi tanpa sofa dapat mendorong bayi untuk mencari posisi nyaman menurut versinya sendiri hingga membuatnya bergerak ke posisi panggul dengan posisi sungsang.

Selain terlalu banyak duduk, stress juga dapat menjadi pemicu bayi berada pada posisi sungsang. Saat ibu sedang mengalami tekanan pikiran, maka akan terjadi perubahan hormon yang dapat mengganggu posisi janin di dalam rahim. Hal ini akan membuat bayi mencari tempat nyaman hingga terkadang ia akan bergerak ke dalam jalan keluar rahim dengan posisi sungsang.

Resiko bayi dengan posisi sungsang

Bayi dengan kondisi sungsang umunya harus dilahirkan dengan operasi Caesar. Meski tak semua benar namun ada beberapa resiko yang harus dialami ibu dan bayi saat proses persalinan dengan kondisi bayi sungsang. Berikut beberapa resiko yamg dialami bayi dengan posisi sungsang

  • Bayi sungsang beresiko terlahir cacat dan mengalami komplikasi saat diahirkan.
  • Bayi yang terlahir sungsang memilki resiko kekurangan berat badan lantaran kekurangan nutrisi saat di dalam rahim.
  • Jika dilahirkan secara normal, bayi sungsang beresiko mengalami luka yang tidak dapat diantisipasi sebelumnya.
  • Bayi sungsang akibat tali pusat pendek hingga terjadi komplikasi menjelang kelahiran memilki harapan hidup kecil.

Tips mencegah bayi sungsang

Bayi sungsang sebenarnya dapat diatasi, Anda bahkan dapat mengusahakan agar posisi bayi tetap stabil dan dapat berubah posisi dengan baik hingga hari kelahiran tiba. Dan berikut adalah beberapa tips untuk mencegah bayi sungsang yang dapat Anda gunakan sebagai refrensi.

• Teknik Hypnobirthing
Hypnobirthing adalah teknik pemberian sugesti positif pada diri seorang ibu hamil. Teknik ini dapat digunakan untuk merubah posisi bayi sungsang di dalam perut. Cara ini biasanya dilakukan dengan cara mengajak bicara janin untuk berubah kembali pada posisi yang sebenarnya. Hypnobrithing juga dapat dilakukan dengan cara mendengarkan music klasik untuk membuat bayi terasa rileks dan mendorongnya berubah posisi.

• Berenang dan yoga
Renang merupakan olahraga yang baik untuk ibu hamil terlebih pada ibu yang memiliki posisi bayi sungsang. Selain itu, berenang dapat memperkuat sistem peranfasan dan otot ibu saat akan menjalani persalinan. Selain berenang, olahraga yoga juga dapat mencegah posisi bayi sungsang. Yoga untuk ibu hamil sangatb berguna untuk melatih pernafasan, kekuatan otot serta menenangkan pikiran.

• Rajin mengkonsumsi makanan dan minuman manis
Glokusa yang terdapat di dalam makanan dan minuman manis dapat memberi sumber energi di dalam tubuh yang berperan untuk membuat janin bergerak lebih aktif di dalam rahim. Hal ini diharapakan dapat membuat posisi bayi berubah ke posisi semula. Pilih jenis makanan atau minuman manis yang mengandung pemanis alami untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah informasi terkait penyebab bayi sunsang dan tips pencegahan yang tepat. Semoga bisa menjadi referensi yang berguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here