Lakukan Hal Berikut Ini Agar Ibu Hamil Tidur Nyenyak Sepanjang Hari

0
14

GadoGadoAsin.com – Hamil adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu bagi seorang wanita. Meskipun demikian, hamil tidak selalu berjalan dengan lancar dan nyaman. Terkadang wanita hamil harus mengalami berbagai masalah yang berkaitan dengan kehamilan, salah satunya adalah susah tidur saat malam hari. Ya, hal ini memang umum terjadi, bahkan berdasarkan survei National Sleep Foundation, ditemukan fakta jika 78 persen wanita hamil pada trimester ketiga akan mengalami hal tersebut.
supaya ibu hamil tidur nyenyak

Penyebab susah tidur saat hamil

Berikut ini adalah beberapa penyebab, kenapa seseorang mengalami keluhan susah tidur saat hamil:

  • Kelelahan
  • Kram kaki
  • Sering buang air kecil
  • Perubahan hormonal kehamilan
  • Heartburn
  • Metabolisme naik yang membuat tubuh bekerja ekstra keras
  • Tidak nyaman karena janin yang bertambah besar
  • Kecemasan sebelum melahirkan

Susah tidur pada wanita hamil akan menyebabkan badan terasa mudah lelah, mengantuk, tidak bugar, dan tekanan darah menjadi tinggi. Untuk itu, para bumil harus tahu bagaimana solusi dalam mengatasi masalah ini.

Tips tidur nyenyak saat hamil

Berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa anda terapkan agar bisa tidur yang nyenyak selama kehamilan.

• Latihan Menarik Napas
Latihan tarikan nafas juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Pasalnya, latihan menarik nafas selama beberapa waktu sangat bagus untuk mengurangi semua ketegangan otot dan membuat Anda lebih tenang saat tidur di malam hari.

• Mandi Dengan Air Hangat
Sebelum tidur, cobalah mandi dengan air hangat (jangan yang terlalu panas) dan gunakanlah sabun yang dapat menimbulkan efek rileks. Hal tersebut bisa membuat Anda rileks dan mengendurkan otot-otot yang tegang.

• Hindari Tidur Siang
Sebaiknya, hindari tidur siang jika Anda tidak benar-benar lelah. Hal tersebut akan membuat Anda kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari.

• Hindari Makan Berlebih Sebelum Tidur
Hindari makan terlalu banyak dan terlalu kenyang ketika Anda akan tidur. Hal ini akan menyebabkan kekenyangan dan perut terasa tidak nyaman untuk dibawa tidur. Jika Anda merasa lapar sebelum tidur, gantilah makanan Anda dengan porsi yang lebih kecil seperti snack.

• Minum Segelas Susu Hangat
Minum segelas susu hangat bisa juga Anda lakukan ketika menghadapi sulit tidur di malam hari. Anda harus mengetahui susu mana yang baik bagi kehamilan Anda. Pastikan, susu yang akan Anda minum mengandung asam amino tryptophan. Susu yang mengandung asam amino tryptophan meningkatkan kadar serotonin dalam otak Anda, sehingga akan membantu Anda untuk dapat tidur nyenyak.

• Kurangi Asupan Cairan Beberapa Jam Sebelum Tidur
Mengurangi jumlah air yang diminum menjelang tidur malam akan membantu Anda mengurangi frekuensi ke kamar kecil, sehingga tidak mengganggu waktu tidur Anda.

• Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi
Jika Anda ingin tidur nyenyak di malam hari, hindari junk food atau makanan cepat saji, makanan yang digoreng, serta makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam di siang maupun sore hari. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti dan makanan yang mengandung protein agar membantu Anda untuk tidur dengan nyenyak dan terhindar dari sakit kepala atau mimpi buruk saat malam hari. Selain itu, mengkonsumsi banyak buah atau biskuit juga bisa menghilangkan rasa mulas di malam hari.

• Carilah Posisi Tidur Yang Nyaman
Biasanya, wanita hamil susah mencari posisi tidur yang nyaman. Oleh karena itu, Anda harus pintar mencari posisi tidur mana yang membuat Anda. Posisi tidur terbaik yang dianjurkan untuk wanita hamil, yaitu posisi tidur miring ke sisi kiri. Hal ini akan membantu mengoptimalkan aliran darah, oksigen dan nutrisi ke plasenta dengan lebih baik. Selain itu, menempatkan posisi kepala lebih tinggi juga disarankan. Hal tersebut bertujuan agar cairan lambung tidak mengalir kembali ke kerongkongan.

• Hindari Stress
Anda harus mengatasi rasa stress karena stress bisa membuat Anda susah tidur. Anda tetap harus dalam kondisi tenang selagi mencari solusi bagi masalah yang sedang Anda alami. Ada banyak cara untuk mengurangi stress, seperti melakukan meditasi, berbicara dengan keluarga atau sahabat dan melakukan hal-hal yang disukai.
Demikian tadi, ulasan yang bisa kami share mengenai tips tidur nyenyak untuk wanita hamil. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here