Mengalami Stretch Mark saat Hamil? Jangan Panik, Lakukan Tips Mudah Ini untuk Mengatasinya

0
72

GadoGadoAsin.com – Garis halus atau yang sering kita sebut stretch mark bisa terjadi ketika hamil dan saat usai melahirkan. Garis halus yang identik berwarna merah kecoklatan ini biasanya timbul di paha, bokong, pinggang, dan sekitaran perut.
stretch mark saat hamil
Stretch mark memang kerap terjadi pada wanita hamil atau usai melahirkan dikarenakan pada saat itu wanita mengalami perubahan bentuk tubuh termasuk bagian kulit. Pada saat hamil kulit mengencang dan akan kempis ketika usai melahirkan. Selain itu perubahan hormon juga dapat memunculkan garis berwarna khas ini.

Stretch mark biasanya akan tampak saat usia kandungan memasuki 4-5 bulan. Stretch mark sendri tidak akan berdampak bagi kesehatan, hanya saja akan membuat tampilan perut menjadi tidak menarik.

Cara Tepat Atasi Strecth Mark

Dengan adanya stretch mark tentu membuat ibu tidak pd walaupun ini terjadi pada bagian yang jarang terlihat. Nah, untuk itu kami share cara tepat untuk mengatasi stretch mark dan tentunya secara alami. Penasaran?
• Lemon
lemon
Tak usah diragukan lagi khasiat buah yang satu ini. Selain bagus dijadikan masker wajah, buah yang satu ini juga berfungsi untuk menghilangkan stretch mark. Lemon sangat baik bekerja dalam pengelupasan kulit-kulit mati sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara mengatasi stretch mark dengan buah ini adalah buat buah lemon menjadi jus, lalu oleskan ke bagian kulit stretch mark para, diamkan selama 15 menit lalu cuci bersih. Lakukan 3-5 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

• Lidah Buaya
lidah buaya
Tanaman yang satu ini mempunyai manfaat untuk melembabkan kulit. Yang harus kita ketahui adalah bahwa stretch mark muncul karena kurangnya kelembapan kulit dimana kulit yang meregang sulit untuk kembali seperti semula.

Caranya adalah dengan mengoles daging lidah buaya ke bagian stretch mark. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

• Minyak Zaitun
minyak zaitun
Banyak sekali manfaat dari minyak zaitun salah satunya adalah meregenerasi kulit karena minyak zaitun banyak mengandung vitamin E dan karena itu dapat membuat stretch mark menjadi pudar dan menghilang.

• Wortel
wortel
Blender wortel secukupnya dan setelah halus tempelkan ke bagian tubuh yang terkena stretch mark sebagai masker.

• Cocoa Butter
cocoa butter
Cara lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasai stretch mark saat hamil ialah menggunakan krim tubuh yang mengandung cocoa butter.

Kandungan moisturizar tinggi yang terkandung dalam cocoa butter dapat membuat kulit tetap kenyal dan menjaga kelembapan kulit selama masa kehamilan. Lakukan pijat lembut memutar di area kulit yang sedang mengalami stretch mark.

• Konsumsi Air
air bening
Air sangat penting bagi asupan tubuh kita untuk itu jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih secara cukup.

• Naikkan Berat Badan
menaikan berat badan
Bagi ibu yang ingin mengatasi strecth mark dapat menaikkan berat badan secara perlahan namun tetap. Hal ini dikarenakan agar kulit ibu tidak meregang terlalu cepat.

• Pola Makan yang Sehat
pola makan sehat
Selama mendapati stretch mark ibu harus memakan buah, sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan perawatan kulit.

• Putih Telur
putih telur
Putih telur adalah sumber protein alami yang dapat membantu dalam regenerasi kulit. Putih telur memang banyak tidak diseukai karena berbau anyir dan lengket. Tapi putih telur memiliki manfaat luar biasa untuk mengatasi stretch mark yaitu dengan membuat masker putih telur. Caranya putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya dioleskan ke bagian kulit yang bermasalah lalu biarkan sampai kering. Setelah kering dapat ibu bilas menggunakan air hangat.

• Madu dan Garam
madu dan garam
Madu dan garam sangat mudah kita jumpai. Ibu dapat membuat masker dari kedua bahan ini. Ibu tinggal masukkan beberapa sendok madu kedalam mangkok kecil dan tambahkan 1 sendok kecil garam kasar aduk hingga menjadi pasta dan oleskan ke bagian stretch mark.

Langkah Mencegah Agar Tidak Terjadi Stretch Mark

Bagi ibu kini yang tengah hamil dan takut apabila penampilannya menjadi terganggu dengan stretch mark. Dibawah ini kami coba sajikan beberapa cara agar tidak terjadi stretch mark.

• Kulit Tubuh Harus Tetap Lembab
Untuk menjaga kelembapan kulit ibu-ibu dapat menggunakan lotion atau minyak zaitun. Alternatif lainnya ibu juga dapat menggunakan krim khusus untuk stretch mark yang telah dijual di pasaran.

• Perhatikan Elastisitas Kulit Tubuh
Caranya dengan banyak makan-makanan buah dan sayur yang mengandung vitamin E dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup.

• Hindari Menggaruk Perut
Apabila selama kehamilan ibu sering menggaruk perut, maka hentikan! Luka bekas garukan pada perut ibu akan menyebabkan terjadinya stretch mark dan cenderung susah dihilangkan.

Itulah diatas cara ampuh dalam mengatasi stretch mark. Silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat

Ajukan Pertanyaan