Mengapa Ibu Hamil Sering Kentut dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

0
12

GadoGadoAsin.com – Memang ada – ada saja kebiasaan – kebiasaan aneh yang sering dialami oleh wanita hamil. Dan salah satunya yang dialami adalah kentut dengan frekuensi yang cukup sering. Nah, tahukah anda kenapa hal tersebut terjadi? Bagaimana solusinya?
ibu hamil sering kentut
Sebagaimana yang kita ketahui, kentut merupakan sebuah proses yang terjadi di dalam tubuh manusia dimana tubuh akan mengeluarkan gas. Fenomena ini terjadi karena adanya fermentasi pada proses pencernaan yang mana memproduksi panas dan hasilnya adalah berupa gas busuk. Maka tidak heran, saat kentut akan terasa sangat bau.
Kentut pada ibu hamil

Setiap orang pasti akan mengalami kentut. Namun intensitasnya berbeda – beda. Pada wanita hamil, intensitas kentut semakin meningkat. Mengapa? Faktor penyebab utamanya adalah, perut sering mengalami kembung. Selain itu, ada beberapa faktor penyebab yang lainnya. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini.
a. Ukuran bayi yang semakin besar
Penyebab pertamanya adalah ukuran bayi yang semakin hari semakin membesar. Ketika ukuran bayi membesar, akan membuat perut terasa penuh dan kembung. Sehingga, kondisi seperti ini akan membuat perut calon ibu menjadi begah dan memicu kentut.

b. Faktor asupan makanan
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pada masa kehamilan, calon ibu harus benar – benar dituntut untuk mengonsumsi berbagai macam makanan dan minuman yang mengandung banyak asupan gizi dan nutrisi misalnya saja susu, buah, dan sayuran. Berbagai makanan tersebut mengandung enzim yang berguna untuk mencerna enzim simpleks. Hal ini akan menyebabkan usus kecil tidak akan bisa menyerap gula dan kemudian akan berjalan menuju organ usus besar.

Sementara itu, di dalam usus besar terdapat sebuah bakteri yang bisa.mencerna gula simpleks yang akan diubah menjadi hidrogen dan metana. Kedua senyawa tersebut akan mendorong gas untuk secara cepat keluar yang keluar melalui sendawa dan kentut.

c. Udara yang ikutan masuk pada saat makan
Pada saat makan, tentu saja kita semua akan membuka lebar mulut untuk memasukan makanan yang akan dikonsumsi. Namun, taukahanda proses memasukan makanan ini bisa meningkatkan intensitas kentut pada wanita hamil? Udara yang bercampur dengan makanan akan masuk ke dalam tubuh dan akan terperangkap. Jika sudah menumpuk maka akan memicu tubuh untuk mengeluarkan gas

Tips mengatasi kentut pada wanita hamil

Memang kentut menandakan tubuh sehat. Namun jika frekuensinya terlalu sering, tentu cukup mengganggu bukan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasinya.

a. Perhatikan jenis makanan yang anda konsumsi
Pastilah saat hamil sering kali menginginkan makanan ini itu. Hal tersebut tidak menjadi masalah asalkan makanan yang dikonsumsi merupakan jenis makanan sehat.

Namun demi untuk menghindari intensitas buang gas, maka anda harus memperhatikan dengan teliti jenis makanan yang akan anda konsumsi. Hindarilah jenis makanan yang berupa tape, lobak, ubi,danbrokoli. Berbagai makanan yang disebutkan tersebut akan membuat intensitas kentut meningkat dan juga sangat bau. Namun makanan tersebut tidak membahayakan bagi kesehatan janin. Anda bisa mengonsumsinya asalkan yang terlalu berlebihan ya.

b. Atur pola makan anda
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa terkadang nafsu makan ibu hamil sering mengalami peningkatan. Terkadang ibu hamil perlu makan 1 jam sekali. Jika tidak maka akan merasa sangat lapar dan ada juga yang sampai gemetaran.

Meskipun demikian, ketika sedang dalam kondisi hamil, l sangat dianjurkan untuk tetap menjaga dan memperhatikan pola makan. Jangan makan dengan porsi yang terlalu besar dan hindarilah jenis makanan yang sulit untuk dicerna.

c. Olahraga secara teratur
Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat dianjurkan untuk dilakukan karena sangat penting bagi kesehatan. Wanita hamil juga perlu melakukan olahraga juga agar selalu sehat. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, dan sebagainya.

Selain itu, olahraga juga bisa.membantu wanita hamil.untuk menurunkan rasa begah pada perut. Dengan begitu, anda tidak akan mudah kentut selama masa.kehamilan

Nah itu dia beragam penyebab dan tips untuk mengurangi intensitas kentut pada wanita hamil. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here