Penting, Hindari Tidur Terlentang saat Hamil. Ini Bahayanya!!!

0
9

Tahukan bunda bahwa selain makanan, posisi tidur yang salah juga bisa membahayakan kesehatan calon ibu dan janin? Lantas, kira-kira seperti apa posisi tidur yang salah tersebut?

Iya, yang dimaksud posisi tidur berbahaya di sini adalah posisi tidur terlentang. Sehingga, para wanita hamil dilarang untuk tidur dengan posisi terlentang ini, terlebih saat usia kandungannya sudah membesar.
Bahaya tidur telentang bagi ibu hamil
bahaya tidur terlentang saat hamil
Ketika sedang hamil, pasti tidak akan merasa nyaman dengan berbagai macam posisi tidur. Apalagi jika perut semakin membesar. Namun ternyata seorang wanita yang sedang hamil tidak boleh mengambil posisi tidur yang sembarangan loh. Ada beberapa posisi tidak boleh dilakukan oleh wanita hamil dimana salah satunya adalah posisi tidur terlentang.
Tidur telentang pada wanita hamil sangat berbahaya karena akan menimbulkan berbagai macam gangguan pada kehamilan. Nah, diantara bahaya yang dimaksud, adalah:
• Mempengaruhi aliran darah yang menuju plasenta
Bahaya pertama yang bisa ditimbulkan karena tidur terlentang adalah bisa membuat aliran darah ke plasenta menjadi lebih kecil dan tidak lancar.

Hal ini bisa terjadi karena ukuran rahim yang semakin membesar dapat menimbulkan beban yang bisa menghambat sirkulasi darah menuju jantung. Dengan adanya hambatan tersebut akan menyebabkan jantung mengalami kesulitan dalam memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Sehingga aliran darah ke plasenta menjadi kecil.

• Menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi dan gizi
Bahaya kedua yang timbulkan akibat dari tidur telentang pada ibu hamil adalah menganggupenyerapan asupan nutrisi dan gizi. Padahal, pada saat masa kehamilan sangat penting sekali untuk menambah asupan nutrisi dan gizi demi kesehatan ibu dan janin.

Kondisi kekurangan nutrisi dan gizi ini terjadi karena terhambatnya aliran darah yang berperan untuk membawa nutrisi dan gizi ke janin. Ketika anda tidur terlentang, janin tidak akan bisa menyerap nutrisi dan gizi.

• Nyeri punggung
Bahaya ketiga adalah terjadinya nyeri pada bagian punggung. Tidur terlentang pada masa kehamilan akan memberikan tekanan yang berlebihan calon ibu. Hal ini biasanya akan terjadi apabila sudah memasuki trisemester ke 2 & 3. Oleh karena itu, tidur terlentang tidak direkomendasikan sama sekali

• Pusing
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa tidur terlentang bisa menghambat sirkulasi darah, maka bisa jadi sakit kepala juga bisa disebabkan karena hal ini. Selain itu, juga akan menyebabkan pasokan oksigen ke otak berkurang sehingga membuat anda ketika bangun akan terasa pusing dan gak karuan

• Berkurangnya pasokan oksigen ke janin
Selain menghambat asupan nutrisi dan gizi, tidur telentang juga menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen yang menuju ke janin. Kurangnya pasokan oksigen ini berhubungan dengan tidak lancarnya peredaran darah yang disebabkan karena tidur terlentang. Hal ini karena oksigen ini disalurkan bersamaan dengan darah.
Selain itu ada bahaya yang lainnya misalnya saja keluhan wasir, hipotensi, gangguan pencernaan, dan gangguan pernafasan.

Bagaimana posisi yang benar pada wanita hamil?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa posisi tidur mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Lalu, posisi tidur yang bagaimana yang diperbolehkan untuk wanita hamil? Berikut diantaranya:

  • Posisi tidur yang dianjurkan untuk wanita hamil adalah posisi tidur miring ke kiri. Posisi tidur ini akan memperlancar aliran atau sirkulasi darah dan juga melancarkan penyerapan nutrisi dan gizi dari calon ibu ke janin yang ada di rahimnya.
  • Selain itu tidur dengan posisi miring ke kiri juga akan menghindarkan berbagai masalah pada organ penting yang ada di dalam tubuh bayi yang diakibatkan oleh adanya tekanan pada rahim. Beberapa manfaat lainya adalah menghindarkan calon ibu dari pembengkakan yang terjadi selama masa kehamilan dan memperlancar sistem ginjal juga dalam membuang sisa – sisa metabolisme dalam tubuh.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa tidur terlentang sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Jadi sebisa mungkin cari posisi tidur lainnya yang paling nyaman menurut anda, namun yang tidak membahayakan. Karena bagaimanapun, tidur yang cukup, merupakan hal penting bagi ibu hamil, agar janin dan juga ibunya dalam kondisi sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here