Penting!! Ibu Hamil Jauhi Rokok Sekarang Juga, Atau Anda akan Mengalami Hal Buruk Ini

0
17

GadoGadoAsin.com – Pastinya semua sudah tahu, jika merokok adalah kegiatan yang berbahaya bagi kesehatan. Merokok tidak hanya membahayakan kesehatan tubuh si perokok sendiri, melainkan orang disekitarnya juga akan terkena imbasnya. Bahkan perokok pasif dapat terkena dampak berkali–kali lipat dari perokok aktif.

Terkait hal ini, sebenarnya pemerintah tak pernah berhenti dalam memberikan peringatan terkait dampak rokok. Khususnya bagi para ibu hamil. Karena saat menghisap rokok, ada ribuan zat kimia yang akan masuk kedalam tubuh.
pengaruh asap rokok terhadap ibu hamil
Oleh karenanya, penting untuk menghindarkan ibu hamil, dari lingkungan yang banyak terdapat asap rokoknya. Jika memang ada anggota keluarga dirumah yang perokok, maka pastikan untuk mencari tempat dulu, saat akan merokok.

Bahaya Rokok bagi Ibu Hamil dan Janin

Nah, terkait bahaya rokok bagi ibu hamil dan janin, berikut ini beberapa diantaranya.
1. Lahir Prematur
Merokok maupun terkena asap rokok akan mempengaruhi normal bayi. Bayi yang lahir prematur cenderung lebih lemah dan mudah terserang penyakit bahkan dapat berakhir fatal. Bayi yang lahir prematur karena seringnya terkontaminasi dengan asap rokok selama dikandungan akan lebih berisiko mengalami pendarahan otak.

2. Lahir dengan Berat Badan Rendah
Sering terkena paparan asap rokok akan mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan dibawah normal. Racun didalam rokok bisa menghambat aliran darah yang merupakan sumber nutrisi bagi bayi. Kondisi ini juga bisa membuat bayi mengalami masalah kesehatan lainnya seperti gangguan pernapasan, memiliki kadar gula yang rendah, atau terlalu banyak memiliki sel darah.

3. Penyakit Pernapasan
Bayi yang lahir dari ibu perokok pasif dapat mengidap asma dan rentan menderita peradangan saluran pernapasan. Jika bayi telah terkena resiko penyakit ini tentu saja resiko tingkat kematian yang akan terjadi menjadi tinggi.

4. Resiko Terkena Penyakit Kanker
Ibu hamil yang menghirup asap rosok selama mengandung akan memiliki resiko terjangkik penyakit leukimia atau sejenisnya. Nikotin yang terkandung dalam asap rokok yang masuk kedalam tubuh dapat mengaktifkan sel-sel kanker didalamnya.

5. Penyakit Telinga
Sirkulasi yang menuju ke otak menjadi tidak lancar karena disebabkan oleh asap rokok. Hal ini dapat menyebakan bayi terkena resiko penyakit telinga.

6. Lahir dengan Bibir Sumbing
Kita tentu menginginkan bayi yang sehat serta bahagia. Namun bagi ayah yang merokok dapat menyebabkan kelainan pada sperma yang dapat meningkatkan bayi lahir dengan bibir sumbing dan ibu yang sering mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan bahaya ini.

7. Bayi Lahir Mati
Menurut peneliti terdapat hubungan antara merokok pasif dengan lahir mati. Setidaknya terdapat 23 % kemungkinan bayi mengalami kelahiran mati untuk ibu hamil yang menjadi perokok pasif. Jadi seharusnya ibu menghindari rokok dan asap rokok.

8. Cacat Bawaan
Bahaya rokok bagi ibu hamil dan janin selanjutnya yaitu bayi dapat memiliki cacat bawaan pada tengkorak, otot, jantung, dan bagian tubuh lainnya. Selain itu ibu yang sering menghirup asap rokok juga bisa menyebabkan bayi memiliki cacat kaki dan testis. Sungguh mengerikan bukan?

9. Menurunkan Oksigen
Setiap makhluk hidup membutuhkan oksigen. Tidak hanya orang dewasa bahkan janin dalam kandungan pun membutuhkannya. Bila ibu hamil menghirup asap rokok tentu akan mengruangi oksigen yang masuk dikarenakan oksigen yang seharusnya didapat telah berganti dengan racun dari rokok. Kekurangan oksigen bagi bayi akan menyebabkan masalah bagi kesehatan dan perkembangan bayi.

10. Bayi Meninggal Mendadak
SIDS atau sudden infant death syndrome adalah kematian yang terjadi secara tiba-tiba yang mana semasa kehamilan, sang ibu sering terkena paparan asap rokok. Syndrome ini sendiri tidak bisa dijelaskan namun sudah banyak terjadi pada ibu hamil. Meskipun penyebabnya kurang diketahui namun biasanya terjadi selama tidur. Bayi yang terlihat baik-baik saja dapat meninggal secara mendadak saat sedang tertidur.

Tentunya, semakin banyak ibu menghisap asap rokok, maka semakin buruk dampaknya bagi buah hati yang dikandungnya. Jadi, hentikan sekarang juga kebiasaan merokok tersebut, sebelum menyesal di kemudian hari. Semoga informasi diatas bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here