Penting, Kenali Ciri-ciri dan Cara Mengobati Asam Urat pada Ibu Hamil Berikut Ini

0
22

GadoGadoAsin.com – Asam urat merupakan salah satu penyakit yang tidak hanya dapat menyerang orang lanjut usia. Asam urat juga menjadi momok bagi ibu yang tengah mengandung. Sebuah kehamilan dapat menjadi bermasalah jika sang ibu terkena penyakit ini. Nah, terkait hal tersebut sebaiknya ketahui ciri-ciri dan cara mengobati penyakit asam urat ini.
asam urat pada ibu hamil

Ciri-Ciri Asam Urat Pada Ibu Hamil

Terdapat beberapa ciri-ciri asam urat pada ibu hamil yang sebaiknya diketahui. Diantaranya adalah:
1. Munculnya Rasa Kesemutan
Apabila terkena asam urat tanda yang sering tidak disadari adalah munculnya rasa kesemutan dibeberapa bagian tubuh.

2. Membengkanya Persendian
Penyakit asam urat atau gout ini bisa menyebabkan sendi membengkak. Biasanya pembengkakakn terjadi pada bagian lutut, kaki bawah, siku tangan dan beberapa ibu hamil juga sering mengalami pembengakakan pada bagian jempol kaki. Lihat saja keberadaan asam urat pada persendian tubuh yang berubah menjadi kemerahan.

3. Sakit Untuk Berjalan
Ketika mengalami asam urat yang tinggi maka akan mengalami pembengkakan. Pembengkakan yang terjadi menyebabkan rasa sakit untuk berjalan.

4. Kelumpuhan pada Sendi
Ciri-ciri selanjutnya yaitu terjadinya kelumpuhan pada sendi dalam arti kata sendi tidak bisa bergerak dengan bebas.

5. Nyeri Sendi
Asam urat yang terjadi di kaki ibu hamil dapat membuat nyeri sendi muncul pada malam hari. Rasa sakit yang terjadi pada kaki dapat diartikan sebagai perasaan tidak nyaman pada jempol kaki.

6. Perasaan Lelah Berlebihan
Perasaan lelah sangat wajar dirasakan bagi setiap orang termasuk ibu hamil, Namun saat mengalami asam urat sangat tinggi dapat menyebabkan lelah yang berlebihan. Bagian tubuh ibu akan merasakan sakit terutama dibagian tulang dan otot.

7. Sendi Bersisik
Asam urat juga menyebabkan sendi terasa panas dan terkadang disertai dengan jaringan kulit yang bersisik. Saat sendi sudah mengeras maka kadar asam urat harus dikendalikan. Jika tidak gejala akan semakin memburuk dan bisa menyebar ke bagian sendi sekitarnya.

8. Demam
Asam urat yang tinggi dapat merusak sistem kekbalan tubuh ibu hamil dan dapat menyebabkan demam. Terlebih Karena kehamilan pasti ada perubahan hormon dalam tubuh

Sudah tahu kan sekarang apa saja ciri-ciri asam urat saat masa kehamilan? Nah, apakah saat ini anda tengah mengalaminya? Tenang dan jangan khwatir, kami akan membagikan solusi jitu untuk mengatasinya. Silahkan disimak dengan teliti.

7 Cara Mengatasi Asam Urat Saat Hamil

1. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih merupakan komponen yang sangat penting bagi tubuh. Air putih akan menghindarkan tubuh dari penyakit yang mungkin akan timbul akibat kekurangan cairan.

2. Buah-buahan
Cara lain untuk mengatasi asam urat saat ibu hamil yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, tomat dan kiwi.

3. Kentang dan Yoghurt
Kentang dapat mengganttikan nasi karena kentang juga merupakan salah satu karborhidrat. Caranya makan secara mentah. Jika kurang suka dapat direbus terlebih dahulu. Selain itu kentang dan yoghurt juga merupakan makan makanan yang mengandung potassium tinggi yang memiliki khasiat baik untuk menurunkan asam urat tinggi.

4. Daun Salam
Gunakan ekstrak daun salam untuk membuat jamu.

5. Hindari Makanan Cepat Saji
Banyak lemak jenuh yang terdapat pada makanan cepat saji. Jika terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh dapat menyebabkan menurunnya kekuatan tubuh.

6. Jus Sirsak
Sirsak dipercayai ampuh dalam mengatasi asam urat secara alami. Buatlah buah sirsak menjadi jus. Seperti yang kita tahu, pengobatan secara alami sangat aman bagi ibu hamil daripada menggunakan obat medis.

7. Jeruk Nipis
Senyawa asam sitrat yang terkandung didalam buah ini mampu menurunkan asam urat secara alami. Caranya peras air jeruk dan campurkan dengan segalas air dingin. Minum air perasan jeruk ini 2 kali sehari.

Nah, itu dia diatas ulasan panjang lebar yang kami sampaikan terkait ciri-ciri asam urat dan cara mengatasinya. Mulai sekarang pastikan anda selalu memperhatikan kesehatan demi keselamatan anda sendiri maupun janin yang ada dalam kandungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here