Perut Panas Ketika Hamil? Jangan Panik, Ketahui Penyebab dan Solusinya Berikut Ini

0
8

GadoGadoAsin.com – Wanita yang sedang hamil terkadang rentan dengan berbagai penyakit. Dan tak jarang, ibu hamil merasakan panas pada bagian perut. Tak hanya di awal kehamilan, perut panas ini terkadang dirasakan saat usia kandungan sudah di trimester ketiga. Ini tentu membuat Anda bertanya-tanya. Sebenarnya apa penyebab dari keluhan ini, dan bagaimana cara mengatasinya?
perut panas saat hamil

Penyebab Perut Panas Pada Ibu Hamil

Sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang jadi penyebab ibu hamil merasakan panas pada bagian perutnya. Salah satu penyebab utamanya adalah meningkatnya produksi progesteron. Adanya peningkatan hormon ini berpengaruh pada perut. Saat hormon meningkat, otot bagian perut akan jauh lebih lambat sehingga pencernaan jadi kurang lancar.

Peningkatan hormon progesteronini pun memberikan dampak bagi janin dalam kandungan. Hormon ini menyebabkantersedianya banyak ruang pada si janin untuk tumbuh sehingga asam lambung pun naik.Akibatnya, perut pun terasa panas.Nah,di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa panas ini:

Tips Ampuh Mengatasi Perut Panas Pada Ibu Hamil

1. Menjaga Makanan
Jika perut terus-menerus merasa panas, maka Anda perlu memerhatikan pola makan Anda. Untuk mengurangi rasa panas, hindari makanan pedas, berminyak, minuman soda, dan kafein. Sebab, makanan dan minuman tersebut akan memperparah keadaan.Tak hanya itu saja, ada pula buah-buahan yang dilarang antara lain buah jeruk dan tomat. Dengan menjaga asupan makanan Anda, perut panas pun akan segera berkurang.

2. Kurangi Porsi Makan
Saat hamil, ruang di perut sedikit berkurang karena keberadaan si janin. Untuk itu, Anda bisa sedikit mengurangi porsi makan Anda. Selain itu, hindari makan malam terlalu larut karena makan beberapa saat sebelum tidur akan membuat perut terasa panas karena kekenyangan.

Ingat, Anda hanya perlu mengurangi sedikit porsi makan Anda. Jangan makan dengan porsi terlalu sedikit karena si janin pun perlu asupan gizi.Bahkan, dokter menyarankan ibu hamil sebaiknya makan sesering mungkin dengan porsi kecil.

3. Minum Air
Tips ketiga ini relatif mudah. Anda dianjurkan untuk minum air putih apabila mengalami perut panas ketika hamil. Air putih ini mudah didapatkan sehingga Anda tak perlu repot-repot mencarinya.Jika Anda bosan minum air putih, Anda bisa minum milkshake dan yoghurt yang menyehatkan. Minuman bernutrisi pun aman dikonsumsi dan terbukti meringankan perut panas yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Perlu Anda ketahui, minum air terutama air putih sangat penting untuk kesehatan. Bahkan, jika sampai dehidrasi, bisa-bisa memperburuk sakit di perut Anda. Maka dari itu, perbanyak minum air dari sekarang.

4. Berolahraga
Jika perut terasa kram atau panas, Anda sebaiknya berolahraga ringan. Kini ada banyak olahraga khusus untuk ibu hamil seperti senam dan yoga. Olahraga akan memaksa otot perut untuk bergerak sehinga rasa panas atau kram yang diderita bisa sedikit berkurang.

Olahraga yang dimaksud di sini adalah olahraga ringan seperti yoga dan berjalan kaki di taman. Berolahraga tak hanya sekali dua kali. Tapi harus rutin. Ini demi menghasilkan tubuh yang sehat.

Sebaiknya hindari melakukan gerakan berat tiba-tiba karena bukannya menyembuhkan, justru aktivitas tersebut akan membuat perut Anda semakin tidak enak.

5. Berbaring
Jika tips di atas belum membuahkan hasil, sebaiknya Anda mencoba berbaring di tempat tidur. Apabila perut yang terasa panas adalah yang sebelah kiri, maka berbaringlah ke arah kanan. Sebaliknya jika yang sakit bagian kanan, berbaringlah ke arah kiri. Saat berbaring, usahakan bagian kaki lebih tinggi dari kepala. Ini akan mempercepat penyembuhan sakit Anda. Anda bisa menggunakan bantal, guling atau benda lainnya untuk menyangga kaki.

Apabila perut panas ini tak kunjung mereda, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini untuk mencegah jika ada sesuatu yang tak beres dengan janin Anda. Anda tak perlu was-was karena ini demi keselamatan Anda dan calon buah hati Anda.

Nah, itulah sedikit tips mudah dalam mengatasi perut panas yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Selalu sabar ya bun, dan semoga setelah menerapkan tips diatas, rasa sakit yang Anda alami dapat segera sembuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here