Saran Dari Pakar Kesehatan Mengenai Boleh Tidaknya Ibu Hamil Mengkonsumsi Semangka

0
10

GadoGadoAsin.com – Semua pasti setuju jika semangka merupakan buah yang sangat menyegarkan. Selain itu, buah dengan warna yang khas ini, juga banyak mengandung gizi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun, terkait hal tersebut, banyak pendapat di masyarakat yang mengatakan bila ibu hamil dilarang mengkonsumi buah semangka ini. Nah, bagaimana fakta dari pendapat tersebut, menurut pandangan medis?
Semangka dan ibu hamil
boleh atau tidak konsumsi semangka saat hamil
Buah semangka sering dikaitkan dengan kehamilan. Ada yang menganggap bahwa buah semangka sangat baik untuk di konsumsi pada saat masa kehamilan. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa buah semangka merupakan buah pantangan yang harus dihindari selama masa kehamilan.

Bagaimana faktanya?

Terkait hal tersebut, pakar kesehatan berpendapat bila sebenarnya sah – sah saja mengkonsumsi semangka pada saat hamil. Asal saja, tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini dikarenakan di dalam buah semangka selain memiliki kandungan zat baik untuk bumil, juga sekaligus mengandung zat yang membahayakan.

Nah, dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya dalam buah semangka ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pertanyaannya, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangannya tersebut?

Kelebihan konsumsi semangka saat hamil

Buah semangka kaya akan sumber gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki beberapa kelebihan pada saat dikonsumsi selama masa kehamilan. Adapun beberapa kelebihannya adalah:

a. Mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya pembengkakan selama kehamilan
Ederma merupakan salah satu gangguan yang sering dialami para wanita hamil dimana terjadinya pembengkakan pada bagian tangan dan kaki. Hal ini disebabkan karena penyumbatan pada pembuluh darah dan otot. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi semangka karena di dalamnya terdapat kandungan air yang sangat tinggi yang bisa mencegah ederma selama masa kehamilan.

b. Mencegah pigmentasi
Pigmentasi adalah gangguan pada warna kulit yang dialami selama masa kehamilan. Gangguan ini disebabkan karena tidak lancarnya pencernaan. Nah, semangka mempunyai peranan dalam melancarkan pencernaan sehingga tidak akan mempengaruhi warna dan kesehatan kulit selama kehamilan

c. Mencegah dehidrasi selama hamil
Tahukan anda bahwa dehidrasi pada ibu hamil sangat berakibat fatal bagi kesehatan janin? Salah satu efek dari dehidrasi ini bisa menyebabkan kelahiran bayi premature. Oleh karena itu, anda disarankan untuk mengonsumsi semangka. Di dalam semangka mengandung 90`% air yang bisa mencukupi kebutuhan mineral di dalam tubuh pada masa kehamilan

d. Mencegah terjadinya kram otot
Pada masa kehamilan akan terjadi perubahan di dala tubuh misalnya saja, perubahan berat badan dan hormon. Keduanya bisa menyebabkan terjadinya kram otot. Namun, dengan mengonsumsi semangka, akan bisa mencegah perubahan tubuh yang menyebabkan kram.otot dan tulang.

Kekurangan konsumsi semangka pada masa kehamilan

Selain menyimpan kelebihan, ternyata buah semangka juga menyimpan kekurangan untuk kesehatan apabila di konsumsi selama masa kehamilan. Apa saja kekurangannya:

a. Menyebabkan infeksi pada salurangastroinsestinal
Di dalam tubuh manusia terdapat sebuah saluran gastroinsestinal yang mana berfungsi untuk menyalurkan nutrisi untuk janin. Jika anda mengonsumsi semangka berlebihan maka akan menyebabkan peningkatan lycopenenyang bisa memicu terjadinya infeksi pada saluran gastroinsestinal. Jika sudah terinfeksi maka akan menyebabkan terjadinya mual, diare, dan menganggu penyerapan nutrisi

b. Hiperkalemia
Hiperkalemia adalah sebuah gangguan yang terjadi pada masa kehamilan dimana kandungan potasium dan kalium di dalam tubuh meningkat. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan detak jantung dan saraf serta otot akan mengalami gangguan. Nah, semangka ini bisa menyebabkan terjadinya peningkatan potasium dan kalium

c. Gangguan ginjal
Gangguan ginjal pada wanita hamil disebabkan karena ketidakseimbangan jumlah mineral di dalam tubuh yang mana bisa menyebabkan terjadinya gangguan kinerja padaorgan ginjal. Meskipun semangka mengandung banyak kandungan mineral, ternyata juga bisa menyebabkan gangguan kinerja pada ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan. Selaiin buah semangka juga dbanyak mengandung potasium yang menyebabkan ginjal menjadi berat dan melemah.

d. Hipertensi
Kekurangan terakhir yang akan anda dapatkan ketika mengonsumsi semangka pada saat hamil adalah bisa membuat anda terserang hipertensi atau darah rendah. Padahal, kondisi darah yang rendah pada saat hamil sangat berbahaya dimana akan menyebabkan anda sering mengalami pusing, lemah, kram dan sebagainya. Oleh karena itu, jangan coba – coba ya memakan semangka apabila anda mempunyai riwayat darah rendah.

Nah, sekarang sudah jelas ya kebenaran mengenai boleh tidaknya semangka bagi ibu hamil? Nah, semoga informasi datas bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here