Tips Ampuh untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal Saat Hamil

0
6

Apakah ibu hamil perlu menjaga berat badan? Ya, sebagaimana yang kita ketahui, kebanyakan wanita yang sedang hamil pasti cuek dengan bentuk tubuhnya. Padahal, menjaga kehamilan saat melahirkan penting dilakukan, agar setelah melahirkan nanti, berat badan cepat ideal dan terhindar dari kegemukan pasca melahirkan.
berat badan ideal saat hamil
Perlu diketahui, pada umunya ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan antara 10 hingga 16 kg, dimana peningkatan berat badan di angka ini, memungkinkan bayi atau janin memilki berat badan sekitar 3 hingga 3,6 kg. Dan jika sampai ibu hamil mengalami kenaikan berat badan melebihi angka 16 kg, sangat mungkin ibu hamil tersebut mengalami obesitas.

Lalu apa akibat jika ibu mengalami obesitas saat hamil? obesitas sangat tidak baik bagi ibu hamil, karena dapat memperburuk kesehatan janin, hingga memicu kematian. Sedangkan untuk ibu, obesitas berdampak pada meningkatnya resiko penyakit diabetes gestasional, hipertensi dan pre-eklampsia. Obesitas pada ibu hamil juga akan berpengaruh pada berat badan janin dan kondisi bayi setelah dilahirkan.

Bagaimana tips untuk menjaga berat badan ideal saat hamil?

• Makan-makanan sehat
Buah dan sayur adalah jenis makanan yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Buah dan sayur segar dapat digunakan untuk selingan makanan pokok lain seperti danging dan telur. Makanan seperti roti dan sereal juga menjadi alternatif lain untuk mendapatkan serat serta membantu mencaga pencernaan.

Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki gula buatan yang cukup tinggi. Selain tidak baik untuk ibu hamil, gula buatan juga dapat meningkatkan resiko obesitas dan gangguan pencernaan.

Jenis makanan cepat saji juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang ingin menjaga berat badannya tetap ideal. Akan lebih baik jika Anda mengolah sendiri makanan yang akan Anda konsumsi. Selain murah, makanan buatan rumah dijamin sehat dan tidak membahayakan tubuh.

• Hindari makan dengan terburu-buru
Makan dengan terburu-buru dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara segnifinkan. Makan dengan tempo cepat juga berisiko mengalami masalah pencernaan, tersedak, sariawan hingga sindrom metabolic. Makanlah dengan tempo lambat agar perut terasa cepat kenyang dan mengurangi potensi oebsitas saat hamil.

• Makan dengan porsi kecil namun teratur
Ibu hamil memang sedang membawa dua nyawa sekaligus sehingga ia perlu banyak nutrisi agar tetap sehat hingga masa kelahiran tiba. Namun bukan berarti Anda dapat sesuka hati untuk mengkonsumsi semua makanan yang Anda inginkan. Pastikan untuk selalu makan dengan porsi kecil namun teratur agar terhindar dari kelebihan berat badan saat hamil.

• Olahraga teratur
Berenang, senam dan yoga merupakan olahraga yang dapat menjaga berat badan ideal selama hamil. selain itu, olahraga secara teratur selama 20 menit setiap hati dapat menjaga kesehatan tubuh, menguatkan otot, memperlancar pernafasan serta menghindari resiko bayi sungsang.

• Tetapalah beraktifitas seperti biasa
Hamil bukan penyakit. Hamil bukan juga alasan untuk kita bermalas-malasan. Tetaplah melakukan aktifitas sehari-hari meskipun sedang hamil. Lakukan jenis pekerjaan rumah seperti membersihkan rumah, menata rumah, memasak atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Jangan memaksa melakukan semua pekerjaan secara bersamaan untuk menghindari kelelahan akibat terlalu banyak beraktifitas.

• Hindari mengkonsumsi minuman mengandung kafein serta minuman bersoda
Buang kebiasaan mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung soda dan kafein. Selain tidak baik untuk kesehatan, soda dan kafein dapat meningkatkan berat badan hingga berisiko terjadinya obesitas pada ibu dan bayi. Pastikan juga bahwa kebutuhan cairan Anda terpenuhi dengan rutin meminum air putih sebanyak 8-10 perhari.

• Mengganti lemak jenuh menjadi lemak sehat
Lemak jenuh dapat ditemukan pada mentega, daging merah, gorengan dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh pastilah tidak baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak terlebih pada ibu hamil. Untuk itu, ganti lemak jenuh dengan menjadi lemak sehat yang bisa Anda dapatkan pada ikan dengan kandungan omega 3, minyak zaitun serta minyak kelapa murni.

• Hindari penggunaan garam secara berlebihan
Jika ingin mendapatakan berat badan ideal selama hamil ada baiknya jika Anda mulai mengurangi penggunaan garam diberbagai masakan yang Anda buat. Selain dapat mengakibatkan kegemukan garam dapat merusak cairan elektrolit yang mengakibatkan ibu akan merasa sering haus, resiko tekananan darah tinggi hingga stroke.
Nah, itu dia beberapa cara mendapatkan badan ideal saat hamil. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here