Tips Berkendara dengan Motor atau Mobil, yang Aman dan Nyaman Saat Sedang Hamil

0
132

GadoGadoAsin.com – Berkendara ketika hamil memang tidak disarankan, karena bisa memicu hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Namun sayangnya, karena tuntutan pekerjaan, seorang bumil mau tidak mau harus berkendara setiap hari. Nah jika demikian yang terjadi, bagiamana solusinya?

Tips Berkendara Menggunakan Mobil Bagi Ibu Hamil

Ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu hamil yang sedang berkendara, agar kandungannya aman dan baik-baik saja. Nah, berikut beberapa diantaranya:

1. Atur Penggunaan Sabuk Pengaman
Bagi ibu hamil menggunakan sabuk pengaman sangatlah penting. Selain untuk kesalamatan jika terjadi hal-hal buruk diperjalanan, juga sekaligus berguna melindungi janin dari kondisi yang tidak di inginkan. Penggunaan sabuk pengaman dapat di katakan aman jika pemakaiannya benar, sehingga janin tidak tertekan.

Hindarilah penggunaan sabuk pas diatas perut, tetapi gunakanlah di bahu dan bawah perut. Sehingga sabuk akan tertahan di bahu serta janin tidak akan tertarik serta perut tidak terlilit.

2. Siapkan Camilan Saat Berkendara
Berkendara sendiri memang membuat ibu hamil menjadi cepat lelah, apalagi jika jarak tempuhnya terlalu jauh, kondisi seperti inilah membuat keluhan ibu cenderung lebih berat. Namun jika terpaksa di haruskan menyetir dengan kondisi tertentu, maka sediakanlah camilan sebagai bekal perjalanan anda.

Bawalah camilan seperti buah – buahan, kue kering, biskuit dan jangan lupa untuk selalu sedia air putih. Serta bawalah permen jahe sebagai penawar rasa mual ketika sedang berkendara. Tetapi jika keluhan sudah semakin parah, segeralah hubungi suami atau rekan terdekat untuk dapat segera membantu anda.

3. Sering Istirahat Saat Di Perjalanan
Saat berkendara memasuki trimester kedua kehamilan sebaiknya melakukan pemeriksaan secara lengkap untuk mengetahui kondisi kehamilan anda. Apabila terpaksa menyetir sendiri saat perjalanan jauh usahakan sering berhenti selama 10 menit agar merileksasikan kembali tulang belakang dan punggung yang pegal. Atau bisa juga dengan turun dari mobil untuk jalan – jalan dan melakukan peregangan agar tubuh menjadi segar kembali.

4. Buatlah Kondisi Menyetir Senyaman Mungkin
Apabila anda menyetir pada trimester ketiga kehamilan, sebaiknya gunakan bantal untuk mengganjal pinggang agar tidak terlalu pegal. Setelah itu aturlah kursi dengan menggeser ke arah belakang agar mendapatkan ruang yang lebih lapang dan nyaman. Jika anda terkena kemacetan hindarilah stress dengan menyalakan radio atau menyetel musik di handphone agar suasana tetap rileks, serta jangan lupa selalu membawa air minum agar tubuh tidak dehidrasi..

Tips Berkendara Menggunakan Motor Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, berkendara menggunakan sepeda motor memang membuat suami serta keluarga menjadi khawatir. Apalagi dengan guncangan yang di timbulkan dari sepeda motor dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur bagi bayi. Namun jika tidak mengalami kram pada perut serta pendarahan anda tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah beberapa tips berkendara menggunakan sepeda motor bagi ibu hamil yang benar.

1. Kurangi Kecepatan Sepeda Motor
Bagi ibu hamil berkendara jauh menggunakan sepeda motor memang harus di hindari karena rentan terkena sakit punggung serta kelelahan. Tetapi jika anda terpaksa membawa sepeda motor maka kurangilah kecepatan agar guncangan yang di timbulkan tidak terlalu keras bagi janin.

2. Gunakanlah Pengaman Saat Berkendara
Bagi anda ingin berkendara menggunakan sepeda motor maka gunakanlah pengaman agar tetap selamat seperti helm sebagai pelindung kepala dari segala bentuk benturan, jaket untuk melindungi dari sengatan matahari dan terpaan angin, lalu yang terakhir gunakanlah sabuk penopang agar janin tidak terkena goncangan.

3. Beristirahat Sejenak
Jika berkendara perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, usahakan agar anda sering beristirahat terlebih dahulu selama 20 menit dan jangan terlalu memaksakan diri secara berlebihan saat berkendara karena akan membahayakan janin yang sedang di kandung.

4. Posisi Duduk Saat Berkendara
Saat kondisi perut anda semakin membesar, maka posisi duduk saat berkendara akan lebih sulit. Sehingga di sarankan agar anda duduk dengan posisi menyamping, meski akan menjadi tidak seimbang tetapi janin di dalam kandungan akan aman dari benturan jika mengerem secara mendadak.

Demikianlah diatas beberapa tips berkendara bagi ibu hamil yang bisa anda terapkan, supaya perjalanan bisa nyaman dan aman.

Ajukan Pertanyaan