Vitamin dan Suplemen yang Disarankan Untuk Ibu Hamil Agar Kandungannya Selalu Sehat

0
11

GadoGadoAsin.com – Saat hamil, penting bagi ibu untuk menjaga asupan gizi dan vitamin agar kesehatan bayi tetap terjaga, hingga masa kelahiran tiba. Lantas, kira-kira jenis vitamin dan suplemen apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi para ibu yang menjalani masa kehamilan tersebut? Nah, berikut penjelasan lengkapnya.
vitamin dan suplement yang disarankan untuk ibu hamil

Jenis-jenis vitamin dan suplemen yang baik untuk dikonsumsi ibu selama hamil:

• Omega 3
omega 3
Mengkonsumsi vitamin atau suplemen yang mengandung omega 3 terbukti dapat membantu tumbuh kembang janin dengan baik. Sebuah penelitian membuktikan bahwa setiap ibu hamil yang rajin mengkonumsi vitamin dan suplemen mengandung omega 3 dapat membantu pertumbuhan sistem saraf pada janin, kemampuan mental pada anak serta berpengaruh pada pengelihatan mata pada bayi yang baru lahir

• Asam folat
asam folat
Asam folat atau yang disebut dengan vitamin B9 merupakan vitamin dengan pengaruh untuk ibu hamil. Asam folat dapat mengurangi resiko cacat tabung syaraf otak pada janin. Selain itu, asam folat juga berpengaruh untuk memproduksi sel darah merah hingga mencegah anemia pada ibu hamil.

• Protein
protein
Protein juga sangat dibutuhkan untuk ibu hamil dalam menstimulasi pertumbuhan organ tubuh janin di dalam rahim. Protein bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi ayam, kalkun, ikan, telur dan daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, susu, tempe dan juga tahu.

• Zat besi
zat besi
Zat besi penting bagi ibu hamil untuk mengurangi resiko anemia. Bagi ibu hamil zat besi berperan sebagai pengantar oksigen keseluruh tubuh. Zat besi juga berperan untuk mengantarkan semua sari pati makanan kedalam tubuh ibu dan janin.

Bagi ibu hamil pembentukan plasenta dapat dibantu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Zat besi juga menjadi sumber tenaga bagi ibu hamil yang tengah membawa dua nyawa dalam satu tubuh.

• Vitamin C
vitamin c
Penting bagi ibu hamil untuk banyak mengkonsumsi Vitamin C selama masa kehamilan. Vitamin C dibutuhkan janin karena dapat menjaga dan melindungi kesehatan sel-sel tubuh, tulang rawan, otot, kulit hingga pembuluh darah pada janin selama ia berada di dalam rahim sang ibu.

Vitamin C juga dapat menyembuhkan infeksi, penyembuhan luka serta membantu menyerap zat besi yang terkandung di dalam sayuran. Vitamin C memang baik untuk ibu hamil, namun hal ini juga harus sesuai dengan anjuran dosis yang telah ditatapkan oleh dokter.

• Kalsium
kalsium
Kalsium sangat dibutuhkan ibu hamil lantaran berguna untuk pertumbuhan tulang, hati, saraf, otot janin dan gigi yang dikandunganya. Kalsium juga bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan preklampsia yang akan berdampak buruk pada kesehatan janin di dalam kandungan.

Kalsium tidak dhasilkan oleh tubuh melainkan ada suplai dari luar, maka untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama hamil ibu diwajibakan untuk mengkonsumsi sarden, ikan teri, brokoli, es krim, roti putih, kale dan salmon. Selain itu, penuhi sumber kalsium dengan minuman susu, yogurt, dan keju. Jika dimungkinkan menambah asupan kalsium juga bisa didapatkan dari suplemen-suplemen berbagai macam merk dengan catatan Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu perihal dosis atau anjuran minumnya.

• Vitamin D
vitamin d
Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang berguna untuk tulang. Kekurangan Vitamin D pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko bayi kekurangan berat badan hingga terganggunya pertumbuhan tulang bayi setelah ia dilahirkan. Megkonsumsi Vitamin D tidak melulu di saat sedang hamil saja ada biknya jika Anda mulai mengkonsumsi saat sebelum masa kehamilan atau pasca melahirkan. Vitamin D dapat ditemukan di berbagai jenis makanan seperti telur, minyak ikan, sereal dan susu bubuk rendah gula. Jangan lupa juga untuk mengkonsultasikan kepada bidan atau dokter kandungan mengenai dosis dan anjuran minum untuk Anda yang ingin mengkonsumsi Vitamin D dalam bentuk suplemen.

Nah, itu dia beberapa jenis vitamin dan suplemen yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Tentunya, selain mengkonsumsi vitamin dan suplemen diatas, juga perlu untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan sehat seperti buah, sayur daging dan makanan sehat lainnya. Selain itu, olahraga juga menjadi alternatif terbaik untuk menjaga kesehatan selama menjalani masa kehamilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here