Beranda Kesehatan Kehamilan Waspada, Inilah Bahaya Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil Usia 8 Bulan

Waspada, Inilah Bahaya Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil Usia 8 Bulan

0
243

GadoGadoAsin.com – Ketika hamil, tentu saja ibu hamil akan sering merasa mual dan muntah. Mulai dari mual yang terjadi pada trimester pertama yang disebabkan oleh hal-hal seperti morning sickness, bahkan pada usia kandungan yang sudah 8 bulan terkadang masih ada saja yang mengalami mual dan muntah itu.
bahaya mual pada usia kehamilan 8 bulan
Nah, terkait hal tersebut, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai bahaya mual dan muntah pada ibu hamil umur 8 bulan serta hal terkait lainnya. Silahkan disimak.

Pertumbuhan janin terganggu
Akibat sering mual dan muntah terutama pada saat usia kehamilan 8 bulan, bisa mengganggu pertumbuhan janin. Hal ini karena cairan elektrolit di dalam tubuh anda menjadi tidak seimbang akibat terlalu sering muntah, sehingga janin menjadi kekurangan nutrisi dan menyebabkan pertumbuhan janin yang sudah siap itu menjadi terganggu.

Ini adalah salah satu bahaya dehidrasi bagi ibu hamil yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yang sering muntah. Mengingat sebentar lagi anda harus menjalani proses persalinan.

Janin yang meninggal dalam kandungan
Usia kehamilan 8 bulan adalah usia yang sudah cukup matang karena bayi sudah siap untuk prosesi persalinan. Namun pada saat yang sama janin juga masih sangat rentan, oleh karena itu jika ibu sering muntah dan mual maka itu bisa berbahaya untuknya.

Jika ibu sering mual dan muntah, maka tubuh ibu menjadi tidak seimbang karena apa yang telah anda makan keluar lagi. Hal ini dapat menyebabkan tubuh ibu menjadi lemas dan dehidrasi karena kehilangan cairan terlalu banyak. Dan jika ini terjadi terus-menerus maka yang fatal bisa terjadi yaitu janin bisa mati di dalam kandungan karena dehidrasi dan asupan nutrisi yang tidak masuk.

Kerusakan pada hati ibu
Jika anda sering mengalami mual dan sering muntah ketika usia kandungan 8 bulan maka itu bisa berbahaya tidak hanya bagi kesehatan janin, namun juga untuk kondisi kesehatan ibu juga. Mual dan muntah jika sudah seringkali anda alami di usia kandungan 8 bulan itu dan sudah parah maka bisa menyebabkan kerusakan hati pada ibu secara perlahan.

Penyakit GERD
Jika anda sering mengalami mual dan muntah ketika hamil 8 bulan, bisa jadi anda terkena penyakit GERD. Penyakit Gerd ini dapat menimbulkan gejala yang akan membuat dada dan tenggorokan penderitanya menjadi terasa panas.

Sering muntah dengan parah, akan membuat lapisan esofagus menjadi meradang dan jika tidak segera diatasi maka bisa saja terjadi kerusakan pada lapisan esofagus dan yang lebih parah dapat menyebabkan komplikasi seperti pendarahan. Jadi anda harus melihat apa saja perbedaan mual hamil atau maag agar bisa mengetahui jika terkena penyakit GERD.

Inkontinesia urin
Jika anda sering mengalami mual dan muntah parah selama masa kehamilan, walau mungkin usia kandungan anda sudah menginjak 8 bulan maka bisa jadi anda mengalami gangguan kesehatan yaitu tingkatan hiperemesis gravidarum.

Gejala mengalami penyakit HG ini adalah anda akan sering mual dan muntah dalam sehari, selain itu tekanan darah menjadi rendah sehingga anda juga akan sering pusing, selain itu anda akan kehilangan berat badan. Bahayanya, anda bisa mengalami inkontinesa urin atau mengompol karena ketika muntah dan mual itu tubuh anda akan kehilangan hormon relaxin.

Menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah
Jika anda sering muntah dan mual karena penyakit HG yang sudah kita sedikit bahas diatas maka anda bisa saja mengalami penurunan berat badan akibat dehidrasi karena kehilangan cairan di dalam tubuh.

Hal ini bisa beresiko pada bayi, nantinya akan lahir dengan berat badan yang rendah. Oleh karena itu anda tidak boleh mengabaikan jika sering mual dan muntah karena itu dapat membahayakan bagi bayi.

Itu dia beberapa informasi yang bisa kami share kepada anda mengenai bahaya mual dan muntah pada ibu hamil umur 8 bulan. Sebagai ibu yang sebentar lagi akan mengalami proses persalinan sebaiknya perhatikan kondisi anda, jangan sampai mengabaikan mual dan muntah yang sering terjadi hanya karena menganggapnya sebagai morning sickness saja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Ajukan Pertanyaan