Kenapa Ibu Hamil Lebih Mudah Terserang Penyakit dan Bagaimana Solusinya?

0
69

GadoGadoAsin.com – Memasuki kehamilan entah itu di trimester awal sampai akhir, Bunda diharuskan menjaga kesehatan sedemikian rupa agar janin yang dikandung juga sehat. Faktanya, banyak sekali ibu hamil yang mengeluhkan tentang mudahnya terserang penyakit. Pastinya, Bunda pernah kan mendengar keluhan tersebut dari teman-teman atau saudara yang tengah hamil?
Memang begitulah adanya. Perubahan hormon yang terjadi ketika sedang hamil tersebut yang memicu perubahan sistem imun dalam tubuh. Perubahan sistem imun tersebut mengakibatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit menjadi berkurang.
Kenapa ibu hamil lebih mudah terserang penyakit

Perubahan Imunitas dalam Tubuh Saat Hamil

Perubahan sistem imun saat hamil bukan berarti bahwa sistem imunnya menurun. Untuk melindungi dua tubuh dalam satu waktu, sistem imunitas dalam tubuh akan bekerja lebih keras dari biasanya. Hal inilah yang memicu ibu hamil mudah terserang penyakit yang bahkan belum pernah mereka alami sebelumnya.

Ada sebuah penilitian yang mengungkapkan bahwa sistem imunitas pada ibu hamil bukanlah menurun, melainkan mengalami perubahan yang unik. Perubahan yang unik tersebutlah yang membuat sistem imunitas memiliki reaksi yang berbeda terhadap lingkungan.

Perlu diketahui bahwa sistem imunitas pada ibu hamil dapat memproduksi antibodi. Seperti yang kita ketahui, antibodi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan berbagai macam bakteri dan virus. Lalu, antibodi tersebut akan disalurkan melalui plasenta kepada bayi yang dikandung selama trimester akhir.

Itulah mengapa bayi yang lahir prematur memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena penyakit karena belum sepenuhnya mendapatkan antibodi secara lengkap. Namun, manfaat dari antibodi tersebut hanya bekerja selama beberapa minggu atau bulan saja. Setelah itu, pemberian vaksinasi dan ASI atau air susu ibu dapat berperan langsung untuk menambah antibodi pada tubuh bayi tersebut. Oleh karena itu, bayi harus mendapatkan vaksinasi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhnya sendiri.

Artikel menarik lainnya:  Cara Berhubungan Intim Saat Hamil yang Benar Agar tidak Membahayakan Janin

Tips Bagi Ibu Hamil untuk Melindungi Diri Dari Penyakit atau Infeksi

Setelah mengetahui hal tersebut, Bunda harus mau untuk menjaga kesehatannya agar janin yang berada dalam rahim tidak terjangkit penyakit apapun. Ada cara yang bisa Bunda ambil untuk menjaga kesehatan dan menghindari tubuh dari berbagai macam virus dan bakteri. Diantaranya adalah:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here