Mengenal Tanda-Tanda Seseorang yang Sedang Hamil Tanpa USG dan Test Pack

0
36

GadoGadoAsin.com – Kehamilan merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Khususnya bagi mereka pasangan baru, yang begitu mendambakan datangnya keturunan. Nah, bicara mengenai kehamilan, ternyata banyak wanita yang justru tidak menyadari saat dirinya hamil. Padahal mengentahui lebih dini apakah dia hamil atau tidak, adalah hal penting, agar bisa mempersiapkan fisik sebaik mungkin.
Tanda tanda seseorang sedang hamil
Lantas, bagaimana cara mudah untuk bisa mengetahui apakah seseorang sedang hamil atau tidak? Nah, berikut adalah tanda-tandanya:

Tanda-tanda seseorang yang sedang hamil

– Terlambat menstruasi

Salah satu tanda awal kehamilan yaitu ditandai dengan terlambatnya menstruasi. Apabila setiap bulannya Bunda selalu menstruasi secara teratur, Bunda harus mencermati keterlambatan menstruasi tersebut. Cobalah untuk melakukan tes uji kehamilan. Bunda bisa membelinya di supermarket atau apotek terdekat.

Namun, apabila Bunda tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur, ada banyak faktor yang mempengaruhi keterlambatan menstruasi. Faktor-faktor tersebut berupa pola makan tidak teratur, setres, terlalu lelah, dan sebagainya.

– Morning sickness

Pernah mendengar tentang morning sickness yang biasa terjadi pada ibu-ibu hamil? Apa sih morning sickness itu? Jadi, morning sickness sendiri yaitu suatu perasaan yang tidak menyenangkan terjadi di pagi hari. Biasanya, ibu-ibu hamil akan merasa mual disertai dengan rasa sakit di perut.

Mengapa hal ini terjadi? Ketika seorang ibu sedang hamil, didalam tubuhnya akan terjadi perubahan hormon dalam darah. Perubahan tersebutlah yang menyebabkan perasaan yang tidak menyenangkan tersebut.

Morning sickness akan terjadi pada trimester pertama kehamilan. Bunda tidak perlu khawatir karena ketidaknyamanan ini akan berangsur-angsur menghilang seiring pertumbuhan usia kehamilan.

– Intensitas buang air kecil meningkat

Perubahan hormon dalam darah juga mengakibatkan sirkulasi darah dalam tubuh akan meningkat pesat. Hal ini juga yang menyebabkan ginjal untuk bekerja lebih keras untuk memproduksi air seni lebih banyak.

Janin yang tumbuh dalam perut akan berkembang dan menekan organ-organ didalam tubuh, termasuk kandung kemih. Hal ini menyebabkan ukuran kandung kemih menjadi lebih sempit dari sebelumnya, membuatnya lebih cepat penuh, dan membuat Bunda ingin buang air kecil terus.

Bunda tidak perlu khawatir karena membuang air seni tidak akan membahayakan janin. Asalkan Bunda berhati-hati ketika ingin pergi ke kamar mandi, hati-hati dalam melangkah, jangan sampai terpeleset. Selain itu, jangan membatasi konsumsi air mineral, agar Bunda dan janin tidak dehidrasi.

– Mudah lelah

Kadar hormon progesteron akan meningkat ketika Bunda sedang hamil. Hormon tersebut berperan sebagai depresan alami yang terdapat di sistem syaraf pusat. Hal inilah yang menyebabkan Bunda merasa mudah lelah, mengantuk, dan terkadang muncul rasa khawatir yang berlebihan.

Di trimester kehamilan pertama, tubuh Bunda akan bekerja lebih keras lagi untuk memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah yang mengalir dalam tubuh agar janin ternutrisi dengan sempurna.

Perbanyaklah konsumsi makanan bergizi dan waktu istirahat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Pertambah lagi pengetahuan seputar kehamilan untuk mengurangi rasa lelah, khawatir, dan ngantuk tersebut.

– Terasa aneh di mulut

Mengapa ibu hamil sulit makan? Hal ini disebabkan karena perubahaan hormon mempengaruhi indera penciuman dan perasa. Kadang, didalam mulut akan terasa aneh seperti rasa logam sehingga membuat Bunda tidak menyukai makanan tertentu.

Bunda harus pintar-pintar menyiasati perubahan selera makan ini agar janin yang ada dalam kandungan masih mendapatkan nutrisi yang cukup. Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi lebih sering.

– Perubahan pada payudara

Perubahan yang paling nyata ketika hamil yaitu perubahan fisik. Perubahan fisik terjadi di semua area, termasuk payudara. Ukuran payudara akan membesar, terasa nyeri atau sakit ketika dipegang, dan terasa lebih berat.

Selain itu, daerah kecokelatan yang berada disekitar puting akan melebar dan menghitam. Hal ini disebabkan karena peningkatan produksi hormon progesteron dan esterogen, juga sebagai persiapan untuk memproduksi ASI.

– Bercak darah merah muda disertai keram perut

Usia kehamilan diantara minggu ke 3 dan 4, miss V Bunda akan mengeluarkan flek yang berwarna merah muda disertai dengan keram di perut. Hal ini terjadi karena tertanamnya sel telur dalam rahim yang telah dibuahi. Darah tersebut akan keluar ketika sel telur tadi melekatkan diri ke dinding rahim.

Warna darah yang keluar berwarna lebih muda dan lebih sedikit daripada darah menstruasi.
Nah begitulah cara mengetahui apakah seseorang sedang hamil atau tidak. Apabila ada tanda-tanda diatas, segera kunjungi bidan atau dokter kandungan untuk kejelasan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here