Penyebab Sembelit Saat Hamil dan Cara Mengatasinya Tanpa Mengkonsumsi Obat

0
7

Selama menjalani masa kehamilan seorang ibu akan banyak mengalami perubahan hormon serta akan sering mengalami beberapa gangguan kesehatan seiring bertambahnya usia kandungan. Dan salah satu gangguan kesehatan ringan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit.
sembelit saat hamil

Penyebab keluhan sembelit saat hamil

Sembelit saat hamil dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, selain kurangnya mengkonsumsi makanan berserat, stres juga merupakan salah satu penyebab sembelit pada ibu hamil. Selama menjalani masa kehamilan hormon progesterone yang diproduksi oleh tubuh menjadi semakin lentur, tanpa terkecuali pada otot bagian perncernaan. Hal ini mnegakibatkan semua makanann yang masuk kedalam usus tidak dicerna dengan sempurna.

Komposisi zat besi yang cukup tinggi, kurangnya olahraga juga menjadi faktor terjadinya sembelit di awal masa kehamilan. Semebelit bukan penyakit serius namun jika dibiarkan maka akan menjadi salah satu penyakit yang membahayakan bagi ibu dan janin yang berada dalam kandungan.

Cara untuk mencegah sembelit saat hamil

Untuk mengatasi keluhan sembelit saat hamil, silahkan bunda menerapkan tips-tips berikut ini :
• Mengkonsumsi banyak makanan berserat tinggi
Sejak awal masa kehamilan pastikan kebutuhan serat dalam tubuh selalu terpenuhi. Serat dapat membantu untuk mengontrol frekuensi buang air besar secara rutin. Mengkonsumsi makanan berserat juga dapat mengurangi resiko preeklamsia serta memperkeci kemungkinan menderita kanker serviks dan kanker ovarium. Almond, kacang-kacangan buah pir, dan brokoli adalah jenis makanan berserat tinggi yang dapat mengatasi sembelit saat masa kehamilan.

• Perbanyak minum air putih
Dehidrasi juga dapat mengakibatkan sembelit. Kurangnya cairan dalam tubuh akan memebuat tubuh mengambil cairan di usus besar, hal ini lah yang kemudian membuat fases kering dan ibu hamil menderita sembelit. Untuk itu, ada baiknya jika ibu mulai banyak meminum air putih kurang lebih 2 liter setiap hari kopi tanpa kandungan kafein serta susu rendah lemak.

• Olahraga teratur
Olahraga ringan seperti berjalan-jalan di pagi hari, menyapu atau melakukan pekerjaan ringan lainnya terbukti dapat mengatasi sembelit dengan cepat. Olahraga juga dapat melatih kekuatan otot panggul yang akan berguna dalam proses kelahiran.

• Hindari mengkonsumsi kafein
Kafein sangat tidak baik untuk ibu hamil. Kandungan yang biasanya terdapat dalam kopi ini dapat menyebabkan semebelit serta berpengaruh buruk untuk ibu hamil yang menderita tekanan hipertensi.

• Kurangi mengkonsumsi daging
Mengkonsumsi daging nyatanya tidak terlalu baik untuk kesehatan pencernaan, hal ini dikarenakan daging merupakan jenis makanan yang tidak mudah dicerna oleh usus. Ibu hamil yang terlalu sering mengkonsumsi daging berisiko besar menderita sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

• Makan makanan mengandung preboitik
Prebiotik merupakan jenis bakteri baik yang sangat berguna untuk tubuh. Jenis makanan yang mengandung prebiotik semacam yoghurt terbukti mampu mengatasi atau mencegah sembelit saat hamil.

• Makan dengan porsi kecil
Sangat disarakan untuk ibu hamil agar makan dalam porsi kecil namun teratur. Makan dengan porsi yang besar mengakibatkan sistem pencernaan menjadi kurang baik dan mengakibatkan terjadinya sembelit. Imbangi mengkonsumsi makanan ringan seperti kacang-kacangan, almond dan buah-buahan yang dapat melancarkan saluran pencernaan.

• Jangan mendunda buang air besar
Sembelit dapat juga disebabkan lantaran terlalu sering menunda buang air besar. Menunda buang air besar dapat menyebabkan fases di dalam usus besar menjadi keras. Mendunda keinginan buang air besar juga dapat menyebkan infeksi usus lantaran pembusukan kotoran di dalam usus besar.

• Yoga
Senam yoga juga memiliki manfaat baik untuk mencegah atau mengatasi terjadinya sembelit pada ibu hamil. Gerakan-gerakan yang terdapat di dalam yoga nyatanya juga mampu memperlancar proses persalinan dan menjaga berat badan agar tetap ideal setelah melahirkan.

• Perbanyak minum madu setiap pagi dan malam hari
Madu memiliki banyak manfaat yang baik untuk ibu hamil, sesendok madu di pagi dan malam hari terbukti ampuh untuk mengatasi sembelit serta melengkapi kebutuhan mineral untuk ibu hamil.

Itulah diatas beberapa tips mengenai penyebab sembelit saat hamil serta cara pencegahannya. Saran kami, sebaiknya jangan selalu mengandalkan obat-obatan kimia bisa berefek tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here