Ternyata Begini Kebiasaan Ibu Hamil yang Diyakini Bisa Membuat Bayi Cerdas

0
19

GadoGadoAsin.com – Tahukah Anda, bahwa kebiasaan ibu hamil yang dilakukan selama masa kehamilan dapat mempengaruhi kecerdasan buah hatinya? Ya, perlu diketahui, emosi seorang ibu hamil akan memberikan dampak pada perkembangan mental dan otak bayi.
Kebiasaan bumil yang bikin bayi cerdas
Nah, terkait hal tersebut, berikut ini ada beberapa kebiasaan yang jika dilakukan oleh ibu hamil dapat membuat buah hatinya cerdas. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini!

Kebiasaan Ibu Hamil yang Bisa Buat Bayi Cerdas

1. Bercerita atau Mendongeng
Bukan hanya anak kecil yang sudah lahir saja yang perlu mendengarkan dongeng. Buah hati Anda yang masih dalam kandungan pun sudah dapat mendengarkan rangsangan suara dari luar sejak trisemester ketiga. Anda bisa meluangkan waktu sehari-hari untuk mendongeng atau bercerita kepada buah hati Anda selama masa kehamilan, karena kemampuan berbahasa setiap anak dimulai sejak masih dalam kandungan.

Jika Anda ingin melihat buah hati tumbuh dengan cerdas setelah lahir nanti, Anda bisa melakukan kebiasaan mendongeng ini. Tentu dongeng yang diberikan berkaitan dengan hal-hal positif, seperti kisah tolong menolong misalnya “burung menolong semut yang hanyut di sungai”. Jangan memberikan dongeng yang memiliki unsur kekerasan, seperti pembuhunan misalnya “kucing yang memakan tikus”.

Mengapa? Hal tersebut dikarenakan ketika bayi sudah mampu menerima rangsangan dari luar, setiap ucapan yang didengar akan terekam dalam otaknya. Hal ini yang akan mempengaruhi mental dan otak anak setelah dewasa. Jika yang didengar anak adalah hal-hal positif, maka otak akan merekam hal positif, begitu pula sebaliknya.

2. Olahraga Ringan
Kebiasaan ibu hamil yang bisa membuat bayi cerdas selanjutnya adalah olahraga ringan. Tetap aktif selama masa kehamilan juga dapat memberikan dampak positif bagi buah hati Anda. Selama olahraga ibu hamil akan menghasilkan hormon yang akan menembus plasenta dan diterima janin Anda, sehingga mampu menimbulkan perasaan bahagia selama kurang lebih 8 jam.

Olahraga secara rutin juga dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk sirkulasi darah buah hati Anda, sehingga janin dapat berkembang secara optimal. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa, olahraga yang dilakukan ibu hamil dapat dapat meningkatkan sel saraf (neuron) pada janin. Sel saraf inilah yang berberpan dalam proses mengingat (berhubungan dengan memori), sehingga anak bisa menjadi lebih cerdas.

3. Mengajak Mendengarkan Musik
Tahukah Anda bahwa sebagian besar janin menyukai alunan musik. Anda bisa mengajak buah hati Anda yang masih dalam kandungan untuk mendengarkan musik. Pastikan musik yang Anda putar adalah jenis-jenis musik yang menenangkan atau bisa juga menggunakan instrument musik. Anda juga bisa menyanyikan sendiri lagu-lagu yang menenangkan dan menimbulkan perasaan bahagia, misalnya lagu-lagu rohani. Usahakan tidak mendengarkan musik dengan alunan yang sangat keras, seperti musik rock.

Alunan musik yang menenangkan tersebut akan membuat janin merasa bahagia. Saat itulah, perasaan bahagia akan terekam dalam otak si kecil. Dampaknya, ketika sudah lahir, bayi akan mengingat kembali perasaan bahagia yang tersimpan dalam otaknya. Ini akan mempengaruhi mental anak yaitu anak bisa berpikir tenang dan positif dalam menyikapi hal-hal yang dialami nantinya.

4. Asupan Makanan
Setiap makanan yang masuk dalam mulut Anda akan mempengaruhi kesehatan, baik kesehatan Anda maupun si buah hati. Untuk itu pastikan asupan makanan yang Anda konsumsi adalah makanan sehat. Beberapa makanan seperti ikan (salmon, tuna, dan mackerel) ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kecerdasan si buah hati.

Beberapa jenis ikan tersebut kaya akan omega-3 yang membantu meningkatkan perkembangan otak anak sejak berada dalam kandungan. Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang ibu hami yang mengonsumsi ikan sebanyak 2 porsi per minggunya akan melahirkan anak yang memiliki IQ lebih tinggi daripada yang tidak mengonsumsi ikan kurang 2 porsi atau tidak sama sekali.

Selain ikan, buah-buahan seperti blueberry juga dapat mempengaruhi IQ anak. Kandungan vitamin di dalam blueberry berfungsi menjaga jaringan otak dan membantu perkembangan otak secara optimal, sehingga anak memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi atau cerdas. Selain itu, berbagai jenis kacang-kacangan juga baik dikonsumsi selama masa kehamilan, karena mengandung zat besi yang berperan dalam meningkatkan oksigen pada otak anak.

Sekarang sudah tahukan apa saja kebiasaan ibu hamil yang bisa membuat sang bayi cerdas? Jadi, untuk anda yang saat ini tengah mengandung, pastikan untuk melakukan juga kebiasaan-kebiasaan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here