Tips Jitu Mengatasi Posisi Bayi Sungsang di Usia Kehamilan 9 Bulan

0
8

Perlu diketahui, sungsang adalah kondisi yang sering di alami oleh kebanyakan ibu hamil yang sudah menginjak usia 9 bulan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh bentuk Rahim sang ibu yang kurang sempurna, riwayat kehamilan, usia kehamilan , dan juga volume air ketuban. Tidak semua posisi bayi sungsang harus dilahirkan secara Caesar, bayi dengan posisi sungsang dapat dilahirkan secara normal dengan catatan posisinya dapat dirubah sebelum dilahirkan.

Tips mengatasi posisi bayi sungsang usia 9 bulan

Nah jika bunda tidak ingin melahirkan secara Caesar dengan kondisi bayi sungsang maka tips di bawah ini dapat membantu anda melahirkan secara normal walaupun kondisi janin dalam keadaan sungsang. Nah, berikut liputannya.

• Jalan kaki dapat merubah posisi bayi sungsang
Di usia kandungan yang sudah memasuki usia 9 bulan ada baiknya jika bunda mulai mengurangi aktifitas berat yang membuat tubuh mudah lelah. Namun bukan berarti bunda mulai malas-malasan dan kurang olah raga terlebih jika janin dalam rahim bunda berada pada posisi sungsang. Jalan kaki di pagi hari terbukti dapat merubah posisi bayi agar kembali normal. Tidak harus berjalan keliling komplek atau desa, bunda cukup melakukannya halaman rumah atau di dalam rumah sambil melakukan kegiatan lainnya. Luangkan waktu sekitar 60 menit untuk berjalan kaki setiap paginya. Namun ingat imbangi juga dengan istirahat, mengkonsumsi banyak air putih dan makan-makanan sehat dan bergizi.

• Melakukan stimulasi lewat yoga viparita karini
Gerakan-gerakan yang terdapat di dalam yoga viparita karini terbukti mampu mengembalikan posisi bayi agar kembali normal. Cara melakukannya pun cukup mudah, bunda hanya perlu terlentang di atas matras dengan posisi tubuh lurus menghadap tembok. Sebelumnya pastikan bahwa pinggul dan kepala bunda sudah diberi bantal guna memberi kenyamanan selama melakukan gerakan ini. Setelah dipastikan nyaman, angkat kaki bunda dan sandarkan lurus pada tembok dengan durasi 5 menit dalam setiap gerakan.

• Merangkak
Tips untuk mengatasi posisi bayi sungsang yang ketiga adalah merangkak. Ini merupakan gerakan yang paling mudah untuk dilakukan. Selain mudah dan tanpa resiko cara yang satu ini optimal untuk mengembalikan posisi sungsang janin dengan cepat. Cukup lakukan selama lima menit dalam sehari ya bun dan jika sudah merasa lelah lebih baik segera beristirahat.

• Stimulasi bayi sungsang dengan menggunakan cahaya
Janin dalam Rahim ibu akan mulai dapat melihat cahaya dengan sempurna di usianya yang sudah menginjak trimester akhir. Cahaya rupanya juga dapat membuat bayi sungsang kembali kepada posisi semula. Caranya pun cukup mudah bunda hanya perlu senter untuk disinarkan ke atas perut keemudian lakukan gerakan ke atas dari bawah perut untuk menginstruksikan agar janin kembali pada posisi semula.

• Stimulasi bayi sungsang dengan menggunakan es batu
Tips ke lima untuk mengembalikan posisi bayi sungsang di usia kandungan 9 bulan adalah dengan melakukan gerakan stimulasi dengan menggunakan es batu. Cara yang satu ini mungkin terdengar agak nyleneh akan tetapi cara ini cukup populer dan banyak dilakukan para ibu hamil di Amerika Serikat. Jika bunda memilih cara yang satu ini untuk mengembalikan posisi janin yang sungsang maka bunda hanya perlu beberapa bongkah es batu yang telah dibungkus dalam kain. Kemudian bunda hanya perlu telentang dia atas matras kemudian taruhkah bongkahan es batu di atas perut bunda selama kurang lebih lima menit setiap harinya.

• Metode External Cephalic Version 9 (ECV)
Metode ini boleh dikatakan sebagai metode pamungkas untuk mengatasi posisi bayi sungsang di usia kehamilan yang memasuki usia 9 bulan. Metode semacam ini bertujuan untuk merubah posisi janin agar kembali kepada posisi yang semstinya. Metode yang harus dalam pengawasan dokter ini kabarnya mengadung rasa sakit yang luar biasa. Namun keakuratan metode yang satu ini dijamin akurat dan terpercaya.

Nah, itu dia bunda beberapa tips jitu mengatasi bayi sungsang yang bisa dicoba. Semoga selama kehamilan bunda dan si kecil selalu diberi kesehatan, hingga waktu kelahiran tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here