Tips Makan Enak Untuk Ibu Hamil yang Bisa Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Janin

0
16

Saat hamil, memang banyak hal yang berubah, bukan hanya bentuk tubuh namun juga banyak hal lain yang menjadi berbeda. Salah satunya terkait perasaan cepat lapar yang sering mendera. Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil sering lapar karena mereka membawa satu orang lagi dalam perut. Jadi, wajar saja jika mereka sering merasa lapar meskipun mereka sudah memakan makanan yang cukup, beberapa waktu lalu.
makan enak saat hamil yang dapat memenuhi nutrisi janin
Perlu diketahui, Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin yang ada dalam perutnya. Nutrisi yang diserap oleh janin digunakan untuk perkembangan tulang, otot, dan jaringan.

Tips untuk Makan Enak Tetapi Tetap Bernutrisi

Ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk makan enak tetapi tetap bernutrisi untuk perkembangan janin. Diantaranya:
– Minum air mineral
Jika Bunda merasa lapar padahal baru 5 menit lalu makan, coba deh untuk minum air dulu. Terkadang, tubuh salah mengartikan rasa haus menjadi lapar. Ibu hamil membutuhkan banyak cairan karena ibu hamil lebih sering mengeluarkan keringat.

Bunda diharuskan meminum air mineral sekitar 12 hingga 13 gelas per hari atau Bunda juga bisa mendapatkan cairan melalui buah, seperti semangka atau jeruk.

– Konsumsi makanan favorit sekali dalam seminggu
Berilah hadiah untuk Bunda sendiri karena sudah berjuan selama seminggu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Bunda diperbolehkan untuk memakan makanan favorit, tapi dalam porsi sedikit yang Bun, sekali dalam seminggu.

Bunda bisa makan cokelat atau es krim yang menyegarkan. Bunda akan lebih terpicu untuk menjalankan hidup sehat apabila Bunda bisa memakan makanan favorit meskipun hanya sekali dalam seminggu.

– Jaga asupan kalori
Ibu hamil membutuhkan tambahan kalori untuk perkembangan janinnya. Pada trimester kedua, Bunda membutuhkan 350 kalori tambahan dan pada trimester ketiga membutuhkan 500 kalori tambahan.

Jika Bunda mengandung anak kembar, Bunda harus mengonsumsi kalori dua kali lipat dari jumlah tersebut. Jadi, pastikan bahwa konsumsi kalorinya tidak berlebihan ya, Bun.

– Hindari makanan kemasan
Makanan kemasan memang praktis untuk langsung dimakan atau diolah kembali. Namun, makanan kemasan tidak baik untuk ibu hamil. Makanan kemasan mengandung kalori yang sangat tinggi tetapi rendah nutrisi.

Untuk itu, pilihlah makanan segar yang masih mengandung banyak nutrisinya. Kebutuhan nutrisi untuk janin akan terpenuhi dengan baik.

– Makan sering dalam porsi sedikit
Daripada makan sekali dengan porsi yang banyak, akan lebih baik lagi jika Bunda makan lebih sering tapi dalam porsi sedikit. Dengan begitu, rasa lapar yang selalu datang setiap saat dapat terpenuhi dengan baik. Cara ini juga sangat ampuh untuk menghindari nyeri ulu hati yang sering dialami oleh ibu hamil.

– Batasi makanan siap saji
Makanan siap saji memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan rasanya cenderung manis. Mengonsumsi makanan siap saji ketika hamil akan menyebabkan Bunda enggan untuk makan makanan sehat.

Solusinya, Bunda bisa mengonsumsi cemilan atua makanan sehat seperti kacang-kacangan atau buah-buahan sebelum makan. Dengan begitu, Bunda bisa mengurangi posi makanan yang kurang sehat karena sudah terisi dengan buah tadi.
Terapkan Cara Sederhana Untuk Menyajikan Makanan Sehat

Selain tips untuk makan enak, inilah cara sederhana untuk menyajikan makanan sehat yang bisa Bunda terapkan:
– Untuk memenuhi kebutuhan protein, Bunda bisa mengganti daging atau telur dengan kacang-kacangan dan sereal.
– Sayuran memang memberikan nutrisi yang baik untuk janin. Agar Bunda tidak merasa bosan dengan olahan sayuran yang itu-itu saja, Bunda bisa menyajikannya dalam bentuk burger sayur, lumpia, atau salad.
– Ganti olesan krim keju atau mentega dengan alpukat di roti. Alpukat mengandung lemak baik dan kalium yang bermanfaat untuk perkembangan janin. Bunda bisa mencampurkan Mangga, yang kaya akan vitamin A dan C, untuk dipadu-padankan dengan salad atau yoghurt.

Dengan mengikuti tips dan cara mudah untuk memakan makanan sehat selama hamil, Bunda bisa melewati masa-masa ini dengan baik. Bunda perlu tahu bahwa nafsu makan akan menurun seiring dengan membesarnya janin. Semakin besar janin yang berada dalam kandunga, semakin menurun nafsu makan akibat desakan dari janin yang membesar tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here