5 Khasiat Buah Erbis Bagi Kesehatan Anda

0
15

GadoGadoAsin.com – Buah erbis merupakan buah yang mudah ditemui di Indonesia. Buah ini juga termasuk sebagai salah satu jenis buah markisa. Hanya saja bentuknya yang lebih besar dan lonjong dibandingkan dengan jenis buah markisa lain. Tanaman ini sangat cocok ditanam di daerah dengan curah hujan yang tinggi seperti Indonesia. Tanaman ini tumbuh merambat sehingga bisa ditanam dalam pot dan ditaruh dekat pohon. Nantinya, tanaman ini akan merambat ke atas pohon.
buah erbis
Di Indonesia sendiri buah markisa itu memiliki banyak sekali jenisnya. Di Indonesia juga merupakan negara yang memiliki populasi buah markisa terbesar di asia. Buah erbis juga merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari daerah tropis yang berada di sekitar Amerika Tengan dan Amerika Selatan. Dan di Indonesia sendiri buah Erbis itu mulai menyebar pertama kali pada kawasan Sulawesi tengah, tepatnya di daerah Makassar.

Tanaman ini tidak memerlukan banyak air sehingga lebih senang tumbuh pada lahan yang lebih kering. Penyebaran tanaman erbis bisa dilakukan dengan menyemaikan benih kemudian memindahkan ke lahan yang sesuai. Lebih baik jika ditanam pada musim penghujan.

Kandungan gizi buah erbis

Ternyata buah erbis itu memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya dan kandungan nutrisi itu juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Meskipun di beberapa daerah tanaman ini hanya dimanfaatkan sebagai tanaman pagar hidup. Buah erbis mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan. Buah erbis itu memiliki kandungan yang cukup berlimpah seperti kalori, serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, tembaga, fosfor, magnesium, kalium, beta karoten, sterol, alkaloid dan tidak ketinggalan buah erbis juga memiliki kandungan triterpene.
Setiap 100 gram buah erbis mengandung beberapa bahan seperti :

  • energi (72kkal)
  • protein (0,5 gr)
  • karbohidrat (19 gr)
  • kalsium (10 mg)
  • fosfor (50 mg)
  • zat besi (1 mg)
  • vitamin A (10 IU)
  • vitamin C (a16 mg)

Konsumsi buah erbis sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau buah untuk camilan. Rasa alami buah erbis manis, asam dan menyegarkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah erbis :
1. Sebagai anti oksidan
Buah erbis bisa menjadi buah antioksidan. Hal ini dikarenakan buah erbis itu memiliki kandungan Vitamin C, dimana kandungan vitamin tersebut yang nantinya akan membuat tubuh kamu menjadi terhindari dari masalah radikal bebas. Selain itu, daya tahan tubuh kamu juga akan menjadi lebih kebal terhadap serangan dari beberapa penyakit yang bisa menyerang kesehatan tubuh anda kapan saja.

2. Mencegah kanker
Buah erbis mengandung senyawa alkaloid dan anti-oksidan yang tinggi dan bisa bertindak sebagai agen kesehatan yang mengatasi zat radikal bebas. Selain itu, buah erbis juga mengandung fitokimia seperti karotenoid dan polifenol yang bisa mencegah munculnya sel kanker. Jenis asam yang ditemukan pada buah erbis seperti asam linoleat, oleat, palmitat, dan strearat bisa mencegah risiko kanker payudara. Buah erbis juga penting untuk mengatasi berbagai jenis pertumbuhan jamur dalam tubuh. Selain itu, dapat pula mencegah timbulnya berbagai jenis kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh zat radikal bebas.

3. Menjaga Kesehatan Usus
Manfaat buah erbis juga bisa mengatasi masalah ketidakseimbangan bakteri dalam usus dan mencegah kemungkinan timbulnya tumos atau kanker usus besar. Serat juga baik untuk mencegah sembeli dan wasir. Dalam setiap 100 gram buah erbis mengandung sekitar 64 gram serat larut. Jenis serat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Manfaat serat larut dalam buah erbis sangat baik untuk meningkatkan proses amilase usus, yaitu sebuah proses yang bisa membantu mengubah gula kompleks dari makanan menjadi gula sederhana yang bisa langsung masuk ke sistem pencernaan. Serat juga menurunkan kadar pH dan amoniak pada usus sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

4. Mengatasi gangguan tidur
Gangguan kesulitan untuk tidur seperti insomnia bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit seperti serangan jantung dan juga kanker. Hal ini disebabkan organ tubuh dan sel-sel dalam tubuh tidak mendapatkan suplai manfaat oksigen yang tepat. Buah erbis bisa mengatasi gangguan tidur karena memberikan efek yang menenangkan untuk pikiran dan perasaan. Konsumsi buah erbis disarankan untuk semua orang yang memiliki masalah gangguan tidur.

5. Dapat menurunkan kolesterol
Buah erbis juga makanan yang mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi pada buah ini bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Isi serat yang tinggi pada buah ini membuat yang memakannya menjadi kenyang, sehingga tidak ingin makan makanan lain lagi. Kolesterol darah dapat diturunkan melalui jumlah serat makanan yang dikandung oleh buah erbis. Studi pada tikus yang sehat menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah erbis dapat menurun kolesterol LDL dan HDL.

Banyak khasiat buah erbis ini untuk kesehatan. Di antaranya berkhasiat sebagai pereda nyeri, antikejang, kolitis, penenang dan anti inflamasi, sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering, merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak ada nafsu makan, tidak bisa berkonsentrasi, dan insomnia), anemia, kekurangan nutrisi setelah melahirkan, serta memulihkan tubuh setelah pengobatan (terutama yang disebabkan oleh parasit pada anak-anak), menyembuhkan gejala alergi kronis, memicu peningkatan kekuatan respon imun dan antibodi dalam darah. Juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, dapat meningkatkan kesegaran kulit dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit.

Demikianlah beberapa manfaat dari buah erbis, jangan ragu untuk sering mengkonsumsi buah ini dan semoga bermanfaat. Mulailah hidup sehat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here