5 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Coba !

0
9

GadoGadoAsin.com – Jika anda mendengar kata buah cempedak, mungkin Anda langsung teringat pada buah nangka karena bentuk kedua buah itu yang hampir sama. Buah khas dari Asia Tenggara ini memang sangat mirip dengan buah nangka, namun baunya lebih kuat dan menusuk.
buah campedak

Kandungan Buah Cempedak

1. Vitamin C
Vitamin C sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Selain itu, vitamin ini berguna untuk kebugaran Anda. Nah, buat Anda yang ingin mendapatkan khasiat vitamin C sambil menikmati buah ini, boleh dicoba deh.

2. Vitamin A
Vitamin yang satu ini sangat berguna untuk mata. Siapa sangka, di dalam buah kuning ini terdapat vitamin A. Anda tak perlu repot-repot lagi cari vitamin sana-sini.

3. Energy
Nah, kalau yang ini tidak kalah penting. Anda juga dapat memperoleh energy dari buah ini, lho!

4. Protein
Selain dalam telur, Anda juga bisa mendapatkan manfaat protein dari cempedak. Jadi, kalau lagi musim, sikat saja deh.

5. Kalsium
Bagi Anda yang merasa butuh kalsium, cepat-cepat cari penjual buah ini. Harganya tidak mahal kok. Pas di kantong.

6. Fosfor dan Zat Besi
Ini tidak kalah penting bagi kesehatan tubuh kita, lho! Kedua zat ini juga penting buat tulang dan gigi.

7. Vitamin B1
Vitamin ini juga terdapat dalam cempedak. Fungsinya, menjaga metabolisme tubuh.

8. Air
Meski tidak terlalu banyak, tapi buah berdaging kuning ini mengandung air. Bisa bikin Anda segar kembali.

9. Lemak
Nah, buat Anda yang butuh lemak, bisa cicipi buah ini. Pasalnya, buah berkulit hijau ini juga mengandung lemak. Tapi buat kamu yang diet, jaga-jaga, ya!

10. Enzim
Yang terakhir tak kalah penting. Daripada Anda bingung cari enzim ke mana-mana, mending makan buah ini saja. Ada kandungan enzim juga di dalamnya, lho!

Selain itu, buah cempedak ternyata memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan lho. Apa saja sih manfaatnya ? Berikut beberapa manfaat dari buah cempedak, antara lain :

1. Sebagai Antioksidan Alami
Buah cempedak mengandung antioksidan alami yang dapat berkhasiat untuk mengobati demam, penyakit kulit, diare, dan asma. Selain itu, antioksidan juga berfungsi untuk mematikan berbagai virus yang masuk ke dalam tubuh sehingga kita dapat terhindar dari penyakit. Mengkonsumsi antioksidan alami tentunya lebih sehat dibanding produk antioksidan yang sudah dikemas dengan bahan kimia.

2. Merendahkan kolesterol pada darah
Buah Cempedak juga mempunyai manfaat untuk tubuh kita dalam hal merendahkan kadar kolesterol. Kandungan Vitamin C dapat mengusir kolestrol jahat agar tidak mengalir dalam darah dan membantu kolesterol baik untuk mengalir secara lancar. Kolesterol jahat dapat menimbulkan banyak penyakit berat seperti sakit jantung.

3. Menyehatkan Mata
Buah Cempedak mengandung Vitamin A yang berarti membantu menambah kesehatan pada mata kita. Ada banyak buah dan sayur yang mengandung Vitamin A tetapi buah Cempedak menjadi salah satu buah yang manis dan nikmat untuk dikonsumsi sebagai pemasok Vitamin A dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah cempedak secara berkala, maka mata anda terutama bagian kornea akan terpenuhi kebutuhan vitaminnya.

4. Mengatasi Gejala Tumor
Mengkonsumsi buah cempedak secara rutin ternyata juga dapat membantu pencegahan sel-sel tumor dalam tubuh. Dalam buah cempedak terdapat senyawa artioindonesianidin yang dapat mematikan serta menghambat pertumbuhan sel-sel tumor. Hal ini menjadikan buah cempedak sebagai pengobatan alternatif untuk melawan tumor. Namun tetap saja, konsultasikan lagi kepada dokter Anda untuk penanganan tumor yang lebih lanjut.

5. Menjaga pencernaan
Buah cempedak juga mampu membantu dan menjaga pencernan dalam tubuh kita berjalan lancar. Kandungan Vitamin C yang terkandung dalam buah ini mampu menghindari kita dari penyakit sembelit atau sulit buang air besar.

Itulah beberapa manfaat dari buah cempedak yang berguna baik untuk kesehatan Anda. Siapa sangka kalau buah itu tidak hanya manis dan enak, tapi juga memiliki banyak khasiat. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mulai mengkonsumsi buah cempedak dari sekarang. Siapa tahu itu adalah solusi dari permasalahan kesehatan Anda. Selamat mencoba mengkonsumsi buah cempedak !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here