5 Manfaat Buah Duku Yang Jarang Anda Ketahui !

0
35

GadoGadoAsin.com – Lansium parasiticum adalah nama keren dari duku atau langsat. Duku merupakan spesies pohon dalam keluarga Mahoni, yang berasal dari bagian barat Asia Tenggara. Di Filipina, buah duku dikenal sebagai lanzones, sementara di Thailand, duku disebut longkong. Buah kecil yang berwarna kuning kecokelatan ini mudah dijumpai di Indonesia. Keunikan rasanya yang asam, manis, dan terkadang pahit membuat buah ini banyak disukai ketika musimnya tiba. Buah duku dapat dipanen hanya satu kali dalam waktu satu tahun. Selain itu, buah ini cocok ditanam di negara yang memiliki curah hujan tinggi, termasuk Indonesia.
duku langsatBanyak yang beranggapan jika buah ini merupakan buah yang memiliki cita rasa yang pahit saat di makan, seandainya biji duku ini tergigit memang akan terasa pahit. Akan tetapi siapa yang menyangka jika ternyata buah yang satu ini memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan kita. Buah Duku sering dimanfaatkan sebagai buah pencuci mulut. Buah ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam jika sudah matang, namun akan serasa sangat asam jika belum masak. Biji dari buah duku juga sangat pahit.
Kandungan Nutrisi Buah Duku

Buah duku, mempunyai banyak kandungan nutrisi. Dalam setiap 1 kilogram duku, setidaknya mengandung protein 10 gram, karbohidrat 130 gram, mineral 7 gram, kalsium 180 mikrogram, fosfor 90 mikrogram, dan zat lain yang tak kalah manfaatnya bagi tubuh dan otak. Secara lengkap, kandungan nutrisi buah duku di antaranya adalah protein, karbohidrat, fiber, kalsium, karoten (vitamin A), thiamin, riboflavin, ascorbic acid, phytin, serat, dan moisture. Sementara untuk kandungan kalori, mineral, dan zat besi duku ternyata setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Berikut adalah beberapa manfaat buah duku bagi kesehatan yang wajib anda ketahui:

1. Melancarkan Percernaan
Buah duku mengandung serat yang tinggi. Bahkan, kandungan seratnya sama tingginya seperti buah pisang maupun papaya. Karena kandungan seratnya ini, buah duku sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan pada tubuh Anda. Dengan lancarnya sisitem pencernaan, maka sesungguhnya Anda bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit, bahkan yang paling parah adalah kanker kolon karena kotoran yang menumpuk dan tidak dikeluarkan.

2. Antioksidan Alami
Buah duku mengandung manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Antioksidan juga berperan untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi maupun zat beracun.

3. Mencegah Radikal Bebas
Buah duku kaya vitamin, terutama vitamin A, B1 dan B2, dan mineral. Vitamin A adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang meliputi retinol dan karotenoid. Karoten yang terkandung dalam buah duku merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi sel dari radikal bebas.
Buah duku mengandung Vitamin B1 atau tiamin yang dapat membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah. Sementara itu, riboflavin atau Vitamin B2 yang ditemukan dalam buah duku juga dapat membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

4. Menjaga kesehatan gusi
Kandungan vitamin D yang ada di dalam buah duku ternyata memiliki manfaat baik bagi kesehatan gusi. Selain vitamin D, buah duku juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga mampu mencegah timbulnya sariawan. Tidak hanya itu, buah duku juga mampu membantu mengatasi masalah mulut pada umumnya, seperti gusi berdarah serta bau mulut.

5. Menyehatkan Kulit
Buah duku tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kulit seperti mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, hingga mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga. Caranya yaitu hanya dengan menggosokkan kulit buah duku ke wajah yang berjerawat atau kulit yang gatal-gatal.

Itulah manfaat buah duku bagi kesehatan tubuh. Jadi, saat ini anda sudah tidak alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi anda. Jadi, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan