5 Manfaat Buah Durian Montong Yang Layak Anda Ketahui !

0
13

Durian adalah salah satu buah yang tergolong istimewa karena hanya ada satu kali panen dalam satu tahun dan kebanyakan buah ini mempunyai harga yang istimewa dan lebih mahal dari buah lainnya. Akan sangat mahal dalam untuk ukuran lebih besar.
durian montong
Durian Montong memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah durian ini adalah buah yang berduri yang dapat dimakan isinya. Tanaman ini memiliki musiman yang khas sekali yang dapat hidup di daerah tropis yang banyak hidup di Asia Tenggara. Buah Durian Montong ini adalah termasuk tumbuhan raja dari segala buah. Mungkin banyak kalangan selintas mendengar nama yang satu ini adalah terlihat enak dan lezat sekali, namun sesungguhnya akan terlihat jahat sekali. Karena kadar lemak yang dikandungnya sangat tinggi sekali.

Kandungan Gizi Durian Montong

Buah Durian Montong ini banyak sekali mengandung karbohidrat dan zat-zat lainnya yang memiliki serat, asam folfat, kalsium, zinc, magnesium dan besi. Karena memiliki kalori tinggi, Buah Durian Montong memiliki sifat panas dan pasien diabetes serta ibu hamil tidak diperbolehkan untuk memakan buah durian.

Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein yang sangat bermanfaat untuk tubuh anda.

Kandungan nutrisi durian montong ini sangat berguna untuk tubuh, berikut ini beberapa manfaatnya :

1. Mencegah Depresi
Apa yang anda rasakan setelah mengkonsumsi durian? kemungkinan disaat anda mengalami depresi bisa hilang setelah konsumsi durian. Kandungan Tryptophan atau sejenis asam amino yang bisa dirubah dalam tubuh menjadi serotonoin, yaitu untuk membuat badan lebih rileks, menambah mood dan dapat membuat perasaan menjadi senang.

2. Memperlancar Buang Air Besar
Bagi anda yang selama ini punya penyakit konstipasi, atau punya gangguan sembelit pada perut. Cobalah mulai sekarang kalian konsumsi durian. Durian montong ini diketahui mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Setiap 0,6 Kg daging durian montong terdapat kandungan seratnya mencapai 90%. Dengan mengonsumsi durian montong secukupnya. Dijamin kalian akan terhindar dari permasalahan perut kembung, kesulitan buang air besar, maupun gangguan pencernaan lainya.

3. Menghangatkan Badan
Kandungan dalam manfaat durian montong mampu di gunakan sebagai penghangat badan. Sebab di dalamnya terdapat zat yang mirip alkohol, dimana keduanya memiliki fungsi untuk menghangatkan badan. Untuk itulah mengapa jika anda memakan durian terlalu banyak, akan menimbulkan efek mabuk

4. Mengurangi Resiko Anemia (Kurang Darah)
Bagi pnderita kurang darah bisa mencoba konsumsi durian karena dapat menambah kadar darah dan membantu untuk penderita anemia. Kandungan kadar besi tinggi inilah yang menjadi alasan mengurangi resiko anemia karena kandungannya dapat merangsang produksi heamoglobin dalam darah.

5. Kaya akan vitamin C
Durian adalah salah satu makanan yang sangat tinggi kandungan vitamin c. Bahkan, antioksidan yang di hasilkan dalam buah, memiliki jumlah yang sangat tinggi. Bisa dibilang ini adalah hasil tertinggi untuk ukuran buah buah, yakni sekitar 22,9 – 107 mg per 100 gram buahnya.

Kandungan vitamin C yang tinggi ini memberikan sejuta manfaat, yaitu :

  • Menjaga kesehatan kulit dan membantu proses regenerasinya
  • Memberikan energi dan efek positif bagi tubuh
  • Mengurangi resiko penyakit jantung dan kardiovaskular
  • Mengontrol tekanan darah agar tetap stabil
  • Mengurangi resiko stroke
  • Mengurangi resiko diabetes
  • Mencegah penyakit mata katarak

Demikian dari beberapa manfaat durian montong yang memiliki banyak sekali khasiat yang berguna bagi tubuh anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi anda. Jadi, mulailah hidup sehat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here