5 Manfaat Buah Naga Yang Wajib Anda Ketahui

0
17

GADOGADOASIN.COM – Buah Naga menjadi salah satu buah eksotik yang semakin hari semakin populer. Selain mempunyai cita rasa yang unik, buah ini juga mengandung beragam khasiat. Buah naga merah ataupun buah naga putih sama-sama mempunyai kegunaan yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin, akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh kita.
buah naga
Buah naga dapat dirasakan manfaatnya apabila dikonsumsi secara teratur, di antaranya sebagai penyeimbang kadar gula darah, pelindung kesehatan mulut, pencegah kanker usus, mengurangi kolesterol, pencegah pendarahan, dan keputihan.

Kandungan gizi Buah Naga

Buah naga mempunyai jumlah fitonutrien, mineral dan vitamin yang cukup banyak. Buah naga juga kaya akan vitamin C, antioksidan, karoten, asam lemak tak jenuh dan protein. Selain itu, buah ini juga memiliki nol karbohidrat kompleks dan tiamin yang membantu proses pemecahan makanan dalam sistem pencernaan kita, serta memiliki kandungan captin fitokimia yang sangat penting untuk kesehatan jantung kita.

Selain lezat dan warnanya menarik, ternyata banyak sekali manfaat buah naga yang bisa didapat. Bukan hanya untuk kecantikan tetapi juga untuk kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat dari buah naga, siapa tahu setelah Anda membacanya, Anda mulai tertarik mengkonsumsi dan ketagihan makan buah naga.

1. Mampu mencegah kanker
Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat. Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

2. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil
Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat banyak. Hal ini dikarenakan buah naga mempunyai kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Selain harganya yang cukup terjangkau, khasiat buah naga ini sangat penting untuk kesehatan janin anda. Mengkonsumsi buah naga secara rutin adalah langkah awal untuk pertumbuhan dan kesehatan janin anda. Sebenarnya masih banyak manfaat buah naga lainnya, hal ini dikarenakan buah naga dikenal dengan sebutan buah seribu manfaat. Beberapa manfaat tersebut tentu saja diperoleh dari konsumsi secara rutin. Cara mudah untuk mengkonsumsi buah naga adalah dengan cara dijadikan jus buah naga. Jus buah naga akan mudah dicerna apalagi untuk ibu hamil.

3. Meredakan Asma
Para penderita asma tentunya akan sangat merasa tersiksa ketika asmanya kambuh. Anda juga harus tahu bahwa ada banyak sekali pengobatan asma. Nah, jika Anda adalah seorang penderita asma dan ingin pengobatan yang enak, Anda cukup konsumsi buah naga secara rutin. Adanya vitamin B3 di dalam kandungan buah naga terbukti mampu meredakan asma. Oleh karena itu, buah ini sangat bagus untuk dikonsumsi ketika kambuh atau lebih baik lagi jika dikonsumsi secara rutin agar asmanya tidak kambuh.

4. Melancarkan Pencernaan
Anda mungkin belum tahu manfaat buah naga merah bisa dijadikan untuk diet. Faktanya, kandungan serat dalam buah yang memiliki bentuk luar seperti bersisik ini sangat melimpah. Oleh karena itu siapapun yang mengonsumsinya pasti sistem pencernaannya akan lancar dengan kondisi usus sangat sehat. Pencernaan yang lancar ini dapat membuat berat badan turun lebih cepat dan racun-racun dalam tubuh juga akan mudah keluar.

Maka dari itu, sebisa mungkin Anda menghindari diet yang tidak sehat terutama diet dengan menahan lapar. Biasakan mengonsumsi buah naga merah sebagai cemilan. Jika anda kurang suka, buah naga merah bisa juga dijadikan jus yang lezat. Tambahkan saja sedikit madu untuk menambah rasa manis. Alhasil berat badan anda akan mengalami penurunan secara pasti meskipunbutuh proses yang lama.

5. Meningkatkan Fungsi Otak
Tidak diragukan lagi bahwa otak memegang posisi teratas dalam daftar organ penting di dalam tubuh kita. Buah naga dengan kemampuannya untuk meningkatkan produksi sel darah merah, mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dapat melindungi otak kita dari kerusakan. Nutrisi pada buah naga akan mendorong fungsi syaraf dan kemudian meningkatkan fungsi otak kita.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari buah naga. Mengonsumsi buah naga secara rutin dan menjaga asupan makanan yang seimbang tentu dapat membuat kesehatan kita terjaga. Selain itu, untuk menunjang kebugaran tubuh Anda juga perlu melakukan olahraga teratur, semoga dengan artikel ini Anda bisa sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Mulailah hidup sehat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here