5 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Anda

0
18

GadoGadoAsin.com – Jambu biji memiliki nama latin Psidium guajava dan termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Di beberapa daerah di Indonesia, jambu biji dikenal dengan nama jambu siki atau jambu klutuk. Nama jambu klutuk diberikan karena ketika dimakan, bijinya keras berbunyi klutuk klutuk.Buah jambu biji memiliki rasa yang manis meski ada juga yang rasanya sangat asam. Daging buahnya berwarna merah muda ada juga yang putih. Bijinya keras, sangat banyak dan kecil-kecil. Akan tetapi, sekarang ada varietas unggul dimana rasanya sangat manis dan hampir tanpa biji.
jambu biji

Kandungan Gizi Jambu Biji

Berikut beberapa kandungan gizi utama dari jambu biji adalah:
1. Vitamin C
Mendengar kata vitamin C kita pasti meganggap buah jeruk adalah juaranya, namun ternyata dalam 100 gram, atau satu buah sedang buah jambu terdapat 4 kali lebih tinggi dari vitamin C, yaitu 220 mg. Vitamin C bermanfaat bagi tubuh sebagai imunitas dan kesehatan kulit yang baik.

2. Vitamin A
Vitamin A dalam 1 buah sedang jambu biji adalah 600 IU angka ini lebih tinggi dari buah lain yang umum kita konsumsi misalnya pisang, jeruk atau pisang. Seperti yang umum kita ketahui bahwa vitamin A penting untuk mendukung fungsi kesehatan mata.

3. Serat
Sulit memenuhi kebutuhan serat harian tubuh? Jambu biji bisa jadi salah satu pilihan buah yang tepat. 5 gram serat akan kita peroleh dari 1 buah sedang jambu biji, angka ini memenuhi 20% kebutuhan serat harian orang dewasa Indonesia, yaitu 25-30 gram sehari, yang umumnya sulit dipenuhi jika pemilihan buah dan sayur tidak tepat. Serat pada buah jambu cukup tinggi jika dibandingkan dengan apel, jeruk dan pisang yang dalam berat yang kandungan seratnya tidak sampai 3 gram.

Manfaat dan Khasiat Buah Jambu Biji

Selain rasanya manis dan menyegarkan, ternyata buah jambu biji juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat dari jambu biji untuk kesehatan:
1. Menyembuhkan Infeksi
Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda
Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan tinggi vitamin C, bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji mengalahkan kandungan dalam jeruk. Vitamin C ini berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan vitamin C yang rendah dalam tubuh dapat membuat seseorang lebih berisiko untuk terkena infeksi dan penyakit.

3. Mengobati Sembelit
Jambu biji adalah salah satu sumber terkaya dari serat makanan dalam hal buah. bagian bijinya, jika tertelan keseluruhan atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar. Kedua, sifat jambu biji tersebut, membantu pembentukan gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh dalam mempertahankan air, dan benar-benar membersihkan usus.

4. Mencegah Kanker
Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.

5. Melancarkan pencernaan
Selain kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi, jambu biji juga mengandung serat. Kandungan serat inilah yang membuat jambu biji dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Satu buah jambu biji bisa mengandung 12% dari rekomendasi asupan serat per hari Anda. Sehingga, mengonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah sembelit, mengurangi durasi diare, dan menjaga kesehatan usus Anda.

Itulah beberapa manfaat dan kandungan gizi dari jambu biji. Pastinya anda kini dapat mengkonsumsinya untuk kesehatan tubuh anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan