5 Manfaat Yang Tak Diragukan Dari Buah Cermai

0
13

GadoGadoAsin.com – Buah Cermai atau biasa disebut dengan Cerme. Buah cermai termasuk kedalam nama buah-buahan yang berukuran kecil, berwarna hijau agak kekuningan. Buah Cermai berasal dari Madagaskar dan banyak dikembangkan di daerah tropis, salah satunya adalah negara Indonesia. Buah Cermai memiliki pohon seperti pohon belimbing wuluh, pohonnya berukuran kecil memiliki banyak cabang.
buah cermai
Sekilas buah ini mengingatkan kita akan buah anggur karena bertumbuh secara bergerombol mirip cara tumbuh anggur. Tapi cermai sebenarnya termasuk dalam jenis buah berry, karena itu buah ini memiliki nama internasional Gooseberry. Buah ini unik sekali karena memiliki rasa masam yang kuat saat masih muda tapi akan mejadi sangat manis setelah matang. Karenanya banyak orang memanfaatkan buah ini untuk dua tujuan berbeda saat muda dan matang. Biasanya buah ini dijadikan manisan atau untuk campuran masakan. Buah yang satu ini mempunyai kandungan gizi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Kandungan Gizi Buah Cermai

Salah satu kekuatan dari buah cermai adalah nutrisinya yang terbilang lengkap. Di dalamnya tersimpan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu Anda bisa menemukan kandungan vitamin A, B6, B6, B9, dan B1. Kandungan mineralnya juga cukup lengkap. Yang paling banyak adalah kalium atau potasium, lalu kalsium, fosfor, tembaga, kromium, magnesium, juga mangan. Selain itu, dalam buah cermai juga tersimpan kandungan tannin, quercetin, dan flavonoid yang cukup tinggi baik di saat muda ataupun matang. Meski tak populer, kandungan antioksidan di dalam buah cermai termasuk cukup tinggi. Di tambah lagi dengan kandungan serat di dalamnya serta sejumlah enzim yang membantu kinerja pencernaan.

Manfaat Buah Cermai

Berikut manfaat buah cermai yang menguntungkan dari bagi kesehatan Anda :

1. Mengatasi Sembelit

Buah cermai mempunyai rasa yang asam dan segar kandungan gizi pada buah cermai sangat banyak yang dapat menyehatkan tubuh. Buah yang satu ini memiliki biji yang bermanfaat untuk mengatasi penderita asma. Dalam pengobatan secara herbal biji dari buah cermai bisa di manfaatkan untuk meringankan pernapasan paru-paru terutama bagi penderita gangguan asma. Ambil biji cermai 10 biji kemudian rebus dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas tambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan ini pagi dan sore sampai asma menjadi reda.

2. Membantu Mengatasi Diare

Menarik sekali buah cermai ini, karena kinerjanya sangat baik pada sistem pencernaan. Selain untuk sembelit, buah ini bisa pula digunakan untuk mengatasi diare. Kandungan serat gandanya beberapa merupakan serat tak larut. Disempurnakan dengan kandungan sejumlah enzim, mengonsumsi cermai matang akan membantu mengatasi keluhan diare dengan memadatkan kembali BAB yang terlalu cair. Buah cermai juga memiliki sifat astringent yang membantu mengatasi rasa mulas dan panas pada perut saat diare.

3. Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang terkandung pada buah Cermai memberi manfaat untuk kulit. Kulit akan tampak cerah, bersih, dan lembut. Vitamin C berperan penting untuk urusan kesehatan kulit. Maka dari itu cobalah konsumsi buah ini dalam bentuk apapun karena Vitamin C-nya tinggi. Apa lagi bagi anda yang bermasalah dengan jerawat dan kulit kusam. Buah cermai mengandung antioksidan dan kandungan kromium yang diperlukan oleh kulit agar dapat meregenerasi sel kulit mati sehingga akan mengahasilakn kulit yang cerah. Buah cermai juga bisa membuat jerawat menjadi cepat kering. Gunakan sari airnya pada bauh cermai usapkan pada kulit atau jerawat secara berlahan diamkan sesaat kemudian bersihkan dengan menggunakan kapas hangat.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Beberapa orang menjadi sangat kurus karena kondisi pencernaan mereka yang buruk, daya serap pencernaan yang tidak optimal dan kinerja enzim yang tidak efektif. Dengan mengonsumsi buah cermai matang secara rutin, kinerja pencernaan akan distimulasi dan fungsi enzim akan membaik. Inilah solusi yang akan membantu mereka yang sangat kurus untuk mencapai berat badan idealnya. Di sisi lain cermai bukan penambah berat badan, jadi tidak membuat seseorang yang sudah kelebihan berat badan mengalami masalah.

5. Baik Untuk Pertubuhan

Buah Cermai menjadi buah yang baik dikonsumsi dan tidak menganggu pertumbuhan. Justru sebaliknya, buah ini menjadi buah yang baik untuk membantu pertumbuhan karena kandungan nutrisinya yang banyak.

Buah yang belakangan kehilangan popularitasnya di Indonesia, ternyata menyimpan banyak manfaat. Mungkin tidak ada salahnya mulai dari sekarang menanam pohon cermai di pekarangan rumah Anda. Dan Anda bisa menikmati manfaat buah cermai sepuasnya. Itulah beberapa manfaat dari buah cermai. Semoga artikel ini bermanfaat. Mulailah hidup sehat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here