8 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan Anda

0
72

GadoGadoAsin.com – Buah kelengkeng mungkin tak asing bagi anda. Buah yang cukup mudah ditemui di toko buah atau bahkan pohonnya tumbuh di sekitar rumah. Buah kelengkeng memang buah yang cukup manis sehingga dapat dimakan langsung atau ditambahkan ke dalam minuman koktail.
buah kelengkeng
Buah yang punya nama lain mata kucing atau mata naga ini ternyata memiliki cukup banyak manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan.Buah kelengkeng adalah salah satu jenis buah musiman, buah ini dikenal dengan rasanya yang manis dan berair. Sebenarnya buah kelengkeng termasuk dalam keluarga duku, karena mempunyai ukuran dan bentuk yang hampir sama.

Kandungan Nutrisi Buah Kelengkeng

Di dalam bentuknya yang kecil, buah kelengkeng ternyata mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh kita seperti vitamin A, vitamin B, B1, B2, B3, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, seng, magnesium, potassium dan juga asam tanik. Selain itu terdapat senyawa lainnya berupa fitokimia dan sejenisnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi kelengkeng yang bermanfaat untuk tubuh per 1 buah (3g), diantaranya :

  • Kalori 1.8 (7.5 kj)
  • dari karbohidrat 1.6 (6.7 kj)
  • dari protein 0.1 (0.4 kj)
  • Protein
  • Threonine 1.0 mg
  • Isoleusin 0,8 mg
  • Leusin 1.6 mg
  • Lisin 1.4 mg Metionin 0.4 mg
  • Fenilalanin 0,9 mg
  • Tirosin 0,7 mg Valin 1.7 mg
  • Arginine 1.1 mg
  • Histidin 0.4 mg
  • Alanine 4.7 mg
  • Asam aspartat 3.8 mg
  • Asam glutamat 6.3 mg
  • Glycine 1.3 mg
  • Proline 1.3 mg
  • Serine 1.4 mg
  • Vitamin
  • Vitamin C 2.5 mg (4%)
  • Karbohidrat 0.5 g (0%)
  • Mineral
  • Magnesium 0,3 mg (0%)
  • Fosfor 0,6 mg (0%)
  • Kalium 8.0 mg (0%)

Setelah anda mengetahui sejumlah nutrisi yang terdapat di dalam buah kelengkeng, berikut ini adalah manfaat untuk kesehatan Anda :
1. Sebagai Anti Depresan
Bagi anda yang lelah sehabis pulang kerja, ditambah pula dengan beban tugas kerja yang menumpuk maka kondisi tubuh akan menjadi rentan terhadap penyakit dan stress. Untuk mencegah itu, anda dapat mengambil manfaat buah kelengkeng. Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan penyakit kelainan tidur lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Riboflavin adalah salah satu zat yang terkandung dalam buah kelengkeng. Riboflavin sendiri sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan zat riboflavin dapat menyebabkan kemungkinan resiko terkena gangguan mata seperti penyakit katarak. Untuk 3,5 ons buah kelengkeng mengandung 0,14 mg riboflavin. Tentunya kandungan riboflavin yang terdapat dalam buah kelengkeng mampu membantu memenuhi kebutuhan riboflavin harian sehingga mata kita tetap sehat selalu.

3. Pencegah kanker
Kelengkeng memiliki kadar polifenol yang tinggi. Senyawa polifenol seperti asam galat menghilangkan radikal bebas penyebab stres dan zat beracun yang dapat menyebabkan kanker. Buah, bunga, dan biji kelengkeng merupakan antioksidan yang sama kuatnya. Manfaat buah kelengkeng dari ramuan China yang sudah diekstrak, dapat mengatasi sintesis DNA terganggu dan menekan onkoprotein yang tidak diinginkan dalam tumor dan menghancurkannya. Oleh karena itu, mengonsumsi buah kelengkeng atau bubuk ekstrak biji secara sistematis dapat menghambat sel kanker payudara, kolorektal, hati, paru-paru, dan leher rahim.

3. Meningkatkan Energi
Buah Kelengkeng juga merupakan tonik alami yang dapat menambah energi yang dibutuhkan oleh tubuh saat beraktifitas, sehingga tubuh tidak cepat lelah alias meningkatkan daya tahan pada tubuh agar tidak mudah terkena serangan penyakit.

4. Pemulihan Luka
Vitamin C dan Vitamin B adalah vitamin penting yang penting untuk memperbaiki sel yang rusak. Luka juga merupakan jenis sel kulit yang rusak dan vitamin C membantu memperbaiki jaringan yang rusak. Karena berfungsi juga sebagai anti mikroba, ia juga mencegah luka dari infeksi lebih lanjut. Luka terbuka mudah terkontaminasi oleh bakteri. Sertakan lendir dalam makanan Anda untuk mendapatkan jumlah vitamin yang dibutuhkan.

5. Mencegah Penuaan Dini
Penuaan seolah menjadi momok bagi siapa saja yang ingin tetap terlihat cantik dan menawan, akan tetapi penuaan juga adalah sebuah keniscayaan. Jadi yang dapat kita lakukan adalah mencegah penuaan itu terjadi lebih cepat dan salah satu solusinya adalah dengan memaksimalkan manfaat buah kelengkeng. Buah yang satu ini ternyata mengandung zar anti-aging. Salah satu menfaatnya yaitu meminimalkan pengelupasan dan retak pada kulit dan memperbaiki warna kulit. baca juga: Jenis Makanan yang Dapat Menyebabkan Keguguran

6. Mengatasi Anemia
Anemia atau banyak yang menyebutnya sebagai penyakit kurang darah dapat membuatmu merasa cukup lemas dan malas untuk beraktifitas. Mengkonsumsi buah kelengkeng dapat memberikan manfaat mencegah anemia. Buah kelengkeng dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh serta meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Dengan cara kerja yang demikian akan membuat penyakit anemia semakin menjauhi anda.

7. Program Diet
Bagi anda yang selalu menjaga berat badan dengan diet sehat, buah kelengkeng dapat menjadi teman setia bagi kamu dalam menjalanai diet. Jumlah lemak dan kalori yang terdapat pada buah kelengkeng cukup rendah. Satu mangkuk buah kelengkeng hanya mengandung 35 kalori. Tentu besarnya kalori yang terkandung dalam buah kelengkeng ini dapat menjadikannya sebagai cemilan sehat untuk tetap memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuhmu selama berdiet.

8. Menyembuhkan luka
Manfaat buah kelengkeng yang lain yaitu dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini dikarenankan buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan mampu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda rasakan apabila sering mengonsumsi buah, dan kelengkeng adalah satu dari sekian banyak buah yang dapat anda jumpai dimanapun. Tidak hanya rasanya yang manis dan enak jika anda mengonsumsinya, melainkan juga mempertimbangkan manfaatnya yang sangat baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan