9 Manfaat Buah Sirsak Yang Perlu Anda Ketahui

0
67

GadoGadoAsin.com – Buah Sirsak yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Soursop ini adalah buah tropis diyakini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun saat ini telah banyak dibudidayakan di berbagai negara terutama negara-negara yang berada di kawasan tropis. Tanaman Sirsak ini pada dasarnya tidak dapat hidup di daerah yang dingin karena suhu dibawah 5° akan menyebabkan kerusakan pada daunnya dan cabang-cabang kecilnya.
buah sirsak
Buah ini berwarna hijau, bentuknya menyerupai ‘jantung’ dengan duri-duri kecil yang tidak terlalu tajam. Rasanya merupakan kombinasi antara stroberi dan nanas, sangat unik. Selain dikonsumsi langsung, buah ini dapat diolah menjadi bahan makanan penutup, permen, dan obat tradisional. Pastinya, Anda juga bisa menjadikan buah ini sebagai jus atau smoothies.

Di Indonesia, terdapat berbagai nama panggilan untuk buah sirsak ini. Di Jawa, buah Sirsak ini disebut sebagai Nangka Landa dan Nangka Sebrang, di Sunda disebut dengan Nangka Walanda, di Bali disebut dengan Srikaya Jawa, di Aceh disebut dengan Boh Iona, di Nias disebut dengan Durio Ulondro dan di Madura disebut dengan Nangkelan. Nama Sirsak yang kita kenal sekarang ini pdaa dasarnya berasal dari bahasa Belanda yaitu “zuurzak”. Buah ini dibawa ke Indonesia oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda pada abad ke-19. Nama ilmiah buah Sirsak adalah Annona muricata.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Buah sirsak menjadi populer karena kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan. Buah sirsak terdiri dari 67,5 % daging buah, 20 % kulit buah, 8,5 %biji buah, dan 4 % inti buah.

Selain air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak yaitu :
• Karbohidrat
Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 % dari kandungan gula total.

• Vitamin
Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak.

• Mineral
Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis. Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg per 100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat yang bisa anda dapatkan jika konsumsi buah sirsak :
1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kondisi tetap sehat dan bugar. Mengkonsumsi Buah Sirsak baik dimakan segar maupun dijadikan Jus Sirsak merupakan pilihan yang baik yang akan berdampak pada keseluruhan kesehatan tubuh kita. Buah Sirsak mengandung Vitamin C yang dapat merangsang produksi sel darah putih sedangkan antioksidan yang terkandungnya dapat membantu menetralisir radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

2. Melancarkan buang air kecil
Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

3. Pencegah Kanker
Buah sirsak mengandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid, dimana senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan dan melawan berbagai radikal bebas penyebab infeksi dan penyakit. Uniknya, tidak seperti herbal lainnya, sirsak tidak membahayakan sel-sel yang masih sehat, melainkan senyawa dalam sirsak hanya membunuh sel-sel abnormal yg bersifat sebagai perusak seperti halnya sel kanker.

4. Mengatasi Katarak
Dengan rutin meminum buah sirsak sehari 2x dipercaya dapat mengurangi terjadinya risiko pandangan kabur juga mengurangi terjadinya gangguan kesehatan pada mata seperti mata merah, gatal, dan katarak.

5. Pemasok Energi Bagi Tubuh
Buah sirsak memiliki kandungan karbohidrat yang berfungsi sebagai penambah energi, selain itu buah ini juga mengandung vitamin B1 yang juga berfungsi untuk memberikan kadar energi terhadap tubuh agar dapat mengoptimalkan fungsi organ – organ tubuh contohnya seperti otak, jantung, paru – paru, dan ginjal, dengan bertindak sebagai ko- enzim yang merubah glukosa menjadi sumber energi.

6. Menyembuhkan nyeri
Senyawa antiperadangan tidak hanya meredakan nyeri di perut, tetapi juga meredakan nyeri sendi atau peradangan seperti arthritis. Rasa nyeri dapat diredakan dengan cara mengggosokkan buah sirsak pada bagian tubuh yang nyeri. Manfaat lain yang didapat adalah meningkatkan fleksibilitas.

8. Menjaga kesehatan kulit
Biji sirsak dapat digunakan sebagai penyegar untuk kulit. Ketika Anda menghancurkan biji dan buah sirsak, dan diaplikasikan pada kulit, hal tersebut dapat membawa manfaat pada kulit. Sirsak mampu mengurangi garis-garis kerutan, serta mengurangi gejala penuaan kulit. Antioksidan dalam sirsak mampu meremajakan kulit dan melindungi kulit Anda dari infeksi bakteri.

9. Menjaga Kesehatan Tulang
Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda serta orang-orang tercinta. Karena menjaga kesehatan selalu lebih murah dan lebih mudah daripada mengobati. So, Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan