Inilah Khasiat Konsumsi Air Lemon Setiap Hari!

0
56

GadoGadoAsin.comBuah Jeruk Lemon atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Citrus limon adalah salah satu jenis buah-buahan yang paling populer di dunia. Rasa buah jeruk lemon sangat asam sehingga sangat jarang ada yang memakan isi buah lemon secara utuh seperti memakan buah jeruk atau buah apel. Namun banyak cara untuk mengkonsumsi buah yang asam dan banyak bermanfaat ini yaitu dengan mencampur dengan air sehingga menjadi air lemon, mengirisnya menjadi irisan yang tipis kemudian memakannya atau sebagai perasa asam dalam berbagai makanan dan masakan.
air lemon
Buah lemon adalah kerabat dari keluarga sitrus berkulit kuning cerah dengan rasa masam yang khas. Buah ini dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Buah lemon memiliki batang pohon dengan ukuran sedang (ketinggian maksimal 6 meter) dan tumbuh di wilayah dengan iklim sub-tropis.

Pohon buah lemon banyak ditemukan dan dibudidayakan di beberapa negara di dunia seperti misalnya di Portugal, Spanyol, Brasil, Amerika Serikat, Argentina, serta di negara-negara sekitar Laut Tengah. Suhu ideal bagi pohon jeruk lemon agar dapat tumbuh dengan baik adalah pada suhu antara 15-30 derajat Celcius (60-85 derajat Farenheit).

Ada banyak sekali manfaat jeruk lemon yang tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tetapi juga bagi kecantikan. Maka dari itu, tidak heran jika buah lemon seringkali dimanfaatkan dalam berbagai keperluan, misalnya sebagai bahan campuran dalam pengobatan tradisional, minuman kesegaran, infused water ataupun bahan kosmetik.
Kandungan Gizi Buah Lemon

Seperti jenis buah jeruk lainnya, lemon mengandung banyak vitamin C yang menjadikannya salah satu buah penuh manfaat. Manfaat & khasiat jeruk lemon begitu beragam, mulai dari manfaat kesehatan hingga kecantikan.
Manfaat & khasiat jeruk lemon didapatkan dari kandungan buah ini yang mengandung asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi.

Manfaat Buah Lemon

Berdasarkan kandungan gizi yang terdapat dalam buah lemon, buah ini mampu mengatasi berbagai masalah dalam cakupan kesehatan dan juga kecantikan. Berikut beberapa manfaat jeruk lemon yang anda harus tahu, diantaranya :
1. Membantu Melancarkan Pencernaan
Mengonsumsi secara rutin buah lemon dapat membantu meningkatkan gerak peristaltik di dalam perut sehingga berimbas pada kelancaran pencernaan dalam tubuh manusia. Buah lemon juga secara efektif mampu membantu mengatasi mual pada saat asam lambung naik. Akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa lemon tak cocok jika disajikan bersama dengan susu. Lemon lebih tepat disajikan dalam bentuk jus atau dicampurkan ke dalam air hangat di pagi hari.

2. Mengatasi Deman, Flu dan infeksi Tenggorokan
Sari Lemon dapat digunakan sebagai minuman untuk mengatasi demam, flu dan infeksi tenggorokan. Sari Lemon tersebut akan membantu menurunkan demam dengan cara meningkatkan perspirasi (keringat). Vitamin C yang terkandung pada buah jeruk lemon merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemon juga mengandung antibakteri yang dapat mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorakan.

3. Perawatan kulit
Manfaat air lemon yang kedua adalah dapat menjadi obat antiseptik alami, yang bertugas untuk menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan kulit. Mengonsumsi air jeruk lemon secara teratur dapat memberikan perubahan besar dalam penampilan kulit Anda. Lemon memiliki fungsi sebagai obat anti-penuaan, menghilangkan kerutan dan komedo. Bahkan jika ditempelkan pada daerah luka bakar dapat memudarkan bekas luka.

4. Mencegah Anemia
Anemia atau dalam bahasa umum sering disebut dengan “kurang darah” adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada dibawah normal. Salah satu penyebab Anemia adalah kurangnya zat besi pada tubuh kita. Buah Jeruk Lemon mengandung zat besi serta Vitamin C dan Asam Sitrat yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain sehingga dapat membantu mencegah Anemia.

5. Menurunkan berat badan
Rutin meminum air jeruk nipis membuka jalan untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Memanfaatkan jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu, juga dapat membantu mengurangi berat badan.

Efek Samping Minum Air Lemon

Air lemon pada umumnya sangat aman untuk diminum. Namun, asam pada lemon dapat merusak email gigi secara perlahan bila sering meminumnya, yang membuat gigi Anda lebih rentan terhadap gigi berlubang. Tips untuk menghindari efek sampingnya, minumlah air lemon menggunakan sedotan bila memungkinkan, untuk menghindari kontak dengan gigi Anda.

Bilaslah mulut dengan air setelah minum air lemon. Jika ingin menyikat gigi setelah minum air lemon, sebaiknya tunggu dulu hingga satu jam. Langsung menyikat gigi setelah minum air lemon dapat merusak email gigi, karena sifat asam dari air lemon dapat melunakkan email gigi sehingga memyebabkan kerusakan dan rentan gigi berlubang. Jika meminum air lemon saat sarapan pagi, sebaiknya menggosok gigi terlebih dahulu. Kesimpulannya, air lemon aman dikonsumsi bahkan sangat baik untuk kesehanan Anda. Namun, sifat asam dari air lemon dapat merusak email gigi jika meminumnya terlalu sering.

Demikianlah beberapa khasiat buah lemon yang sangat baik jika dikonsumsi rutin. Jika anda mengkonsuminya secara berlebihan, pastinya ada efek samping yang akan anda rasakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda. Mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan