Apel Dapat Menjauhkan Anda dari Dokter, Ini Alasannya !

0
29

GadoGadoAsin.com – Konsumsi apel setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda karena kandungan serat, vitamin, fitonutrien, serta antioksidan yang terkandung di dalamnya. Hal ini dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit, dan tentunya menjauhkan Anda pula dari keharusan berkunjung ke dokter jikalau sakit. Manfaat apel sudah populer sebagai buah yang sangat penting bagi kesehatan, pencegahan penyakit, tentunya juga manjur untuk diet.
apel
Manfaat apa saja sih yang dapat kita dapatkan dari buah yang cantik ini ? Berikut beberapa manfaat konsumsi buah apel, diantaranya :
1. Mengurangi Berat Badan / Diet
Cara kerja apel untuk diet hampir sama dengan manfaat beras merah yaitu mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Dengan kandungan serat yang sangat tinggi, buah ini membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita. Peran serat apel yaitu untuk membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung sehingga anda tidak akan merasa kelaparan. Buah apel tidak memiliki kandungan lemak, tetapi kaya serat jadi aman untuk diet dan usus.

2. Menjaga kesehatan usus
Apel segar kaya akan serat larut dan tidak larut dapat membantu melancarkan buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat dari apel yang satu ini, disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya, karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan dalam tubuh.

3. Menyehatkan Jantung
Manfaat apel bila rutin dikonsumsi satu atau dua buah sehari, mampu memperkecil resiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Selain itu, dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri. Kombinasi kandungan serat yang larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), dan antioksidan dapat mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

4. Mencegah dan Mengobati Kanker
Manfaat buah apel ini terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel,yang diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar. Selain itu, apel mempunyai sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing.

5. Menjaga kesehatan otak
Apel mengandung antioksidan kuersetin dan flavonoid yang dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel terlihat mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

Nah, penting sekali bukan manfaat apel khususnya untuk kesehatan tubuh dan diet. Sebab apel merupakan salah satu buah cantik yang paling populer diantara buah-buahan lainnya. Sakin populernya bahan apel juga dijadikan alasan kenapa jarang sakit dan pergi ke dokter. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi anda. Jadi, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan