Tak Disangka Bisa Menyehatkan, Inilah Manfaat Belimbing !

0
18

GadoGadoAsin.com – Belimbing merupakan buah tropis yang memiliki rasa menyegarkan. Buah berwarna kuning kehijauan ini sangat cocok diolah menjadi panganan segar, seperti rujak, manisan atau asinan. Dibalik rasa dan bentuknya yang unik, ternyata terdapat juga banyak manfaat dari buah belimbing yang bisa menyehatkan tubuh. Namun, tahukah Anda dibalik bentuk dan rasanya yang menyegarkan, belimbing juga mempunyai beberapa manfaat kesehatan yang tak terduga? Apa saja?
belimbing

Kandungan Gizi Buah Belimbing

Kandungan belimbing yang paling melimpah adalah vitamin C, seperti yang terkandung pada manfaat jeruk, manfaat lemon dan manfaat jambu biji. Vitamin A pada belimbng menghasilkan antioksidan yang baik bagi tubuh. Zat-zat pembangun lain, seperti mineral, folat, fiber(serat), berikut ini beberapa diantaranya:

  • Kalori – Satu porsi buah belimbing setara dengan sekitar 2 persen nilai harian untuk kalori, dengan asumsi diet harian 2.000 kalori. Karbohidrat menyediakan sekitar 30 kalori dalam satu porsi buah belimbing.
  • Karbohidrat – Belimbing mengandung 9,5 g karbohidrat per porsi, termasuk 2,5 g serat makanan. Belimbing memberikan 3 persen dari nilai harian karbohidrat dan 10 persen dari kebutuhan serat harian.
  • Protein dan Lemak – Satu porsi buah belimbing mengandung 1 gram protein, yang merupakan 2 persen dari kebutuhan harian. Belimbing juga memiliki 1 g lemak, yang menyediakan sekitar 2 persen dari nilai harian. Kadar lemak ini seluruhnya terdiri dari lemak tak jenuh. Belimbing tidak memiliki lemak jenuh, lemak trans atau kolesterol.
  • Vitamin dan Mineral – Dalam satu belimbing mengandung 24 mg vitamin C, atau 40 persen dari nilai harian untuk vitamin C. Menyediakan sekitar 15 persen kebutuhan harian vitamin A. Kandungan zat besi dalam buah belimbing sekitar 0.36 mg, atau 2 persen dari nilai harian. Belimbing mengandung kalsium, kalium atau natrium.

Namun, tahukah Anda dibalik bentuk dan rasanya yang menyegarkan, belimbing juga mempunyai beberapa manfaat kesehatan yang tak terduga? Apa saja ? Berikut manfaat buah belimbing untuk kesehatan :
1. Mengontrol Tekanan Darah
Belimbing mengandung zat kalsium yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mencegah risiko beragam penyakit kronis, seperti oaterosklerosis, serangan jantung, dan stroke dengan cara mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah dan arteri. Bukan itu saja, menyisipkan belimbing ke dalam menu sehari-hari juga dinilai sangat ampuh untuk mengontrol tekanan darah.

2. Mengurangi Kadar kolesterol jahat
Buah belimbing memiliki zat pektin yang dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.

3. Membantu produksi ASI
Bagi ibu yang kesulitan memberikan ASI pada anaknya, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah belimbing. Manfaat buah belimbing ternyata dapat membantu ibu memproduksi ASI setelah melalui proses persalinan. Sejumlah gizi baik yang ada di dalam belimbing di antaranya: kalori, karbohidrat, mineral, kalsium dan zat besi.

4. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi
Belimbing mengandung banyak beragam mineral, mulai dari zat besi, magnesium, fosfor, seng, hingga kalsium. Seluruh zat tersebut berguna untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, dan juga mengurangi risiko penyakit tulang, seperti radang sendi dan osteoporosis.

5. Mengatasi Gangguan Ginjal
Keluhan gangguan ginjal dapat diatasi dengan mengkonsumsi belimbing. Karena belimbing memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Para ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan sebagainya.

Nah, setelah Anda mengetahui banyaknya kandungan nutrisi dan manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh, Anda juga harus tahu bahwa ada kandungan dalam buah belimbing yang harus diwaspadai yaitu kandungan asam oksalat dan karamboxin. Penderita gagal ginjal kronis harus membatasi mengonsumsi buah belimbing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi anda. Jadi, mulailah hidup sehat !

Ajukan Pertanyaan